Wajah Berjerawat dan Berminyak August 2022

Wajah Berjerawat dan Berminyak

Wajah Berjerawat dan Berminyak

Wajah berjerawat dan berminyak – Mempunyai kulit berminyak benar-benar rentan muncul jerawat dampak kotoran dan bakteri yang mudah menempel pada kulit. Disaat jerawat pada wajah mulai muncul, diperlukan perawatan yang cukup ekstra untuk membantu menghilangkan jerawat agar tidak meninggalkan bekas pada wajah.

Walaupun bisa dibilang tricky, untuk merawat kulit yang cenderung berminyak harus dilakukan dengan rutin agar tidak menimbulkan jerawat pada wajah. Tetapi kalau telah terlanjur muncul jerawat, jangan panik. Kau cuma perlu memberikan perawatan kulit yang pas supaya kulit tetap terlihat sehat.

Diinformasikan dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu merawat wajah berjerawat dan berminyak.

Baca juga: Cara Menghilang kan Jerawat di Hidung

Cara Merawat Wajah Berjerawat dan Berminyak

wajah berjerawat dan berminyak
Sumber: https://cdn-2.tstatic.net/

1. Mengetahui Penyebab Wajah Berjerawat dan Berminyak

Penyebab kulit berminyak bisa berjenis-jenis. Bisa saja diakibatkan oleh iklim, stress, ketidakstabilannya hormon, bahkan makanan juga bisa menjadi penyebab dari wajah yang berminyak. Kamu juga harus memastikan hal mana yang menjadi pemicu dari timbulnya minyak berlebiih pada kulit wajahmu.

2. Memakai Pembersih yang Sesuai

Meskipun mempunyai kulit berminyak tidak berarti kamu mesti tak jarang-tak jarang membersihkan wajah. Hal ini juga bisa menjadi pemicu produksi minyak berlebihan. Kamu harus rutin membersihkan wajah saat pagi bangun tidur dan juga malam setelah beraktifitas seharian penuh dengan pembersih yang mengandung bahan asam glikolat serta asam salisilat.

3. Memakai Toner untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak

Kamu juga harus menggunakan toner dengan adanya kandungan asam salisilat yang bisa membantu mengangat sel kulit mati, mencegah terjadinya pori tersumbat dan juga dapat membantu menetralkan kadar pH pada kulit. Jangan lupakan produk satu ini sebab perannya benar-benar penting untuk mengendalikan minyak pada kulit.

4. Gunakan Pelembap Secukupnya

Faktor lain timbulnya kulit berminyak merupakan kurang menerapkan pelembap. Tetapi bukan berarti kamu menerapkan pelembap dalam jumlah banyak. Selain itu, pakai pelembap yang mempunyai kandungan nonkomeodgenik.

5. Memakai Handuk Bersih

Tidak banyak yang mengetahui bahwa yang memicu jerawat merupakan pemakaian handuk yang tidak bersih. Kuman bisa berkembang biak di tempat yang lembap. Sehingga dikala dipakai lagi akan berisiko memunculkan jerawat pada kulit berminyak.

Baca juga: Manfaat Vaselin Repairing Jelly untuk Wajah

Skincare untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak

Sumber: https://images.soco.id/

Setelah review lengkap mengenai sistem merawat wajah berjerawat dan juga berminyak diatas berikut ini merupakan beberapa anjuran pemakaian bahan untuk skincare yang ditujukan untuk kulit berjerawat dan cenderung berminyak yang mesti kamu kenal.

1. Cuci Muka Rutin untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak

Banyak orang yang melalaikan mencuci muka tiap hari sebelum tidur. Jikalau kulit Anda berminyak karenanya cukup mencuci 2-3 kali sehari dengan menerapkan sabun yang lembut dan air.

Untuk kulit wajah yang jerawat coba pakai produk yang mengandung asam seperti benzoil atau asam beta hidroksida kemudian jangan coba-coba untuk memencet jerawat sebab kalau jerawat dipencet akan bisa menyebarkan peradangan, memperburuk jerawat atau menyebabkan jaringan parut.

Untuk jenis kulit yang normal dan tidak terlalu kering ataupun berminyak dan juga tidak mengalami sensitivitas pada wajah yang parah bisa dilakukan dengan cuci muka sebelum tidur secara rutin.

2. Kertas Minyak Wajah

Kertas minyak ini tidak akan menolong mengurangi kelenjar minyak yang berlebihan pada wajah, namun kertas minyak ini setidaknya menolong mengurangi kulit mengkilap. Gunakan kertas minyak sesuai keperluan saja dan cukup terjangkau untuk dibeli.

3. Madu untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak

Madu merupakan salah satu solusi alami terbaik untuk dipakai sebab madu mengandung antibakteri dan antiseptik yang bisa menguntungkan kulit berminyak dan rawan jerawat. Selain itu madu juga mengandung zat humektan yang berguna melembabkan kulit dan tidak berminyak.

Penggunaan madu untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak cukup dengan oleskan dengan tipis madu pada wajah kemudian diamkan selama 10 menit sampai mengering dan bilas sampai bersih dengan air hangat.

4. Masker Lumpur

Diaplikasikan untuk menolong meresap minyak kulit dan mengobati berjenis-jenis kondisi kulit. Masker lumpur hijau Perancis merupakan perawatan yang populer untuk kulit berminyak dan jerawat sebab kandungannya mampu meresap.

Masker lumpur hijau Perancis ini berbentu bubuk, sistem pemakaiannya cukup tambahkan air mawar satu sendok teh aduk sampai kental lalu oleskan pada wajah dan biarkan sampai kering, bersihkan dnegan air hangat.

5. Gandum

Gandum menolong menenangkan kulit yang meradang, mampu meresap minyak yang berlebihan, dan menolong pengelupasan kulit mati. Bahan yang satu ini biasanya ditumbuk dahulu sebelum dipakai bias dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah seperti pisang, apel atau pepaya.

Cara Pemakaiannya:
  1. Campurkan ½ cangkir gandum dengan air panas supaya gandumnya menyusun pasta.
  2. Tambahkan 1 sendok makan madu kemudian diaduk.
  3. Oleskan gandum di wajah sambil pijat pelan.
  4. Diamkan selama 10-15 menit sampai kering dan terakhir bilas dengan air hangat.

Baca juga: Cara Meluruskan Rambut dengan Bedak Bayi

Demikian adalah ulasan lengkap mengenai cara merawat dan juga bahan yang bisa digunakan untuk wajah berjerawat dan berminyak yang harus kamu ketahui.