Jamur Kucing Yang Menular Ke Manusia

Posted on

Kucing adalah hewan peliharaan yang sangat lucu dan menyenangkan tapi tahukan kamu bahwa saat kamu memelihara kucing, kamu harus lebih berhati-hati dengan beberapa penyakit yang bisa menyerang manusia. Dua di antaranya adalah penyakit scabies dan jamur.

Perbedaan Scabies dan Jamur pada Kucing

Perbedaan Scabies Dan Jamur Pada Kucing

Scabies atau yang juga dikenal dengan nama penyakit kerak pada kucing adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang kulit kucing. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi akar tungau dan dapat menyebar pada manusia yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Sementara itu, jamur pada kucing adalah jenis penyakit yang menyerang kucing dengan gejala seperti kulit gatal dan perubahan warna rambut pada tubuh kucing. Penyakit jamur pada kucing dapat menyebar pada manusia dan juga hewan peliharaan lainnya.

Penyebab Terjadinya Scabies pada Kucing

Penyebab Terjadinya Scabies pada Kucing

Scabies pada kucing disebabkan oleh infeksi akar Tungau Sarcoptes scabiei var. Feli yang menggali kulit dan menyebabkan kerak pada kulit kucing. Tungau tersebut menyebabkan rasa gatal, radang, dan kerak pada kulit kucing yang tersebar pada seluruh tubuhnya.

Cara Mencegah Penyebaran Scabies pada Manusia

Cara Mencegah Penyebaran Scabies pada Manusia

Untuk mencegah penyebaran Scabies pada manusia, dianjurkan untuk menjaga kebersihan rumah dan area lingkungan tempat tinggal kucing. Selain itu, pastikan untuk membersihkan kandang kucing secara rutin dan memberikan vaksinasi yang diperlukan untuk kucing.

Penyebaran Jamur pada Kucing

Penyebaran Jamur pada Kucing

Penyebaran jamur pada kucing bisa terjadi melalui kerumunan hewan peliharaan yang hidup bersama atau melalui lingkungan yang terkontaminasi. Selain itu, jamur juga bisa menyebar melalui manusia saat mengelola makanan kucing dan membersihkan lingkungan kucing.

Baca juga  Kumbung Jamur Tiram Modern

Cara Mencegah Penyebaran Jamur pada Manusia

Cara Mencegah Penyebaran Jamur pada Manusia

Cara pencegahan infeksi jamur termasuk menjaga kebersihan dan sanitasi kandang kucing. Membersihkan lingkungan kucing secara teratur dan menghindari kontak langsung dengan hewan peliharaan yang terkena jamur. Pastikan juga untuk segera mendeteksi gejala jamur pada kucing.

Demikianlah beberapa informasi mengenai perbedaan Scabies dan Jamur pada kucing serta cara mencegah penyebaran penyakit pada manusia. Mari jaga kebersihan rumah dan lingkungan tempat tinggal kucing kita agar kucing dan manusia terhindar dari serangan penyakit ini.

Temukan artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *