42+ Telur Ayam Kub

Posted on

Kalau kamu kepingin ngerasain telur ayam kampung asli yang asoy dan kenyal, kamu harus tahu bagaimana cara memilihnya. Enggak asal-asalan ya, biar kamu enggak beli telur ayam kampung yang ternyata belom asli, busuk, atau kadaluarsa.

Telur Ayam Kampung Asli

telur ayam kampung

Sebelum kamu beli telur ayam kampung, pastikan dulu telurnya belom berubah jadi telur asin. Kalo udah jadi telur asin, rasanya beda dan enggak sehat buat kamu. Selain itu, perhatikan juga ciri-ciri berikut ini:

1. Warna Kuning Telur

warna kuning telur

Telur ayam kampung asli warnanya lebih kekuningan dengan kuning yang lebih terang, sedangkan telur broiler atau komersil warnanya lebih pucat atau kekuningan yang pudar.

2. Bentuk Telur

bentuk telur

Pilih telur ayam kampung yang bentuknya simetris atau sama dari kedua sisinya dan tidak cacat pada bagian dalamnya. Jika ada cacat, kemungkinan besar telur sudah lama dan bisa berisiko membawa bakteri.

3. Ukuran Telur

ukuran telur

Biasanya telur ayam kampung asli ukurannya lebih kecil dari telur komersil atau broiler karena tidak diberi makan hormon dan dipelihara dengan cara alami. Ukuran telur ayam kampung sebaiknya tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

4. Tekstur kulit telur

kulit telur

Pilihlah telur ayam kampung yang kulitnya tidak kasar atau tidak rapuh karena bisa berisiko tercemar. Kulit telur ayam kampung yang asli terasa halus rasanya dan menunjukkan betapa segar dan kenyal telur tersebut.

5. Lambung di dalam telur

lambung telur

Pastikan bahwa lambung di dalam telur ayam kampung tidak terdapat noda apapun karena bisa menunjukkan telur yang sudah lama. Telur yang belum lama biasanya terdapat lambung yang lebih halus dan tidak berwarna dengan jelas.

Baca juga  Salah Satu Syarat Lokasi Untuk Peternakan Ayam Petelur Adalah

Nah, itu dia tips cara memilih telur ayam kampung asli yang bernutrisi dan enak. Ingat, telur ayam kampung lebih sehat dan alami dibanding dengan telur ayam broiler atau komersil yang diberi makanan berhormon dan dipelihara dalam kandang sempit. Semoga bermanfaat ya!

Baca tulisan lainnya tentang Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *