Arti kata relatif

Arti kata relatif: pengertian, lawan, serta contohnya

Pengertian
Arti kata relatif
Arti kata relatif

Relatif merupakan salah satu kata yang sangat familiar sekali di telinga kita. Kata relatif sering sekali digunakan dalam percakapan atau dalam berbagai macam susunan kalimat dalam sebuah artikel. Meskipun kata ini sangat familiar akan tetapi ternyata ada banyak orang yang masih bingung sebenarnya apa arti kata relatif. Nah dalam artikel berikut ini kita akan mengupas tuntas apa arti kata relatif serta penggunaannya dalam berbagai macam kalimat. Mari simak ulasannya berikut ini:

Arti kata Relatif

Relatif atau dalam bahasa Inggris relative merupakan sebuah kata yang sebenarnya berasal dari bahasa latin yaitu relativus. Untuk menjelaskan pengertian relatif mungkin agak sedikit sulit akan tetapi gambaran singkatnya seperti ini:

Relatif kurang lebih dinyatakan sebagai rasio dari jumlah yang ditentukan (seperti kesalahan dalam pengukuran) terhadap total besaran (seperti nilai kuantitas yang diukur) atau dengan rata-rata dari semua jumlah yang terlibat.

Pengertian kata relatif

Relatif atau relativisme adalah gagasan bahwa pandangan relatif terhadap perbedaan persepsi dan pertimbangan. Tidak ada kebenaran objektif dan universal menurut relativisme; sebaliknya setiap sudut pandang memiliki kebenarannya sendiri. Kategori utama relativisme bervariasi dalam tingkat ruang lingkup dan kontroversi mereka.

Relativisme atau kita menyebutnya relatif kadang-kadang diidentifikasi (biasanya oleh kritiknya) sebagai tesis bahwa semua sudut pandang sama-sama valid. Dalam etika, ini sama dengan mengatakan bahwa semua moralitas sama baiknya; dalam epistemologi itu menyiratkan bahwa semua kepercayaan, atau sistem kepercayaan, sama-sama benar. Para kritikus relativisme biasanya menolak pandangan semacam itu sebagai tidak koheren karena mereka menyiratkan validitas bahkan dari pandangan bahwa relativisme itu salah. Mereka juga menuduh bahwa pandangan-pandangan semacam itu merusak karena merongrong usaha untuk memperbaiki cara berpikir kita.

Mungkin karena relativisme dikaitkan dengan pandangan semacam itu, hanya sedikit filsuf yang mau menggambarkan diri mereka sebagai relativis. Namun, sebagian besar pemikir terkemuka yang telah dituduh relativisme – misalnya, Ludwig Wittgenstein, Peter Winch, Thomas Kuhn, Richard Rorty, Michel Foucault, Jacques Derrida – berbagi kesamaan, yang, meskipun secara relativistik dapat dikenali, menyediakan dasar untuk posisi yang lebih canggih, dan mungkin lebih dapat dipertahankan.

Meskipun ada banyak jenis relativisme yang berbeda, mereka semua memiliki dua fitur yang sama.

(1) Mereka semua menyatakan bahwa satu hal (misalnya nilai-nilai moral, keindahan, pengetahuan, selera, atau makna) relatif terhadap beberapa kerangka kerja atau sudut pandang tertentu (misalnya subjek individu, budaya, era, bahasa, atau skema konseptual). ).

(2) Mereka semua menyangkal bahwa sudut pandang mana pun secara unik diistimewakan daripada yang lainnya.

Dengan demikian dimungkinkan untuk mengklasifikasikan berbagai jenis dan sub-jenis relativisme dengan cara yang cukup jelas. Genera utama relativisme dapat dibedakan menurut objek yang ingin mereka relativisasi. Dengan demikian, bentuk-bentuk relativisme moral menegaskan relativitas nilai-nilai moral; bentuk-bentuk relativisme epistemologis menegaskan relativitas pengetahuan.

Betapa kontroversial, dan betapa koherennya, bentuk-bentuk relativisme ini jelas akan bervariasi sesuai dengan apa yang sedang dikaitkan dengan apa, dan dengan cara apa. Dalam filsafat kontemporer, bentuk-bentuk relativisme yang paling banyak dibahas adalah relativisme moral, relativisme kognitif, dan relativisme estetika.

Contoh penggunaan kata relatif

Kalau dijabarkan dalam sebuah istilah ternyata relatif lumayan rumit ya. Padahal jika diucapkan kurang lebih kita bisa mengetahui apa sih arti kata relatif tersebut. Contohnya kalau kita menilai sesuatu maka ada banyak orang yang mengatakan relatif itu artinya penilaian orang terhadap sesuatu berbeda-beda tergantung dari mana sudut pandang orang tersebut menilai.

Misalnya kata-kata seperti cantik itu relatif atau kebenaran itu juga relatif. Kalimat ini menunjukkan bahwa Kecantikan itu tidak bisa dinilai hanya dari satu sisi saja atau hanya satu orang saja yang menilai. Karena keindahan, kecantikan, dan sesuatu dianggap baik biasanya juga dinilai relatif tergantung dari budaya dan juga penilaian orang yang menilainya.

Lawan kata relatif

Sedangkan lawan dari kata relatif adalah mutlak. Jika relatif merupakan sesuatu yang hasilnya akan berbeda tergantung dari sudut pandang orang yang menilainya. Maka mutlak merupakan sesuatu yang jelas dan juga gamblang dan hampir tidak bisa diperdebatkan. Contohnya 1 + 1=2 ini merupakan hasil yang mutlak dan hampir semua orang setuju tidak ada satupun orang yang tidak setuju mengenai hal ini.

Nah demikian tadi sedikit informasi mengenai arti kata relatif yang mungkin belum banyak diketahui orang. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan bagi anda terutama dalam memahami istilah-istilah yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.