Jenis Biji Kopi Untuk Espresso Yang Ada di Indonesia

Posted on

Bagi Anda pecinta dan penikmat kopi, tahukah Anda bagaimana kopi dihasilkan? Tahukah Anda, jenis biji kopi untuk espresso yang enak? Bagaimana cara menyimpan dan menyajikannya? Saat Anda ingin menambah ilmu memilih biji kopi untuk espresso, Anda bisa menyimak ulasan dari caraprofesor.com yang telah merangkum dari berbagai sumber yaitu sebagai berikut :

Biji Kopi Untuk Espresso

Sekarang ini, untuk menemani suasana kerja atau berbincang dengan teman, kopi bisa menjadi pilihan yang membantu menghangatkan suasana. Bagi Anda yang ingin menikmati kopi dengan benar, Anda perlu memahami lebih dulu jenis biji kopi untuk espresso.

  • Kopi arabika

Jenis biji kopi arabika memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan robusta dan kandungan kafein yang rendah. Jika Anda menyukai tipikal biji kopi yang mampu menghasilkan seduhan kopi dengan aroma creamy, fruity, dan nutty, pilihlah jenis varian serbuk biji kopi lokal dari Jawa maupun tipe serbuk kopi dari Ethiopia dan Kolombia.

  •  Kopi robusta

Biji kopi robusta memiliki tekstur yang kasar dan memiliki citarasa yang lebih manis mirip seperti cokelat. Jenis kopi ini bisa hidup subur di area dengan suhu 21-240C serta ketinggian 400-700mdpl. Jika dibandingkan dengan jenis biji arabika, kopi robusta bisa menjadi jenis biji kopi untuk espresso yang cocok dicampur dengan susu atau busa susu untuk membuat jenis hidangan macchiato, frappe, dan latte.

  • Biji kopi liberika

Jenis biji kopi liberika di Indonesia ini umumnya didatangkan dari bagian Afrika Barat. Jenis pohon kopi liberika memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan arabika maupun robusta. Namun demikian, biji kopi yang dihasilkan bisa dipanen sepanjang tahun dan tumbuh baik di area dataran rendah dengan kandungan kadar kafein yang cenderung tinggi. Takaran biji kopi untuk espresso dari jenis ini umumnya hanya perlu beberapa gram untuk menghasilkan sajian cappucino, affogato, dan mocca.

Cara Memilih Biji Kopi Untuk Sajian Espresso

Saat Anda merasa Anda adalah penikmat kopi yang ingin mencoba menciptakan sajian kopi sendiri, Anda perlu mengetahui cara memilih biji kopi yang tepat untuk citarasa yang sesuai. Ada beberapa tips yang bisa digunakan saat ingin memilih biji kopi untuk espresso.

  • Jika Anda memiliki intensitas yang tinggi untuk menikmati kopi yang memiliki citarasa sedikit pahit, sedangkan alat untuk menggiling biji kopi memiliki ukuran yang kecil. Ada baiknya Anda menggiling biji kopi jenis robusta dalam kapasitas cukup banyak, untuk disimpan sebagian.
  • Jika Anda menginginkan citarasa dan aroma kopi yang tajam serta manis. Anda bisa mencoba mencampurkan 35% jenis biji kopi untuk espresso seperti biji liberika atau robusta dalam membuat espresso bersama komponen lain seperti busa susu.

Teknik simpan kopi

Jenis biji kopi untuk espresso dapat bertahan lebih lama tergantung dari cara simpan kopi. Demi menjaga kualitas kopi yang dihasilkan, pastikan untuk menyimpan biji kopi di area kedap udara. Jika menyimpan kopi dalam bentuk serbuk, Anda bisa menambahkan silika gel di sekeliling area simpan untuk menjadikan area simpan tetap higienis.

Demikiaan postingan kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Baca juga postingan artikel menarik lainya yang ada di Caraprofesor.com terimakasih.