Cara Memasak Tumis Kangkung Agar Tetap Hijau

Posted on

Banyak orang merasa kesulitan pada saat menumis kangkung karena seringkali kangkung menjadi terlalu layu dan kehilangan keindahan hijau segar yang dimilikinya. Padahal, kangkung merupakan salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia dan mudah didapatkan di pasar.

Tips Menumis Kangkung Tetap Hijau

Kangkung

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa tips yang dapat membantu Anda menumis kangkung dengan gaya tradisional tetapi tetap menjaga warna hijau segarnya.

1. Pilih Kangkung Segar

Kangkung

Pilih kangkung segar karena kangkung yang segar memiliki daun yang lebih hijau dan renyah. Selain itu, kangkung segar juga memiliki aroma yang lebih segar dan tajam. Pastikan kangkung yang Anda beli tidak layu dan bersihkan dengan baik untuk menghilangkan kotoran dan bakteri sebelum dimasak.

2. Gunakan Api Kecil

Kompor

Saat menumis kangkung, gunakan api kecil karena memasak dengan api besar akan membuat kangkung menjadi layu dan kehilangan warnanya. Selain itu, api besar juga akan membuat kangkung terbakar dan rasa yang dihasilkan tidak enak. Api kecil membantu menjaga kangkung tetap hijau dan kelembabannya.

3. Jangan Tambahkan Banyak Air

Air

Kangkung memiliki cukup air. Saat menumis kangkung, pastikan tidak menambahkan terlalu banyak air karena membuat kangkung menjadi terlalu basah dan menjadi layu.

4. Masukkan Bahan-Bahan Secara Bertahap

Bahan

Masukkan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai secara bertahap. Mulai dengan bawang putih, kemudian bawang merah dan cabai. Hal ini akan membantu memasak bahan-bahan tersebut secara merata sehingga tidak ada bahan yang terlalu matang atau terbakar. Selain itu, menambahkan bumbu satu per satu juga akan memungkinkan kangkung untuk tetap hijau segar.

Baca juga  Sambal Kacang Panjang

Berikut adalah resep tumis kangkung sederhana.

Resep

Bahan-bahan:

  • 200 gram kangkung segar
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 buah cabai, iris serong
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan minyak goreng

Cara membuat:

  1. Bersihkan kangkung dengan air dan potong-potong.
  2. Tumis bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan bawang merah dan cabai, aduk hingga bahan-bahan tercampur rata.
  4. Masukkan kangkung, garam dan gula pasir. Aduk rata.
  5. Tambahkan sedikit air dan masak hingga kangkung matang dan layu.
  6. Sajikan pada piring saji dan hidangkan.

Dengan tips dan resep sederhana ini, Anda dapat menumis kangkung tetap hijau segar dan menjaga kesehatan Anda serta keluarga dengan hidangan sayuran yang lezat.

Temukan postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *