Maksud arti kata daring dan luring yang perlu kamu tahu

arti kata daring
arti kata daring

Maksud arti kata daring dan luring yang perlu Anda ketahui agar tidak salah paham dalam menggunakannya.

Kata daring mungkin masih sedikit asing bagi anda. Karena kata ini memang tidak begitu populer, padahal kata daring sebenarnya sangat erat kaitanya dengan aktivitas anda di dunia maya. 

Arti kata daringĀ 

Arti kata daring adalah singkatan dari dalam jaringan. Jadi kata daring sebenarnya sama dengan online dalam bahasa Inggris. Akan tetapi para pengguna dunia maya jarang sekali yang menggunakan kata daring dan lebih sering menulis dengan kata online.

Sedangkan secara pengertian daring adalah aktivitas seseorang berselancar di dunia internet yang biasanya berhubungan dengan akses www atau world wide web. 

Daring atau online biasanya terjadi jika suatu alat termasuk komputer atau hp terhubung dengan jaringan internet Global. Jadi menggunakan sebuah jaringan lokal tidak bisa disebut sebagai daring, misalnya share antar data di sebuah jaringan komputer lokal di laboratorium.

Arti kata luring

Kata luring sebenarnya singkatan dari luar jaringan atau lawan kata daring. Jadi dalam bahasa Inggris luring sering kita kenal dengan istilah offline. Sebenarnya untuk penggunaan bahasa Indonesia yang benar adalah menggunakan kata daring dan luring untuk menunjukkan konektivitas seseorang di dunia Internet.

Meskipun demikian agak sulit tampaknya untuk mengenalkan masyarakat mengenai penggunaan kedua kata tersebut. Mengingat masyarakat luas lebih mengenal istilah online ataupun offline dibandingkan dengan daring dan luring.

Penggunaan kata daring dan luring

Sebenarnya kata dering akhir-akhir ini mulai dikenalkan oleh beberapa media sebagai pengganti kata online dan offline. Hal ini tidak lain lantaran beberapa kalangan ingin mencoba menggantikan kata online dan offline dengan daring dan luring.

Beberapa media massa sepertinya sudah mencoba untuk mengenalkan 2 kata tersebut. Akan tetapi masih sulit untuk mempengaruhi dan mengenalkan masyarakat secara umum mengenai penggunaan kata daring dan luring sebagai pengganti online dan offline.

Demikian tadi ulasan mengenai arti kata daring dan luring yang mungkin masih belum banyak diketahui. Memang mengganti sebuah bahasa yang sudah menjadi keseharian menjadi hal yang sangat sulit terlebih kata tersebut sudah umum diucapkan.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →