11 Dampak negatif media sosial bagi penggunanya

dampak negatif media sosial
dampak negatif media sosial

Dampak negatif media sosial bagi penggunanya. Di era moderen ini media sosial merupakan salah satu alat komunikasi yang cukup membantu kita dalam berbagi informasi dengan orang dekat maupun jauh. Dengan Adanya media sosial kita bisa dengan mudah berteman dengan siapapun meskipun dia berada di tempat yang berjauhan.

Dari kedua hal di atas media sosial tampaknya memiliki banyak dampak positif bagi penggunanya, akan tetapi disamping manfaatnya media sosial ternyata memiliki dampak negatif yang kurang baik terutama jika kita tidak bijak dalam menggunakannya. Bagi Anda yang penasaran Apa saja dampak negatif media sosial berikut kami rangkum alasannya untuk anda:

1. Menurunkan produktivitas seseorang

Seperti yang kita ketahui bahwa media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi hampir setiap orang terutama bagi mereka yang cukup eksis di dunia maya. Bahkan saking eksisnya dia tidak akan membiarkan satupun info untuk Terlewatkan sehingga akan sering sekali membuka HP hanya untuk sekedar melihat postingan teman. Jika hal ini tidak terkontrol maka akan menurunkan produktivitas seseorang karena saat bekerja pun kadang banyak orang yang masih menggunakan media sosial sehingga pekerjaan tidak bisa terselesaikan dengan baik.

2. Menjadi malas

Bermain media sosial memang cukup menyenangkan sehingga tanpa terasa kita sudah menghabiskan banyak waktu. Pemakaian media sosial hingga berjam-jam di depan komputer atau pun Smartphone tanpa kita sadari ada banyak waktu yang terbuang begitu saja. Padahal jika kita bisa melakukan hal-hal positif di waktu-waktu tersebut Maka akan banyak manfaat yang bisa kita raih, misalnya belajar atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga.

3. Mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat

Salah satu manfaat penggunaan media sosial adalah dapat mendekatkan kita dengan teman atau kerabat yang jauh. Tapi gimana jadinya jika media sosial yang seharusnya mendekatkan kita dengan orang yang jauh ini justru menjauhkan kita dengan orang yang dekat. Tampaknya hal inilah yang terjadi saat ini. Mungkin anda tidak asing dengan orang yang asik dengan gadgetnya pada saat di tempat-tempat umum padahal di sekitarnya ada banyak orang.

Jadi, penggunaan media sosial yang tidak sesuai justru dapat menjauhkan kita dari keluarga kita atau dengan orang-orang disekitar kita. Bahkan yang lebih parah di ruang makan pun tidak jarang orang lebih asyik menggunakan Gadget padahal di sekitarnya ada banyak orang.

4. Obesitas

Obesitas banyak anak yang saat ini lebih suka bermain media sosial dengan gadgetnya dibandingkan melakukan permainan yang mengekspos tubuhnya. Padahal pada masa kanak-kanak sangat penting sekali untuk beraktivitas seperti berlari ataupun bercengkrama dengan sesamanya. Hal ini selain menjadi sarana olahraga juga menjadi wadah bagi mereka untuk berkomunikasi antar sesama. Akibatnya selain anak menjadi lebih kurang aktif ancaman obesitas juga menghantui mereka. Untuk itu bagi para orangtua sebaiknya lebih bijak dalam mengawasi anaknya menggunakan media sosial.

5. Menjadi sarana penipuan

Pesatnya penggunaan media sosial di zaman sekarang ini menjadikan banyak orang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berjualan atau bisnis online. Akan tetapi beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab malah memanfaatkan media sosial sebagai sarana penipuan. Untuk itu sebaiknya Anda berhati-hati jika ingin berbelanja online. Pastikan juga akun dari si pemilik media sosial yang berjualan tersebut memiliki identitas yang jelas untuk mengurangi risiko penipuan yang saat ini marak terjadi.

6. Beresiko terkena penyakit ain

Dampak negatif media sosial yang selanjutnya adalah beresiko terkena penyakit ain. Bagi kebanyakan orang media sosial dijadikan sarana untuk memamerkan barang atau aktivitas yang dilakukannya. Hal ini mungkin menjadi hal yang biasa dan terlihat tidak ada masalah. Akan tetapi Tahukah Anda jika memamerkan barang, kecantikan dan hal-hal lain yang kita miliki ternyata dapat memicu penyakit ain?.

Penyakit Ain merupakan sebuah penyakit pada badan maupun jiwa yang timbul akibat pandangan mata orang yang iri ataupun takjub dengan apa yang kita miliki dimana hal ini dimanfaatkan setan untuk memberikan bahaya bagi orang yang terkena penyakit tersebut. Maka dari itu sebaiknya Anda berhati-hati jika ingin men-share aktivitas anda atau keluarga anda di media sosial yang dilihat oleh banyak orang.

7. Rentan perselingkuhan

Mudahnya kita berhubungan dengan seseorang menggunakan media sosial menjadi salah satu alasan banyak orang yang terjebak dalam perselingkuhan. Dampak negatif media sosial yang satu ini tampaknya sudah banyak dialami oleh orang terutama di masyarakat kita. Sebenarnya saya tidak ingin menakut-nakuti anda yang memiliki pasangan aktif di media sosial akan tetapi tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mengontrol penggunaan media sosial bagi pasangan anda.

8. Kurang bergaul di dunia nyata

Sebenarnya dampak negatif media sosial yang satu ini tidak semuanya benar karena ada juga orang yang aktif di media sosial Tetapi dia masih bisa bergaul dengan baik di dunia nyata. Akan tetapi ada beberapa orang yang memang terlihat sangat aktif di media sosial akan tetapi di dunia nyata dia tampak kurang bisa bergaul dengan sesamanya.

Salah satu alasan yang cukup masuk akal adalah di media sosial orang mungkin tidak terlalu mengenal kita terlalu jauh sehingga kekurangan kita tidak bisa banyak diketahui oleh orang lain. Sedangkan di dunia nyata kadang seseorang minder dengan apa yang dia miliki sehingga di dunia nyata dia tampak kurang bisa bergaul karena merasa memiliki kekurangan tersebut.

9. Lupa waktu

Banyaknya media sosial saat ini tampaknya membuat seseorang sibuk dengan gadgetnya sehingga melupakan banyak hal yang seharusnya dikerjakan. Bahkan yang lebih parah ada banyak kewajiban yang dilalaikan begitu saja hanya gara-gara ingin tetap eksis di media sosial.

Banyaknya aplikasi media sosial yang terinstal di aplikasi smartphone kita kadang membuat kita hiperaktif di media sosial sehingga kita akan langsung melihat jika ada notifikasi dari salah satu media sosial tersebut. Seperti yang anda ketahui notifikasi di media sosial itu tidak mengenal waktu sehingga di saat kita seharusnya melakukan kewajiban pun kadang kita masih menyempatkan untuk menengok media sosial kita.

Sebaiknya install aplikasi media sosial yang benar-benar anda butuhkan. Hal ini bertujuan agar anda tidak terlalu menghabiskan banyak waktu hanya di media sosial saja padahal ada banyak kewajiban dan aktivitas lain yang seharusnya anda kerjakan. Jadi jangan biarkan media sosial mengendalikan anda.

10. Bahaya penculikan

Dampak negatif media sosial yang satu ini memang cukup serem. Tetapi begitulah kenyataannya, ada banyak kasus penculikan yang berawal dari perkenalan di media sosial seperti Facebook, dan yang sering menjadi korban biasanya adalah remaja putri. Bahkan ada yang sampai berujung pada pemerk0saan. Jadi bagi Anda yang memiliki anak remaja putri sebaiknya benar-benar mengawasi mereka untuk tidak membiarkan nya terlalu leluasa menggunakan media sosial. Selain itu, memberikan pembekalan pengetahuan yang cukup bagi mereka juga sangat diperlukan untuk mengurangi dampak negatif media sosial yang satu ini.

11. Penyebaran berita hoax

Maraknya berita hoax saat ini memang cukup meresahkan terutama bagi pengguna media sosial seperti Facebook dan lain-lain. Penyebaran berito hoax seperti tidak terbendung karena beberapa pengguna media sosial kurang begitu teliti dalam memilih berita dan menshare ulang begitu saja. Selain menyudutkan pihak tertentu berita hoax juga dapat mempengaruhi arah pemikiran seseorang sehingga Salah satu dampak negatif media sosial ini cukup berbahaya. Oleh karena itu pemerintah mulai benar-benar serius dalam menangani penyebaran berita hoax tersebut

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →