Penyakit Busuk Batang Pada Jagung

Posted on

Penyakit yang mengganggu tanaman jagung pastinya sangat merugikan bagi petani. Salah satu penyakit yang sering terjadi pada jagung adalah busuk pangkal batang. Penyakit ini bisa merusak jumlah produksi jagung jika tidak segera diatasi. Agar bisa mengatasi penyakit ini, tentunya petani perlu melakukan identifikasi terhadap penyebabnya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara identifikasi penyakit busuk pangkal batang pada tanaman jagung.

Penyebab Penyakit Busuk Pangkal Batang pada Tanaman Jagung

Penyakit busuk pangkal batang dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain adalah kondisi cuaca yang lembap dan kelembaban tanah yang tinggi. Selain itu, faktor lain seperti serangan hama dan kurangnya perawatan tanaman juga bisa menyebabkan penyakit ini. Untuk menentukan penyebab pastinya, petani harus mengamati tanaman jagung dengan teliti.

Gejala Penyakit Busuk Pangkal Batang pada Tanaman Jagung

Gejala penyakit busuk pangkal batang pada tanaman jagung bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gejala fisik dan gejala non-fisik. Berikut adalah penjelasannya:

Gejala Fisik

Gejala fisik pada tanaman jagung yang terkena penyakit busuk pangkal batang antara lain adalah batang tanaman menjadi berubah warna menjadi kehitam-hitaman. Selain itu, bagian pangkal batang juga bisa menjadi lunak dan berlendir. Ada juga kemungkinan jika batang tanaman hancur dan akhirnya roboh ditanah.

Gejala Non-Fisik

Selain gejala fisik, ada juga gejala non-fisik yang bisa diamati pada tanaman jagung yang terkena penyakit ini. Gejala non-fisik tertentu adalah tanaman jagung terlihat layu dan kerdil. Selain itu, akar tanaman juga bisa mati dan akhirnya busuk.

Baca juga  Kebutuhan Benih Jagung Manis Per Hektar

Cara Mengidentifikasi Penyakit Busuk Pangkal Batang pada Tanaman Jagung

Salah satu cara untuk mengidentifikasi penyakit busuk pangkal batang pada tanaman jagung adalah dengan melakukan serangkaian pengamatan pada tanaman tersebut. Berikut adalah langkah-langkah identifikasi:

Langkah Pertama

Amati tanaman jagung dengan seksama dan lokasi yang paling sering terjadi serangan busuk pangkal batang. Perhatikan apakah terdapat bagian batang tanaman yang menjadi busuk atau lunak dan bau pada daerah pangkal batang.

Langkah Kedua

Apabila terdapat bagian batang tanaman yang sudah menjadi busuk, maka segera lakukan pemotongan. Amati apakah terdapat cairan atau getah yang keluar dari batang tanaman tersebut. Apabila terdapat cairan atau getah, maka hal tersebut menandakan bahwa tanaman sudah terkena penyakit busuk pangkal batang.

Langkah Ketiga

Jika terdapat tempat yang sudah terkena penyakit busuk pangkal batang, maka segera lakukan tindakan pencegahan dengan cara membersihkan tanaman dari daun kering dan cabang yang sudah lapuk. Jika perlu, lakukan pemindahan tanaman agar tidak menyebar ke tanaman yang lain.

Kesimpulan

Penyakit busuk pangkal batang pada tanaman jagung dapat merusak jumlah produksi jagung yang nantinya akan berdampak pada petani. Oleh karena itu, penting bagi petani untuk melakukan identifikasi secara dini agar bisa mengambil tindakan pencegahan sebelum penyakit menyebar ke tanaman yang lain. Demikian informasi mengenai cara identifikasi penyakit busuk pangkal batang pada tanaman jagung.

Penyakit Busuk Pangkal Batang pada Tanaman Jagung

Baca artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *