Berikut Fasilitas Yang Tidak Menunjang Usaha Peternakan Ayam Adalah

Posted on

Gua bener-bener ga ngerti sama bapak-bapak yang suka berpeternakan. Kayaknya gampang banget, cari tempat yang luas, beli ayam, kasih makan, lalu nungguin sampe bisa dijual. Tapi, ternyata ga sesederhana itu, guys. Ada banyak faktor yang harus diperhatiin, salah satunya adalah fasilitas yang tidak menunjang usaha peternakan ayam.

Gak Ada Tempat Berteduh

gambar ayam ngemil di bawah terik matahari

Ini mah mending gua aja yaaa yang jadi ayam daripada harus kena terik matahari seharian. Bayangin aja, kita manusia aja yang punya otak dan proyeksi diri aja males keluar rumah kalo panas terik, apalagi sih ya kalo jadi ayam? Pasti siap-siap aja deh saingan sama bakso yang sering parkir di lapangan.

Makanan Minuman Pun Masalah

ayam dikelilingi air minum dan pakan tapi tetap kesulitan

Sebagai manusia, kita punya begitu banyak pilihan buat makan dan minum. Buka lah macam-macam restoran, warung pinggir jalan, sampe minimarket untuk ngidamin perut kita. Beda banget kalo jadi ayam, pilihan makanan dan minuman bener-bener terbatas. Belum lagi kualitasnya gada jaminan, bayangin aja kalo makanan yang dikasih ayam rasanya malah bikin sakit perut.

Kandang Kurang Gedhe

kandang kecil yang dipenuhi ayam-ayam galak

Gua belom pernah nyoba tidur di kamar kecil ukuran 1×1 meter, tapi gua yakin pasti bikin bengkak-bengkak kaki deh. Sayangnya, kalo jadi ayam, kamu bakal ngerasain tidur di kandang yang kecil banget. Belom lagi, disitu sudah dipenuhi oleh ayam-ayam lainnya yang kadang-kadang galak dan suka rebutan makanan. Serba salah deh.

Kasih Ayam Lebih Baik, Yuk!

gambar ayam manja ngemilin bebenah di lapangan luas

Kalo kamu memilih untuk berpeternakan ayam, yuk kasih ayam jadi lebih sehat, bahagia, dan hidup lebih layak. Bukan cuma karena hewan-hewan kecil ini adalah sumber makanan bagi kita, tapi juga karena mereka punya hak untuk hidup lebih baik. Kasih tempat berteduh yang cukup, kasih makan dan minum yang benar, dan jangan lupa kandang yang cukup gede. Dengan begitu, ayam-ayam itu juga bisa kembali ganool dan bergaya di dalam kandangnya.

Baca juga  Ayam Goreng Ny Suharti Cibubur

Yuk mulai sayang sama hewan-hewan kecil dan jangan lupa tetep makan ayam yang berkualitas ya! 😀

Baca tulisan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *