arti kata barakallah
arti kata barakallah

Arti Kata Barakallah dan Penggunaannya secara Tepat

Posted on
arti kata barakallah
arti kata barakallah

Arti Kata Barakallah dan Penggunaannya secara Tepat. Sebagai umat Islam, tentu kata Barakallah sudah sangat familiar di telinga. Banyak para ulama, bahkan orang awam yang mengucapkan kata ini dalam waktu tertentu. Sebenarnya, apa arti dari kata tersebut? Kapan kata itu diucapkan? Dan, apa yang harus kita ucapkan saat mendengar orang mengucapkan kata tersebut? Berikut ini uraian lebih lengkapnya.

 

Arti Kata Barakallah

Kata Barakallah berasal dari bahasa Arab yang mempunyai arti “semoga mendapat berkah dari Allah” atau “semoga diberkahi oleh Allah”. Terkadang, kata ini diucapkan secara panjang, yaitu barakallah fii umrik. Kalimat ini mempunyai arti “semoga Allah memberkahi di usiamu saat ini”.

 

Kapan Kata Barakallah Mesti Diucapkan

Dilihat dari arti kata Barakallah, jelaslah bahwa penggunaannya diperuntukkan pada saat seseorang mendapatkan kebahagiaan. Berikut ini beberapa moment, di mana kata Barakallah seringkali diucapkan, sekaligus artinya:

  1. Pada saat menghadiri pernikahan.
  2. Pada saat menghadiri pesta ulang tahun.
  3. Pada saat menjenguk orang yang baru saja melahirkan.
  4. Pada saat kita diberi hadiah atau pemberian dari orang lain.
  5. Pada saat hendak memberikan hadiah untuk orang lain.

 

Apa Jawaban dari Kata Barakallah

Pada saat orang lain mengucapkan kata Barakallah, ada baiknya orang yang mendengar atau bahkan didoakan menjawabnya. Dengan begitu, saling mendoakan akan terjalin dari peristiwa ini. Berikut beberapa jawaban ketika ada orang yang mengucap Barakallah:

  1. Jika Anda orang yang diberi ucapan dan yang memberi ucapan laki-laki, maka jawablah dengan kata-kata “wa fiika baarakallah”.
  2. Jika Anda orang yang diberi ucapan dan yang memberi ucapan perempuan, maka jawablah dengan kata-kata “wa fiiki baarakallah”.
  3. Jika Anda mendengar orang lain mengucapkan untuk orang lain, maka jawablah dengan kata-kata “wa fiihim baarakallah”.
  4. Jika yang diberi ucapan lebih dari tiga , maka jawablah dengan kata-kata “wa fiikum baarakallah”.
Baca juga  Cara Menghias Kertas HVS: Tips Kreatif untuk Tampilan Menarik

 

 Kesimpulan

Kata Barakallah mempunyai makna yang sangat mulia, yaitu mendoakan orang lain atas kebahagiaan yang diterimanya. Dengan mendoakan orang lain, otomatis juga akan mendoakan diri sendiri. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengucapkan kata tersebut saat menghadiri kebahagiaan orang lain.