Tumis Buncis Tempe Saus Tiram

Posted on

Assalamulaikum teman-teman.

Siapa yang suka masakan tumis buncis tempe? Yuk kita buat bersama-sama!

Tumis Buncis Tempe

Tumis Buncis Tempe Image

Untuk membuat tumis buncis tempe, kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah:

  • Tempe
  • Buncis
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Cabe merah
  • Cabe hijau
  • Minyak goreng
  • Garam
  • Kaldu bubuk

Setelah semua bahan tersedia, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama potong tempe menjadi dadu-dadu kecil
  2. Potong buncis dengan ukuran 3-4 cm
  3. Siapkan bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai hijau. Iris bawang merah dan bawang putih tipis-tipis. Cabe merah dan hijau bisa diiris besar atau kecil, tergantung selera
  4. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, kemudian masukkan potongan tempe
  5. Tumis tempe hingga berubah warna kecoklatan dan agak kering
  6. Masukkan buncis, tumis hingga layu
  7. Terakhir, masukkan cabai merah dan hijau, tambahkan garam dan kaldu bubuk secukupnya, aduk rata
  8. Tumis buncis tempe siap dihidangkan

Tumis buncis tempe siap disajikan. Rasanya enak dan gurih, cocok dijadikan lauk makan siang atau malam. Selamat mencoba!

Bagaimana? Mudah kan membuat tumis buncis tempe? Cobalah resep ini di rumah dan nikmati makanan yang enak dan sehat!

Benefit Konsumsi Tempe

Tak hanya enak, tempe juga memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Berikut beberapa manfaat konsumsi tempe yang perlu kita ketahui:

  1. Kayanya protein
    Tempe merupakan sumber protein yang baik dan mudah dicerna oleh tubuh. Protein tempe juga memiliki asam amino yang lengkap, yang diperlukan untuk memproduksi senyawa protein yang dibutuhkan untuk kesehatan serta pertumbuhan tubuh kita.
  2. Menjaga kesehatan tulang
    Kandungan mineral pada tempe seperti kalsium dan magnesium, berfungsi membangun dan menjaga kepadatan tulang. Sehingga membantu mencegah terjadinya osteoporosis, terutama bagi wanita yang telah memasuki masa menopause.
  3. Membantu mengontrol diabetes
    Tempe memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Dengan mengontrol kadar gula darah, maka akan membantu mencegah terjadinya diabetes atau membantu pengendalian diabetes pada penderita.
Baca juga  Mpasi Jagung Manis Dan Wortel

Selain manfaat di atas, tempe juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Benefit Konsumsi Buncis

Ternyata tidak hanya tempe yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, buncis juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan kita. Berikut adalah beberapa manfaat buncis yang perlu kita ketahui:

  1. Kandungan antioksidan
    Buncis memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas dan membantu mengurangi risiko terkena penyakit degeneratif seperti kanker, Alzheimer, dan penyakit jantung.
  2. Sumber serat
    Buncis juga merupakan sumber serat yang baik. Serat berfungsi menjaga kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan risiko terkena diabetes dan obesitas.
  3. Mengandung vitamin dan mineral
    Buncis juga mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, buncis juga mengandung beberapa jenis mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

Selain manfaat di atas, buncis juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, membantu menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan tulang.

Penutup

Masakan tumis buncis tempe tidak hanya enak, tetapi juga sehat bagi kesehatan tubuh kita. Tidak hanya itu, tempe dan buncis juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Yuk, konsumsi makanan yang sehat dan nikmat untuk menjaga kesehatan tubuh kita!

Temukan tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *