12 Cara menghaluskan wajah secara alami, cepat dan efektif

cara menghaluskan wajah secara alami
cara menghaluskan wajah secara alami
image from momjunction.com

Cara menghaluskan wajah secara alami sekaligus membuatnya tampak sehat memanfaatkan bahan-bahan rumahan seperti kentang dan tomat. Memiliki kulit halus menjadi kebanggaan tersendiri bagi wanita. Sehingga tidak jarang banyak diantara wanita yang ingin sekali memiliki kulit halus. Beberapa metode dilakukan untuk menghaluskan kulit, entah itu menggunakan produk kimia atau bahan-bahan alami.

Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menggunakan produk kecantikan berbahan kimia biasanya bekerja cukup cepat dan pastinya praktis, akan tetapi terkadang hasil yang diberikan kurang begitu memuaskan. Selain itu, menggunakan bahan kimia untuk menghaluskan wajah juga relatif kurang aman karena terkadang memiliki efek samping.

Dengan demikian anda perlu mengetahui cara menghaluskan wajah secara alami menggunakan bahan-bahan rumahan. Berikut tipsnya untuk anda:

 

Cara menghaluskan wajah secara alami

1. Kunyit dan nanas

Diantara bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah secara alami adalah serbuk kunyit dan nanas. Keduanya merupakan produk alami yang sangat luar biasa karena mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kulit wajah. Kunyit memiliki kandungan nutrisi yang bersifat antiseptik dan mencerahkan kulit secara alami. Bahkan, penggunaan kunyit secara teratur dapat menghilangkan kerutan di wajah sekaligus mengurangi bekas luka.

Manfaat kunyit tidak berhenti sampai disitu, saat kombinasikan dengan nanas kunyit menjadi salah satu bahan rumahan yang cukup efektif untuk menghaluskan wajah secara alami. Caranya: siapkan satu sendok makan bubuk kunyit dan 2 sampai 3 sendok makan buah nanas yang dihaluskan.

Tambahkan bubuk kunyit ke dalam jus nanas tersebut kemudian aduk dengan baik hingga menjadi pasta yang halus. Setelah itu, gunakan pasta tadi sebagai masker wajah dan biarkan di kulit anda selama 10 menit kemudian bilas dengan air.

2. Masker pepaya

Pepaya memiliki sifat pemutih alami wajah yang membuatnya menjadi bahan perawatan yang sangat baik sekali untuk berbagai macam jenis kulit. Kandungan enzim papain yang terdapat dalam buah pepaya memiliki sifat anti bakteri yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Dengan demikian, menggunakan buah pepaya bisa membantu Anda mendapatkan kulit yang halus secara alami.

Karena kemampuannya tersebut, membuat pepaya dianggap sebagai salah satu makanan yang cukup baik untuk kesehatan kulit. Cara menghaluskan wajah secara alami dengan pepaya: pertama potong buah pepaya kemudian gosokkan ke seluruh wajah anda. Lakukan hingga merata sampai area leher sekitar 5 menit. Jika sudah selesai, diamkan selama 5 sampai 10 menit. Langkah terakhir bilas wajah anda sampai bersih.

3. Yoghurt

Cara menghaluskan wajah secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan yoghurt. Nah pembuatan masker untuk menghaluskan wajah ini membutuhkan kombinasi antara yoghurt dan kacang kenari. Kacang kenari selain berguna menghaluskan kulit, juga membantu memutihkan wajah secara alami sehingga membantu Anda mengatasi kulit kusam.

Kacang kenari kaya akan sifat antioksidan yang membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, sekaligus meremajakannya secara alami. Kombinasi antara yoghurt dan kenari menjadi bahan yang sangat efektif untuk menghaluskan kulit wajah anda. Caranya siapkan 4 sdm kacang kenari 2 sdm yoghurt organik. Campur kedua bahan tadi hingga Anda mendapatkan pasta yang kental. Gunakan sebagai masker wajah secara rutin setidaknya 2 minggu sekali.

4. Minyak kelapa

Kemampuan minyak kelapa dalam meningkatkan kesehatan kulit wajah sudah tidak diragukan lagi. Minyak kelapa sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengatasi kulit kering dan menghaluskan wajah. Dari kemampuannya tersebut, anda akan mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan minyak kelapa.

Kemampuan minyak kelapa di atas dikarenakan kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin E diketahui dapat menghaluskan kulit secara alami sekaligus membuatnya tampak kencang dan sehat.

Cara menghaluskan wajah secara alami dengan minyak kelapa tidaklah sulit. Persiapkan 2 sendok teh minyak kelapa extra Virgin, setelah itu hangatkan terlebih dahulu. Saat minyak kelapa sudah mulai hangat, oleskan ke area wajah anda sampai ke leher. Gunakan ujung jari anda untuk melakukan pemijatan ringan pada area wajah selama 5 menit. Tunggu hingga mengering, setelah itu bilas wajah anda dengan air dingin.

5. Tanah liat, daun mint, dan yoghurt

Daun mint mengandung mentol dan sifat pendingin alami yang berguna menenangkan kulit wajah anda. Sifat-sifat tersebut akan membantu menjaga kulit tetap sehat dan cerah secara alami. Bahkan, daun mint diketahui juga berguna melawan berbagai macam infeksi kulit. Sedangkan yogurt mengandung asam laktat yang dapat memutihkan kulit wajah secara alami. Tidak kalah dengan kedua bahan tadi, tanah liat juga memiliki manfaat yang cukup baik, karena memiliki sifat antiseptik yang bertindak sebagai agen pembersih kulit.

Berikut langkah demi langkah cara menghaluskan wajah secara alami menggunakan kombinasi ketiga bahan tersebut. Pertama ambil bubuk mint sekitar satu sendok teh, yoghurt satu sendok makan, dan tanah liat satu sendok makan. Masukkan ketiga bahan tadi ke dalam mangkuk kemudian aduk hingga merata.

Jika teksturnya sudah mulai seperti pasta, oleskan ke wajah anda secara menyeluruh termasuk pada bagian leher. Biarkan di kulit anda selama 15 menit, atau sampai masker wajah tersebut mengering dengan sendirinya.

6. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami terbaik untuk kulit wajah dan rambut. Lidah Buaya memiliki sifat pendingin yang sangat baik untuk menenangkan kulit. Bukan hanya baik untuk kulit wajah, lidah buaya juga sering digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Kali ini kita akan menggunakan lidah buaya untuk menghaluskan kulit wajah secara alami. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, ambil gel lidah buaya setelah itu haluskan hingga teksturnya sedikit encer. Celupkan bola kapas ke dalam gel lidah buaya tersebut, setelah itu oleskan ke seluruh area wajah anda. Biarkan gel tersebut berada di kulit wajah selama 20 menit, kemudian cuci dengan air hangat. Langkah ini harus dilakukan secara rutin paling tidak tiga sampai empat kali dalam seminggu. Jika anda konsisten melakukannya insya Allah akan bisa dengan cepat menghaluskan kulit wajah secara alami.

Selain dapat menghaluskan wajah anda, lidah buaya juga sering digunakan untuk menyembuhkan luka bakar. Jadi anda akan mendapatkan banyak manfaat dengan rutin menggunakan lidah buaya ke kulit wajah anda.

7. Oatmeal

Selain merupakan makanan sehat untuk jantung, ternyata oatmeal merupakan bahan yang sangat baik untuk menghaluskan kulit wajah. Paket ini bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah sehingga membuatnya tampak halus dan bercahaya secara alami. Bahkan oatmeal juga berguna menghilangkan komedo dan flek hitam di wajah secara alami.

Untuk menghaluskan wajah dengan oatmeal, ikuti langkah-langkah berikut ini. Pertama, ambil mangkuk berukuran sedang kemudian masukkan setengah gelas oatmeal ke dalamnya. Tambahkan 1 gelas air hangat setelah itu aduk hingga berubah menjadi pasta yang halus. Gunakan pasta ini sebagai masker wajah secara konsisten. Lakukan pemijatan ringan menggunakan ujung jari anda dengan lembut selama 5 sampai 10 menit. Biarkan hingga mengering lalu bersihkan seperti biasa.

8. Tomat

Manfaat terbesar tomat salah satunya dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Vitamin C dalam tomat bukan hanya dapat memutihkan kulit wajah tetapi juga membantu mengencangkannya secara alami. Saat digunakan secara konsisten, tomat ternyata juga berguna menghaluskan wajah Anda.

Cara menghaluskan wajah dengan tomat: pertama haluskan 1 sampai 2 buah tomat berukuran sedang. Balurkan ke seluruh wajah anda hingga merata termasuk leher. Pijat menggunakan ujung jari selama 3 sampai 4 menit. Jika sudah selesai, diamkan setidaknya 10 menit. Bilas dengan air dingin sambil menepuk wajah Anda. Lakukan proses ini selama 3 sampai 4 kali dalam seminggu agar kulit wajah anda tampak lebih halus secara alami.

9. Tepung beras dan susu

Tepung beras dapat dimanfaatkan sebagai scrub alami untuk kulit wajah yang berguna mengangkat sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah, dapat menutupi kecerahan kulit sehingga membuatnya tampak kusam. Selain membantu mencerahkan kulit, scrub ini juga berguna menghaluskannya secara alami yang tentunya lebih aman.

Bagi Anda yang ingin menghaluskan wajah secara alami dengan tepung beras dan susu berikut tipsnya untuk anda. Pertama persiapkan 2 sendok makan tepung beras dan 1 sendok makan susu murni. Masukkan kedua bahan tadi ke dalam mangkuk kemudian aduk dengan baik. Aplikasikan masker wajah ini ke seluruh bagian kulit anda sampai ke leher. Seperti biasa, pijat dengan lembut selama sekitar 5 menit. Diamkan hingga mengering, lalu bilas wajah anda sampai tidak ada tepung beras yang masih menempel.

10. Kentang

Cara menghaluskan wajah secara alami yang ke 10 adalah memanfaatkan kentang. Selain menghaluskan kulit, kentang juga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan wajah secara alami yang tentunya lebih aman dibandingkan penggunaan bahan kimia. Paket kentang sering dipilih sebagai bahan perawatan wajah karena manfaatnya yang sangat lengkap sekali.

Berikut langkah demi langkah menggunakan kentang untuk menghaluskan wajah anda. Kupas kentang berukuran besar kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 gelas air agar teksturnya lebih lembut. Jika anda sudah mendapatkan tekstur yang diinginkan, aplikasikan ke wajah anda hingga menutupi semua area kulit wajah. Diamkan selama 15 menit atau sampai masker kentang tersebut kering dengan sendirinya. Langkah terakhir bilas menggunakan air dingin hingga tidak ada sisa kentang di wajah Anda.

11. Pisang

Pisang dikemas dengan vitamin B, A, E dan potasium. Semua vitamin dalam pisang ini membantu membuat kulit tetap terhidrasi sehingga akan mengurangi keriput dan garis halus di wajah. Cara menggunakan pisang untuk menghaluskan wajah. Haluskan 1 buah pisang berukuran sedang kemudian tambahkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Campur kedua bahan tadi dengan baik hingga teksturnya berubah menjadi pasta kental. Aplikasikan ke kulit wajah sampai merata lalu cuci dengan air hingga bersih setelah 20 menit.

12. Air mawar dan buah jeruk

Jeruk mengandung tinggi vitamin C yang sangat baik untuk menghilangkan komedo, sel-sel kulit mati, dan jerawat di wajah. Sedangkan air mawar dikenal sebagai agen penyembuhan kulit dari berbagai macam masalah. Sehingga kombinasi keduanya menjadi pilihan yang sangat baik untuk menghaluskan wajah anda.

Berikut tipsnya: Ambil kulit jeruk yang masih segar kemudian haluskan menggunakan blender hingga menjadi bubuk yang halus. Tambahkan air mawar ke dalam bubuk kulit jeruk tadi kemudian aduk dengan baik untuk dibuat menjadi pasta yang halus. Gunakan sebagai masker wajah dab bilas setelah 10 menit.

Dari ke-12 cara menghaluskan kulit wajah di atas, mana yang menurut anda paling mudah diterapkan?. Jika anda sudah memilih, lakukan dengan konsisten. Melakukannya secara rutin insya Allah akan membantu Anda mendapatkan kulit halus serta cerah secara alami.