Cabai Polybag

Posted on

Budidaya cabai di polybag sedang menjadi trend di kalangan pehobi tanam. Tidak hanya mudah dilakukan di rumah, tetapi juga membawa berbagai macam manfaat. Berikut adalah cara terbaik untuk menghasilkan cabai sehat dan kemurnian tinggi di polybag.

Cara Mempersiapkan Polybag

Budidaya Cabai Di Polybag

Sebelum mulai menanam, pastikan Anda memilih polybag yang tepat untuk cabai Anda. Polybag harus memiliki diameter 20-25 cm dan tinggi 30 cm. Jangan lupa untuk membuat lubang drainage di bagian bawah polybag sehingga air dapat mengalir dengan baik.

Media Tanam

Media Tanam Cabai

Untuk media tanam, Anda dapat menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Pastikan media tanam memiliki tekstur yang baik dan kaya akan nutrisi. Kabutkan media tanam dengan air agar tanah dapat menempel rapat di dinding polybag.

Memilih Bibit Cabai

Bibit Cabai

Memilih bibit cabai yang tepat sangat penting dalam budidaya cabai di polybag. Pastikan bibit cabai yang Anda pilih bebas dari penyakit dan serangan hama. Perhatikan warna dan bentuk daun serta akar bibit cabai. Pilih bibit cabai yang memiliki daun berwarna hijau dan akar yang sehat.

Menanam Cabai di Polybag

Menanam Cabai Di Polybag

Tanam bibit cabai di polybag dengan jarak minimal 30 cm. Sediakan tiang bambu atau rangka kawat untuk cabai mendapatkan dukungan. Dukungan ini diperlukan agar cabai tidak patah saat berbuah nanti.

Perawatan Cabai di Polybag

Perawatan Cabai Di Polybag

Perawatan cabai di polybag sangatlah mudah. Airi cabai secara teratur, jangan biarkan tanah di dalam polybag mengering. Cabai membutuhkan sinar matahari penuh selama 6-8 jam setiap hari. Di samping itu, pastikan cabai Anda mendapat suplemen nutrisi seperti pupuk NPK setiap 2 minggu sekali.

Baca juga  Cara Membuat Mpasi Bayam Dan Nasi

Panen Cabai di Polybag

Panen Cabai Di Polybag

Cabai dapat dipanen setelah tumbuh selama 70-80 hari. Panen cabai ketika warnanya hijau kecokelatan. Cabai dapat dipotong saat masih tangkai atau dengan memetik satu per satu. Pastikan Anda menjaga kebersihan cabai sebelum dan sesudah dipanen.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghasilkan cabai yang sehat dan bermutu tinggi di rumah Anda sendiri. Selain itu, budidaya cabai di polybag juga dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Mulai sekarang, mari budidayakan dan nikmati hasilnya.

Baca postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *