Contoh Narrative Text Legend Timun Mas

Posted on

Ada banyak tipe cerita yang bisa kita pelajari dalam bahasa Inggris. Salah satunya adalah Narrative Text. Narrative Text adalah cerita fiksi atau non-fiksi yang disampaikan oleh seorang narator. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu jenis Narrative Text, yaitu Legend. Perlu diingat bahwa Legend berbeda dengan Myth. Legend menceritakan kisah berdasarkan kejadian nyata atau berdasarkan sejarah dan bisa kita temui sebagai cerita rakyat yang turun temurun.

Struktur Narrative Text Legend

Sebelum masuk ke contoh cerita, alangkah baiknya kita pahami dulu struktur dari Narrative Text Legend. Struktur dari Narrative Text Legend terdiri atas :

  • Orientation
  • Complication
  • Resolution
  • Re-orientation

Contoh Narrative Text Legend

Apa saja jenis-jenis Narrative Text Legend? Contoh-contoh Narrative Text Legend bisa kita temui di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri ada banyak contoh seperti Roro Jonggrang, Tangkuban Perahu, atau Malin Kundang. Berikut ini adalah salah satu contoh Narrative Text Legend dari Inggris yang menceritakan tentang Robin Hood.

Robin Hood

Robin Hood

Robin Hood adalah seorang pahlawan nasional yang berasal dari Inggris. Dia dikenal sebagai seorang penjahat yang bersekutu dengan rakyat jelata untuk memberikan keadilan di kerajaannya.

Robin Hood adalah putra dari seorang bangsawan. Ayahnya meninggal saat Robin masih muda, sehingga dia dibesarkan oleh ibunya. Ketika dewasa, Robin bergabung dengan tentara Inggris yang dipimpin oleh Raja Richard. Namun, ketika Raja Richard meninggalkan Inggris untuk pergi ke perang Salib, Robin kembali ke tanah kelahirannya Nottinghamshire.

Di sana, Robin mengetahui bahwa Sheriff Nottingham dan Baron Fitzwalter telah mengambil alih kekuasaan di daerahnya. Mereka menindas rakyat jelata dan mengambil banyak pajak. Robin merasa sangat tidak puas dengan keadaan tersebut, sehingga dia memutuskan untuk membantai Sheriff Nottingham dan para pengawalnya serta setiap orang yang berada di pihak mereka.

Baca juga  Contoh Logo Keripik Bayam

Robin melakukan banyak perlawanan terhadap para pengikut Sheriff Nottingham. Dia membantu rakyat jelata dengan cara mencuri harta milik penguasa yang berkuasa di negerinya dan mengembalikannya ke rakyat jelata. Robin Hood selalu berhasil lolos dari kejaran para pengawal dan pasukan Kepala Polisi Nottingham, dengan bantuan keterampilannya yang tinggi dalam melepaskan busur dan anak panah.

Namun, satu hal yang membuat Sheriff Nottingham merasa sangat tidak senang terhadap Robin Hood adalah karena ada salah satu putrinya, bernama Marianne yang jatuh cinta pada Robin. Marianne dan Robin Hood selalu berusaha untuk bersatu dan membuat kehidupan mereka bahagia bersama-sama.

Namun, ketika Robin Hood mencuri harta milik tunangan Marianne, Sir Grenseller, dia harus menghadapi reaksi yang tak terduga. Marianne bersikeras untuk melaporkannya kepada ayahnya, karena Marianne terikat dengan janji untuk menyerahkan Robin jika dia mencuri harta milik Sir Grenseller.

Robin Hood pun ditangkap dan diadili di depan Raja. Sayangnya, Raja tidak mampu melindungi Robin dan dia dijatuhi hukuman mati oleh Sheriff Nottingham. Tapi, ketika Raja Richard kembali ke Inggris dan mendengar tentang kisah Robin Hood, dia merasa sangat simpatik terhadap pahlawan tersebut. Richard pun menghukum Sheriff Nottingham dan Baron Fitzwalter, dan membebaskan Robin dari hukuman mati.

Akhir Kata

Itulah contoh Narrative Text Legend tentang Robin Hood. Dalam cerita ini kita bisa melihat bagaimana seorang pahlawan menyelamatkan rakyat jelata dari ketidakadilan yang dilakukan oleh penguasa. Robin Hood mengajarkan kepada kita bahwa keadilan adalah hak semua orang, dan siapa pun bisa menjadi pahlawan jika dia memiliki tekad yang kuat dan hati yang berani.

Temukan artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Baca juga  Pohon Mentimun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *