manfaat pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup

Manfaat Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup. Check It!

Posted on

manfaat pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup

Manfaat Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup – Pancasila merupakan lima butir ideologi dasar negara yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, Pancasila juga menjadi rumusan dan pedoman kehidupan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara agar tidak menjadi penyebab tindakan penyalahgunaan kewenangan.

Lalu apa saja manfaat Pancasila? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup yang sudah caraprofesor.com rangkum berikut ini!

Apa Saja Manfaat Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup?

  1. Menjadi ujung tombak dalam berbagai permasalah sebuah negara yang meliputi ekonomi, budaya, politik, dan sebagainya.
  2. Sebagai alat pemersatu kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.
  3. Menjadi sebuah ciri khas dan jiwa sebuah bangsa Indonesia.
  4. Menjadi pandangan, pedoman hidup, dan cita – cita sebuah bangsa.
  5. Sebagai alat dalam mempertahankan kekokohan berdirinya bangsa Indonesia.

Penjelasan Singkat Sejarah Lahirnya Pancasila

Pancasila dirumuskan oleh 3 orang, yaitu Mr. Dr. Soepomo, M. Yamin, dan Ir. Soekarno. Ketiganya mengusulkan 5 dasar Pancasila pada tanggal 29 Mei, 30 Mei, dan 1 Juni. Kemudian, yang disetujui adalah usulan dari Ir. Soekarno yang diusulkan pada 1 Juni. Sehingga Hari Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. الفرق المتاهله في اليورو 2022

Apa Makna Kesaktian Pancasila?

Istilah Kesaktian Pancasila muncul akibat sebelumnya terdapat pihak lain yang ingin mengubah ideologi bangsa Indonesia. Sebelumnya, kita ketahui bahwa ideologi bangsa Indonesia adalah Pancasila.

Baca juga  Pengertian Operasional Variabel Serta Contohnya

Namun salah satu partai bernama Partai Komunis Indonesia ( PKI) yang berideologikan komunis hendak mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi komunis. طريقة لعب القمار Pada Ideologi Pancasila, diakui Ketuhanan Yang Maha Esa.

Namun pada ideologi komunis, mereka tidak mengakui adanya agama/Tuhan (atheis). Hal ini jelas sangat bertentangan dengan ideologi Pancasila yang sudah sesuai dengan Bangsa Indonesia.

Kemudian PKI mengadakan beberapa kali pemberontakan hingga tanggal 30 September 1965 mereka menculik, menyiksa, dan membunuh para Jenderal yang berusaha melindungi bangsa Indonesia dari ideologi Komunis. Namun militer berhasil menangkap dan menghukum para pemberontak (PKI) sehingga ideologi Pancasila masih tetap tegak.

Bertahannya ideologi Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia setelah mengalami peristiwa kelam pertumpahan darah inilah makna kesaktian Pancasila. Pancasila tidak jadi musnah dan tetap tegak setelah beberapa kali akan ditumbangkan oleh para penganut ideologi komunis. العب كازينو

Perilaku korupsi, kerusuhan antar penduduk, ketidakadilan dan ketimpangan sosial, berebut jabatan, perilaku asusila, serta berbagai perilaku amoral lainnya adalah perilaku yang hanya dapat merusak nilai Pancasila.

Sebagai penerus bangsa, kita harus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila sebagaimana yang terkandung di dalamnya, baik oleh rakyat biasa maupun para pejabat penyelenggara negara. Niscaya kemakmuran dan kesejahteraan bangsa dan negara bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan secara nyata.

Baca Juga: Peristiwa Rengasdengklok Memberikan Manfaat yaitu…