Microgreen Bayam

Posted on

Pertumbuhan mikro hijauan dalam hidroponik sangat populer saat ini. Anda mungkin bertanya-tanya, apa itu mikro hijauan? Mikro hijauan adalah sayuran atau rempah-rempah yang dipanen dalam tahap awal pertumbuhannya ketika daun-daunnya masih kecil dan berdaun-tunggal. Meskipun ukurannya kecil, setiap tumbuhan mikro hijauan memiliki rasa yang unik dengan nutrisi yang tinggi. Dalam hidroponik, kita dapat menumbuhkan mikro hijauan dengan mudah dan cukup cepat.

Hidroponik sendiri merupakan cara menumbuhkan tanaman tanpa menggunakan tanah. Pada dasarnya, air digunakan sebagai media tumbuh yang di dalamnya telah dicampur dengan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Metode ini cukup efektif dalam menumbuhkan tanaman karena nutrisinya langsung tersedia untuk tanaman yang dapat diambil dengan mudah. Tanaman dapat dengan cepat menyerap nutrisi yang terdapat dalam air, dan akar tanaman tidak perlu lagi mengolah nutrisi dari tanah.

Berikut adalah beberapa jenis mikro hijauan yang paling populer yang dapat Anda tanam dalam hidroponik:

1. Daun Bawang Mikro

Daun bawang mikro memiliki rasa yang tajam dan lebih pekat daripada daun bawang yang sudah matang. Daun bawang mikro cocok digunakan dalam salad atau disajikan bersama makanan lainnya.

daun bawang mikro

2. Cress Mikro

Cress mikro merupakan mikro hijauan yang sangat populer. Cress mikro memiliki rasa yang tajam namun segar dan dapat digunakan pada makanan laut atau salad. Tanaman cress mikro dapat tumbuh dengan cepat, bahkan dalam waktu kurang dari satu minggu.

cress mikro

3. Pak Choy Mikro

Pak choy mikro memiliki rasa yang mirip dengan pak choy matang namun lebih lembut dengan sedikit rasa manis. Pak choy mikro dapat digunakan dalam hidangan masakan Asia.

pak choy mikro

4. Yerba Buena Mikro

Baca juga  Gizi Cabai

Yerba Buena mikro adalah jenis mint yang populer. Yerba Buena mikro memiliki rasa yang kuat namun tajam sehingga cocok digunakan dalam minuman segar atau disajikan dengan dessert.

yerba buena mikro

5. Selada Mikro

Selada mikro memiliki rasa yang segar, renyah dan cocok digunakan dalam salad dengan campuran sayuran lainnya. Selada mikro tersedia dalam berbagai warna sehingga cocok digunakan dalam hidangan yang warnanya sangat penting.

selada mikro

Itulah beberapa jenis mikro hijauan yang paling populer dalam hidroponik. Selain mudah untuk tumbuh, mikro hijauan juga menyediakan nutrisi yang tinggi dengan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menanam mikro hijauan di hidroponik seperti memperhatikan pH dan pencahayaan. Namun, setelah Anda memahami dasar-dasar hidroponik, menumbuhkan tanaman mikro hijauan dapat menjadi hal yang menyenangkan dan bermanfaat. Nikmati rasa segar dari hasil panen Anda atau jadikan sebagai sumber penghasilan tambahan dengan menjualnya secara online.

Temukan postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *