Cara Mengatasi Dinding Berjamur

Posted on

Siapa yang tidak pernah menghadapi masalah dinding berjamur di rumah? Masalah ini seringkali terjadi pada rumah yang tidak terawat dan kurang sirkulasi udaranya. Namun, ada solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah jamur yang menempel di dinding rumah dan membuatnya kembali bersih dan sehat seperti semula.

Cara Menghilangkan Jamur di Dinding Rumah

dinding berjamur

Yang pertama bisa kamu coba adalah menggunakan cuka putih atau cuka sari apel. Caranya, campurkan air dengan cuka (1:1) kemudian semprotkan ke permukaan dinding yang terkena jamur. Diamkan selama beberapa jam hingga jamur pudar dan hilang. Setelah itu, bilas dinding dengan air bersih dan lap kering menggunakan kain bersih.

Selain cuka, kamu juga bisa menggunakan larutan air dan soda kue untuk menghilangkan jamur yang membandel di dinding rumahmu. Caranya, larutkan satu sendok teh soda kue ke dalam satu liter air hangat. Kemudian semprotkan ke permukaan dinding yang berjamur dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air dan lap kering.

Bahan Alami Lainnya untuk Menghilangkan Jamur di Dinding Rumah

dinding berjamur

Jika kamu tidak menyukai bau cuka atau soda kue, kamu bisa menggunakan bahan alami lain untuk menghilangkan jamur. Bahan alami yang bisa kamu gunakan antara lain adalah minyak kayu putih, minyak atsiri, tepung jagung, dan ekstrak biji grapefruit.

Untuk menggunakan minyak kayu putih atau minyak atsiri, campurkan beberapa tetes minyak ke dalam secangkir air. Semprotkan ke permukaan dinding dan diamkan selama beberapa menit hingga jamur hilang. Selanjutnya, bilas dengan air dan lap kering. Sedangkan untuk tepung jagung dan ekstrak biji grapefruit, campurkan keduanya hingga membentuk adonan pasta. Gosokkan pasta tepung jagung dan ekstrak biji grapefruit ke permukaan dinding yang berjamur dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air dan lap kering.

Baca juga  Jamur Rambut

Mencegah Dinding Rumah Berjamur Kembali

dinding berjamur

Selain menghilangkan jamur yang sudah menempel di dinding rumahmu, kamu juga harus melakukan beberapa upaya pencegahan agar dinding tidak terkena jamur kembali. Salah satu cara pencegahan adalah dengan meningkatkan sirkulasi udara di dalam rumah. Kamu bisa memasang jendela atau melakukan ventilasi udara agar udara bisa lebih lancar mengalir di dalam rumah.

Selain itu, atur kadar kelembaban udara di dalam rumah. Kelembaban yang terlalu tinggi bisa membuat jamur tumbuh subur di dinding atau di mana saja di dalam rumah. Pastikan kelembapan di dalam rumah berada di angka 40-50%. Kamu bisa menggunakan alat pengatur kelembapan udara seperti humidifier atau kipas angin untuk membantu menjaga kelembapan udara di dalam rumah tetap seimbang.

Jangan juga lupa untuk membersihkan rumah secara rutin. Hapus debu dan kotoran dengan sesering mungkin agar jamur tidak bisa menempel dan tumbuh subur di tempat yang lembab seperti rumah dan dinding rumah.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jamur di dinding rumah dan mencegahnya kembali tumbuh subur. Lakukan perawatan rutin dan jangan tunggu jamur menyebar sehingga mengganggu kesehatan keluarga dan mengganggu suasana rumah yang nyaman. Semoga tips di atas bermanfaat ya!

Baca postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *