Apakah Fungsi Paru Paru

apakah fungsi paru paru

apakah fungsi paru paru

Apakah Fungsi Paru Paru – Paru-paru merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusaia yang berkaitan langsung dengan sistem pernafasan dan sebagai organ sirkulasi (peredaran darah) dalam tubuh vertebrata yang bernapas dengan udara.

Pada umumnya, organ paru-paru berfungsi sebagai organ tubuh bagian dalam yang membantu dalam proses memompa udara yang masuk dari hidung untuk dipisahkan antara oksigen (O2) yang bersih dan karbondioksida (CO2) sisa hasil pernafasan. Paru-paru dalam tubuh manusia mempunyai beragam peran penting lainnya.

Sebelum membahas mengenai fungsi dan peran paru-paru lebih lanjut, ada bagusnya kita mengetahui terlebih dulu tentang anatomi dari paru-paru itu sendiri, agar penjelasan mengenai fungsi paru-paru jadi lebih mudah difahami dan dimengerti.

BACA JUGA : Jahe Emprit

Anatomi Paru-Paru Manusia

apakah fungsi paru paru
Sumber : https://3.bp.blogspot.com/

1. paru-paru sebelah kanan milik orang dewasa mempunyai berat sekitar 375 – 600 gram. Sedangkan berat paru-paru kiri yaitu sekitar 325 – 550 gram saja.

2. Paru-paru sebaelah kanan terdiri atas tiga bagian yaitu lobus superior yang berada dibagian atas, lobus medius di tengah, dan lobus inferior yang berada dipaling bawah.

Sementara itu, paru-paru kiri hanya meiliki dua komponen yaitu lobus superior dan lobus inferior. Nah, hal itulah yang menjadikan paru-paru kanan juga lebih besar ketimbang yang kiri.

BACA JUGA : Review Pelembab Wajah untuk Remaja

3. Dalam tiap lobus terdapat bagian yang lebih kecil yang disebut dengan segmen. Kedua sisi pada organ paru-paru yaitu bagian kanan dan kiri memiliki jumlah segmen yang sama, disetiap segmen terbagi lagi menjadi belahan yang disebut dengan lobulus. Lobulus juga memiliki banyak cabang yaitu bronkiolus, dan bagian cabang yang lebih kecil lagi dari bronkiolus adalah alveolus.

4. Organ paru-paru dilapisi oleh pleura yang merupakan sebuah membran tipis berlapis ganda. Pleura menghasilkan suatu cairan yang biasanya disebut dengan cairan serou, serous berguna sebagai pelumas bagian-bagian dalam yang ada di paru-paru. Dengan begitu, paru-paru tidak akan teriritasi saat sedang melakukan proses pernafasan yaitu mengembang dan mengempis.

BACA JUGA : Infus Water Jeruk Nipis

Fungsi Paru-Paru dalam Tubuh Manusia

Sumber : https://practical-psychology.net/

Setelah mengetahui anatomi dan bagian-bagaian paru-paru manusia, karenanya berikut ini kita akan membahas 6 fungsi paru-paru manusia.

1. Pelindung Organ Lain

Fungsi paru-paru manusia yang pertama ialah sebagai pelindung organ lain seperti hati. Mengingat posisi hati terletak dibagian bawah ke-dua sisi paru-paru, sehingga hati dapat terlindung dari berbagai guncangan.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Salep Mata

2. Sebagai Siliaris Eskalator

Maksud dari siliaris eskallator yaitu sebagai pelindung terhadap suatu infeksi yang terbawa oleh udara yang masuk ke dalam tubuh. Semua kandungan yang terdapat di udara dan dapat membahayakan tubuh seperti debu dan bakteri akan terperangkap dalam lapisan lendir yang berlokasi di permukaan mukosa saluran pernafasan.

3. Alat Respirasi
Sumber : https://d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net/

Selain berfungsi sebagai siliaris eskalator, fungsi paru-paru yang selanjutnya ialah sebagai alat respirasi. Dalam rongga paru-paru, terjadi sebuah proses pertukaran gas, yaitu antara oksigen (O2) dan karbondioksida(CO2).

Pertukaran tersebut terjadi dan berlangsungdi bagian terkecil paru-paru yaitu alveoli.

Manusia bernapas dengan cara menghirup udara melewati hidung yang kemudian disalurkan melewati tenggorokan, dan setelahnya sampai di bagian terkecil cabang paru-paru yaitu alveoli, kemudian udara yang telah disariing dalam bentuk oksigen tersebut ditukar dengan karbondioksida yang merupakan hasil limbah udara dari paru-paru.

BACA JUGA : Model Masker Penutup Hidung

4. Pengendali pH Darah

Paru-paru ternyata dapat mempengaruhi kadar asam dan basa dalam darah lho. Ukuran pH darah yang tidak seimbang dapat mengganggu kerja tiap organ tubuh. Namun, dengan adanya peran paru-paru yang bekerja dengan stabil, pH darah menjadi normal, yaitu berkisar antara 7,35 – 7,45.

Sebaliknya, jika fungsi paru-paru tidak berjalan dengan stabil, karenanya akan terjadi asidosis respiratorik dan alkalosis respiratorik yang merupakan suatu keadaan dimana pH darah manusia tidak seimbang dan dapat memunculkan gangguan kesehatan.

5. Sebagai Tempat Menampung Darah
apakah fungsi paru paru
Sumber : https://images.bisnis-cdn.com/

Fungsi dari paru-paru pada tubuh manusia yang berikutnya ialah sebagai tempat menampung darah. Paru-paru dapat menampung darah dalam jumlah tertentu, tergantung dari keadaan fisik tiap individu.

Fungsi paru-paru satu ini akan sangat berpengaruh ketika Anda menjalankan suatu aktivitas fisik yang berat, seperti melakukan olahraga, sebab paru-paru akan membantu jantung bekerja lebih efisien.

6. Fungsi Lain Paru-Paru Manusia

Selain kelima fungsi di atas, paru-paru juga berperan dalam proses menyaring gumpalan darah yang terbentuk dalam pembuluh darah vena. Selain itu, paru-paru juga berfungsi dalam menyediakan aliran udara untuk dapat menghasilkan suara vokal, ketika Anda bernyanyi.

BACA JUGA : Top 20 Cara menghilangkan bau mulut secara alami dan cepat

Nah, itulah ualasan mengenai apakah fungsi paru paru pada tubuh manusia. Jadi sudah tahu kan, apa saja fungsinya, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua.