Cara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri serta manfaatnya

mengetahui kelebihan dan kekurangan diri
image pixabay.com

Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri merupakan sesuatu yang sangat penting. Hal ini sangat berguna terutama jika anda ingin mengambil mata kuliah atau bekerja.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri anda bisa menentukan kecocokan pekerjaan yang sedang ingin anda tekuni. Lantas bagaimana cara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri?. Berikut tips nya untuk anda:

Cara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri

Mencari tahu apa yang kita sukai

Kelebihan kita biasanya tidak jauh dengan apa yang kita sukai. Saat kita menyukai sesuatu biasanya kita akan lebih fokus dalam melakukannya. Apa yang anda sukai juga menjadi cerminan dari bakat anda.

Ini sangat penting sekali tentunya jika anda ingin menekuni sebuah hobi yang nantinya akan dijadikan sebagai sebuah pekerjaan. Selain itu, menentukan minat atau apa yang anda sukai juga akan sangat membantu dalam menentukan mata kuliah yang akan anda ambil.

Amati hobi anda

Dengan mengamati hobi mungkin akan sangat membantu anda dalam mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan diri. Saat anda hobi untuk melakukan sesuatu pekerjaan itu artinya kelebihan anda berada di situ.

Tapi satu hal yang perlu anda ingat bahwa kelebihan terkadang sangat dekat dengan kekurangan. Contohnya saja anda adalah tipe orang yang pendiam, mungkin di sisi lain itu menjadi kelebihan anda tetapi jika tidak diarahkan itu juga bisa menjadi kekurangan.

Jadi kelebihan atau kekurangan yang anda miliki harus terarah. Karena bakat itu pada dasarnya bawaan akan tetapi kemampuan anda dalam mengolah nya itu menjadi faktor paling penting dalam menentukan kesuksesan anda nantinya.

Contohnya saja orang yang memiliki otak cerdas belum tentu lebih berhasil dibandingkan orang yang memiliki otak kurang cerdas. Karena terkadang ada orang yang memiliki otak cerdas akan tetapi dia malas belajar karena mengandalkan kemampuan otaknya saja.

Ada lagi orang yang memiliki kecerdasan otak yang pas-pasan akan tetapi dia sangat tekun sekali karena sadar akan kekurangan nya. Padahal yang akan menentukan keberhasilan seseorang adalah tingkat ketekunan itu sendiri. 

Jadi dari sini anda sadar bahwa kekurangan itu sangat dekat dengan kelebihan begitu juga sebaliknya.

Cobalah bertanya dengan teman dekat anda

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri tidak ada salahnya anda meminta pendapat orang lain. Karena walau bagaimanapun juga orang lain biasanya akan lebih mudah melihat kekurangan dan kelebihan kita.

Mungkin anda bisa bertanya kepada teman dekat atau keluarga anda yang dirasa bisa memberikan gambaran jelas mengenai kekurangan dan kelebihan yang anda miliki. Meskipun demikian terkadang teman yang kita mintai saran tidak selamanya bisa berkata jujur lantaran mungkin tidak enak jika harus mengungkapkan kekurangan anda secara menyeluruh.

Usahakan juga anda tidak bertanya kepada satu teman melainkan beberapa teman. Untuk mengetahui apakah benar kekurangan anda terletak pada sesuatu tersebut. 

Introspeksi diri

Cara paling ampuh untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan diri sendiri adalah dengan melakukan introspeksi. Hal ini sangat penting sekali, introspeksi bukan hanya membuat anda menjadi lebih baik tetapi juga mengidentifikasi kesalahan atau kekurangan anda.

Kebanyakan orang yang egois dan mementingkan diri sendiri biasanya mereka lebih jarang melakukan introspeksi. Sehingga yang dilihat hanya kesalahan orang lain saja sedangkan kesalahan diri sendiri tidak bisa dia lihat dengan jelas.

Mendengarkan kritikan orang lain

Sebaik apapun dari kita pasti ada saja orang yang tidak menyukai kita. Hal ini bisa dijadikan sebuah cara untuk mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan yang kita miliki.

Meskipun kritikan orang yang membenci kita itu kebanyakan tidak benar dan hanya bersifat subjektif akan tetapi paling tidak ini bisa menjadi salah satu cara yang cukup baik dalam melihat lebih dalam mengenai kekurangan yang kita miliki.

Jadi setiap kritikan yang masuk jangan hanya diartikan sebagai sesuatu yang negatif. Justru jadikanlah kritikan yang dilayangkan orang lain kepada kita menjadi momen untuk memperbaiki diri agar kita menjadi orang yang lebih baik lagi kedepannya.

Mencari pengalaman

Jika anda ingin mengetahui kelebihan atau bakat yang anda miliki cobalah untuk mencari pengalaman yang lebih banyak. Dari pengalaman tersebut pasti anda akan bisa menilai kekurangan dan kelebihan yang anda miliki.

Dari pengalaman pula anda juga bisa melihat apakah anda cocok melakukan sesuatu yang telah anda kerjakan tersebut ataukah tidak. 

Ketahui hal yang tidak anda sukai

Setiap orang pasti menyukai atau membenci sesuatu yang menurut mereka menyenangkan atau tidak. Sesuatu yang ada benci atau tidak suka untuk dikerjakan biasanya memang menjadi kelemahan anda. 

Jika anda tahu tidak menyukai sesuatu maka cobalah untuk menghindarinya. Hal ini pada gilirannya akan membuat anda lebih fokus terhadap sesuatu yang anda sukai. Contohnya saja jika anda tidak menyukai pelajaran matematika maka itu artinya anda tidak cocok berada di dunia sains.

Jadi mungkin anda lebih menyukai pelajaran seperti bahasa indonesia, seni atau sejarah yang tidak membutuhkan hitung-hitungan. Begitu juga sebaliknya jika anda lebih menyukai ilmu pasti seperti sains biasanya anda tidak menyukai hal-hal yang sifatnya seni seperti desain dan lain-lain.

Bandingkan diri anda dengan orang lain

Jika kita dibandingkan dengan orang lain tentu bukan sesuatu yang menyenangkan. Tetapi jika yang membandingkan diri anda sendiri tentu ini bisa menjadi cara yang cukup baik untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang anda miliki.

Mengetahui kelebihan anda dibandingkan orang lain bukan untuk membuat anda menjadi lebih sombong, tetapi hanya untuk mengetahui kelebihan anda. Begitu juga sebaliknya dengan mengetahui kekurangan anda dibandingkan orang lain bukan untuk membuat anda menjadi minder tetapi agar anda lebih sadar diri untuk menjauhi hal yang menjadi kekurangan anda.

Manfaat mengetahui kekurangan dan kelebihan diri sendiri

Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri tentu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan anda. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika anda bisa mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan yang anda miliki:

Untuk menentukan bakat

Mengetahui kelebihan diri sendiri akan memudahkan anda dalam mengidentifikasi bakat terpendam yang anda miliki. Tentu hal ini sangat penting sekali untuk menentukan arah dari kehidupan anda kedepannya, serta peran yang bisa anda ambil dalam menyongsong kehidupan di masa depan.

Membuat kita lebih percaya diri

Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri itu sangat penting sekali salah satunya adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri. Dengan mengetahui kelebihan yang anda miliki maka anda tidak akan mudah minder. 

Begitu juga sebaliknya dengan mengetahui kekurangan yang anda miliki maka tidak akan membuat anda menjadi lebih sombong. Karena di samping kelebihan yang anda miliki anda juga masih memiliki kekurangan yang perlu diperbaiki.

Membuat kita menjadi orang yang lebih baik

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan jika anda mengetahuinya maka tentu akan lebih mudah dalam memperbaiki atau meminimalisir kekurangan tersebut. Hal ini tentunya sangat penting sekali karena dengan mengetahui kekurangan yang anda miliki maka anda akan lebih mudah dalam memperbaiki nya sehingga anda bisa menjadi orang yang lebih baik kedepannya.

Selain itu mengetahui kekurangan diri sendiri juga tidak akan membuat anda lebih mudah meremehkan orang lain. Karena walau sebaik apapun serta sepandai apapun anda faktanya masih ada kekurangan yang mungkin masih tersembunyi dari orang lain.

Membuat kita lebih fokus

Mengetahui kekurangan dan kelebihan akan membuat anda lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Tentunya hal ini sangat penting sekali terutama untuk memilih jenis pekerjaan yang akan anda geluti.

Dengan mengetahui kelebihan anda maka akan membuat anda lebih mudah fokus pada satu pekerjaan yang menurut anda sangat cocok dengan kelebihan serta minat anda. 

Intinya setiap orang itu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan akan tetapi permasalahannya sering kebanyakan mereka tidak bisa melihat sehingga membuatnya kesulitan dalam memperbaiki diri dan fokus terhadap sesuatu.