Cara Buat Siomay Kubis

Posted on

Siomay dan Batagor adalah hidangan khas Indonesia yang sangat populer di seluruh negeri. Hidangan ini sangat enak dan cocok untuk disantap kapan saja dan di mana saja. Kalau kamu suka dengan hidangan yang satu ini, ada baiknya untuk mempelajari cara membuat siomay dan batagor agar kamu bisa menikmati hidangan ini kapan saja kamu mau.

Cara membuat siomay dan batagor sebenarnya sangat mudah dan simpel. Kamu hanya membutuhkan beberapa bahan dan bumbu serta sedikit keahlian dalam memasak. Nah, di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat siomay dan batagor dengan mudah.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika membuat siomay dan batagor adalah bahan-bahan yang digunakan. Pastikan bahwa bahan-bahan yang kamu gunakan segar dan berkualitas. Ketika memilih bahan-bahan, pastikan bahwa mereka bersih dan bebas dari kotoran dan polusi. Bahan-bahan yang paling umum digunakan untuk membuat siomay dan batagor adalah daging ayam, shrimp (udang), dan ikan tenggiri. Namun, kamu juga bisa memilih bahan-bahan lain yang sesuai dengan selera kamu.

Untuk membuat siomay dan batagor, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Pertama-tama, kamu harus membuat adonan dan bumbu-bumbu. Untuk adonan, kamu akan membutuhkan tepung terigu, tepung tapioka, dan air. Sementara itu, untuk membuat bumbu, kamu bisa menggunakan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, kecap manis, air asam jawa, dan garam.

Setelah adonan dan bumbu siap, kamu bisa memulai proses pembuatan siomay dan batagor. Untuk membuat siomay, kamu akan membutuhkan kulit pangsit atau kulit lumpia, dan isian atau bahan isi seperti daging ayam, shrimp, atau ikan tenggiri. Kita mulai dari isiannya dulu ya.

Baca juga  Syarat Tumbuh Tanaman Terong

Pertama, kita bawa daging ayam fillet. Potong kecil-kecil atau gunakan food processor sampai halus. Masukkan udang atau kulit pangsit, kol cincang halus, telur, tepung terigu, bawang putih, dan bawang merah yang sudah dihaluskan.

Aduk hingga rata semua bahan dan bumbu yang sudah tercampur. Setelah itu, masukkan ke dalam kulit pangsit atau lumpia, lalu rapatkan dengan bantuan garpu atau tusuk gigi.

Jika sudah, kamu bisa menggunakan kapas atau kain untuk mengolesi udara pada siomay. Tujuannya agar siomay tidak melekat ketika dipanggang nantinya. Setelah itu, siomay bisa dipanggang atau dibakar sampai matang dan warnanya kecoklatan. Kamu bisa menghidangkan siomay dalam lokal yang sesuai dengan selera kamu.

Nah, kalau kamu ingin membuat batagor, prosesnya hampir sama dengan membuat siomay. Satu-satunya perbedaan adalah cara memasak yang harus diikuti. Untuk membuat batagor, kamu akan membutuhkan daging ayam atau ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan menggunakan prosesor makanan.

Setelah itu, tambahkan bawang putih, bawang merah, garam, air asam jawa, dan kecap manis ke dalam adonan. Aduk hingga rata, lalu uleni dengan tepung tapioka hingga adonan benar-benar tercampur.

Setelah adonan siap, kamu bisa menggulungnya dengan bantuan acuan dan lalu digoreng. Pastikan bahwa minyak dalam wajan sudah cukup panas sebelum menggoreng batagor. Setelah matang, batagor siap dihidangkan dengan saus kacang atau saus kecap yang biasanya dibuat dari gula merah, kecap manis, bawang putih, dan air.

Nah, itu dia cara membuat siomay dan batagor yang mudah dan simpel. Kamu bisa mempraktekkan cara ini di rumah dan menikmati hidangan yang lezat ini kapan saja kamu mau. Semoga bermanfaat!

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Baca juga  Bibit Terong Bulat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *