27+ Agar Telur Rebus Mudah Dikupas

Posted on

Jangan sesekali berpikir bahwa memasak telur rebus merupakan hal yang mudah dan sederhana, karena saat kita ingin mengupas kulit telur tersebut, terkadang bisa menjadi hal yang rumit dan menjengkelkan. Apalagi jika kulit telurnya susah dikupas dan rusak ketika diupas, tentu saja sangat mengganggu citra tau dapur kita. Nah, disini saya akan memberikan tiga cara untuk membuat telur rebus yang mudah dikupas sehingga menjadi bentuk yang lebih mulus.

Menggunakan air dingin saat memasak

Salah satu cara membuat telur rebus yang mudah dikupas adalah dengan menggunakan metode air dingin saat memasak. Caranya adalah dengan memasukkan telur kedalam panci dengan air ditambahkan setinggi satu jari diatas telur. Kemudian panaskan air tersebut hingga mendidih dan setelah itu matikan kompor dan biarkan telur dalam panci dan tunggu selama 10-12 menit sebelum disaring.

Contoh gambar telur rebus

Telah terbukti bahwa dengan metode ini, kulit telur menjadi lebih mudah untuk dikupas karena air dingin dalam panci dapat menembus area rapuh yang terdapat di dalam kulit telur. Hal ini membuat kulit telur menjadi lebih “mudah” dan tidak melekat di permukaan putih telur.

Metode mengukus telur

Metode kedua untuk membuat telur rebus yang mudah dikupas adalah dengan menggunakan metode mengukus telur. Caranya adalah dengan mengepulkan sedikit selimut pada telur dan meletakkannya pada keranjang yang telah dipanaskan diatas panci berisi air mendidih selama 12-14 menit.

Contoh gambar telur rebus

Dengan metode ini, telur akan mengalami pemanasan secara perlahan sehingga kulit akan lebih mudah dikupas. Selain itu, dengan menggunakan air panas seperti ini, kita juga bisa memastikan bahwa telur yang kita buat dapat masak sempurna dari dalam dan luar.

Baca juga  Ayam Areh

Memberikan Garam Ketika Memasak

Metode terakhir untuk membuat telur rebus yang mudah dikupas adalah dengan menambahkan sedikit garam pada air ketika memasak telur rebus. Caranya adalah dengan memasak telur kedalam panci dan tuangkan air berkisar 2-3 jari diatas telur. Kemudian tambahkan sedikit garam ke dalam panci dan biarkan mendidih.

Contoh gambar telur rebus

Menambahkan garam ke dalam air saat memasak dapat membantu dalam mencairkan sekresi yang terkumpul di bawah kulit telur, sehingga memudahkan kulit telur untuk dipisahkan dari putih telur. Selain itu, garam juga akan memberikan rasa pada telur rebus ketika termasuk dalam campuran air masakannya.

Jangan ragu untuk mencoba salah satu metode diatas saat memasak telur rebus agar kulit telur bisa lebih mudah dikupas dan terlihat lebih mulus sesuai dengan yang kita inginkan. Saya harap informasi ini bermanfaat untuk kita semua, terima kasih!

Temukan postingan lainnya tentang Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *