Ikan Ayam Ayam Adalah

Posted on

Adakah di antara kalian yang pernah mendengar Ikan Ayam-Ayam? Ikan yang terkenal di Indonesia yang memiliki nama unik dan mungkin sedikit aneh bagi sebagian orang ini. Namun, apakah kalian tahu tentang klasifikasi, morfologi, dan habitat dari Ikan Ayam-Ayam?

Klasifikasi

Ikan Ayam-Ayam

Ikan Ayam-Ayam memiliki nama ilmiah Channa striata dan termasuk dalam famili Channidae. Ikan ini dikenal memiliki ukuran yang cukup besar yaitu mencapai panjang 70 cm dengan berat mencapai 6 kg. Ikan ini memiliki bagian atas tubuh yang berwarna hijau kecoklatan dan bagian bawah tubuh berwarna putih. Ikan Ayam-Ayam merupakan ikan predator dan pemakan hati, kerang, udang, ikan dan masih banyak lagi.

Morfologi

Ikan Ayam-Ayam memiliki bentuk tubuh yang bersirip gulung dan memanjang, ukuran gigi yang besar dan tajam, serta bouki yang sangat panjang, bisa mencapai 70% dari panjang tubuh ikan itu sendiri. Sementara itu, sirip dada ikan ini terletak pada sisi bawah dan sejajar dengan perutnya. Pada bagian kepala, ikan Ayam-Ayam memiliki rahang yang senantiasa terbuka dan gigi dari atas dan bawah rahangnya terlihat ketika terlihat dari luar. Ikan ini juga dilengkapi dengan jari-jari sirip sebanyak 40 sisir dan jari-jari sirip dubur sebanyak 28 sisir. Selain itu, Ikan Ayam-Ayam memiliki kulit yang licin dan lembut, mampu beradaptasi di air tawar dengan suhu bervariasi.

Habitat

Ikan Ayam-Ayam merupakan ikan air tawar yang dapat ditemukan di seluruh perairan tropis dan subtropis di Asia, mulai dari India hingga Indonesia. Ikan Ayam-Ayam sering ditemukan tinggal di danau, rawa, sungai dan kolam dengan air yang mengalir dan memiliki substrat yang terdiri dari pasir atau lumpur. best replica watches sites to buy from uk Selain itu, ikan ini juga mampu mempertahankan dirinya di air dengan oksigen yang sedikit. Suhu ideal untuk ikan Ayam-Ayam adalah berkisar antara 25-30 derajat Celsius. Ikan Ayam-Ayam memiliki gaya hidup soliter dan biasanya tinggal sendirian.

Baca juga  Cara Menumbuhkan Jalu Ayam

Dari klasifikasi, morfologi, dan habitat Ikan Ayam-Ayam dapat diketahui bahwa ikan yang unik ini memiliki ciri khas yang sangat menonjol di Indonesia. Oleh sebab itu, tidak heran jika ikan Ayam-Ayam menjadi salah satu ikan yang memiliki permintaan tinggi di Indonesia. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa jenis ikan ini juga perlu dipelihara dengan baik agar populasi ikan tetap terjaga dan tidak mengalami kepunahan.

Jika kamu berniat untuk memelihara ikan Ayam-Ayam, pastikan kamu memeriksakan kualitas air yang baik, suhu dan pH air, serta pakan yang cukup untuk menjaga kesehatan ikan Ayam-Ayam mu. Selamat mencoba!

Temukan tulisan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *