Vaksin Ayam Broiler

Posted on

Vaksinasi merupakan hal yang penting dilakukan dalam memelihara ayam broiler. Ayam broiler sendiri adalah bentuk ternak yang banyak terdapat dan dipraktikkan di Indonesia. Kandang close house adalah jenis kandang yang memiliki ciri khas tertutup dan dilengkapi dengan sistem pemanas atau pendingin.

Jenis Vaksin pada Ayam Broiler

Vaksin Ayam Broiler

Jenis vaksin yang diberikan pada ayam broiler ini sangatlah penting bagi kesehatan ayam. Terdapat beberapa vaksin penting yang harus diperhatikan dalam memelihara ayam broiler. Mari kita bahas satu per satu jenis vaksin yang dibutuhkan pada ayam broiler.

Vaksin ND

Vaksin ND

Vaksin ND (Newcastle Disease) diberikan pada ayam broiler untuk mencegah penyakit virus Newcastle. Penyakit ini bisa menyerang otak, sistem pernapasan, damping tulang dan bisa menyebabkan kematian pada ayam. Pemberian vaksin ND pada ayam broiler bisa dilakukan pada usia 2 hari dengan cara tetes mata dan diulang lagi pada umur 10-14 hari menggunakan suntikan.

Vaksin IB

Vaksin IB

Vaksin IB (Infectious Bronchitis) diberikan untuk mencegah infeksi virus pada saluran pernapasan, yang dapat mematikan ayam. Vaksinasi IB ini bisa diberikan pada ayam umur 2-3 hari.

Vaksin Marek

Vaksin Marek

Vaksin ini diberikan saat ayam broiler masih dalam proses pengereman atau dilakukan di dalam kandang. Vaksin Marek bertujuan untuk mencegah kanker pada ayam dan gejala yang timbul bisa mempengaruhi produksi telur. Pemberian vaksin bisa dilakukan pada umur ayam 1 hari dan 21-28 hari.

Vaksin Gumboro

Vaksin Gumboro

Vaksin ini digunakan untuk mencegah penyakit infeksi yang sangat berbahaya pada ayam broiler, Gumboro. Vaksinasi ini diberikan pada ayam pada usia 14 hari dengan pengulangan pada usia 21-28 hari.

Baca juga  Nasi Pecel Telur

Conclusion

Dalam memelihara ayam broiler, vaksinasi sangatlah penting dan harus diperhatikan. Dengan memberikan vaksin secara teratur, ayam akan terhindar dari penyakit yang bisa mempengaruhi kesehatan dan produksi. Pastikan untuk memperhatikan umur ayam dan cara pemberian vaksin supaya mendapatkan hasil yang optimal.

Temukan postingan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *