Literati Bonsai

Posted on

Kamu tau nggak sih, ternyata ada pohon yang unik banget loh namanya bonsai. Gimana enggak unik, walaupun udah tua banget, masih kelihatan kayak tumbuhan muda yang baru aja tumbuh. Salah satunya adalah bonsai literati dari pameran Zhongguo Feng Penjing, penasaran geng?

Bonsai Literati, Apa Sih?

Bonsai Literati

Bonsai literati adalah salah satu jenis bonsai yang memiliki batang meliuk-liuk kayak ular. Gemes banget deh kalau lihat tanaman ini, kalau diikutin hingga ke akar pasti kelihatan bergelombang kayak helix. Unik aja tidak cukup, berpendidikan pun harus, berikut ini arti dari kata literati.

Menurut hasil googling, literati adalah seorang penulis, penyair atau akademisi yang berbakat dan terdidik. Pantas saja, dinamakan literati karena bonsai ini memiliki batang yang meliuk-liuk dan memberikan kesan bahwa pohon ini berpendidikan. Hal ini juga menimbulkan emosi pada orang-orang yang melihatnya. Bagaimana tidak, lihat saja betapa indahnya trailer dari Kingsman: The Golden Circle.

Berbagai Jenis Bonsai

Di dunia ini, ada berbagai jenis bonsai yang tersebar dari Jepang, China, Korea dan hampir seluruh penjuru dunia. Setiap jenis bonsai memiliki karakteristik tersendiri dan menjadi daya tarik bagi para penggemarnya. Berikut ini beberapa contoh bonsai yang mungkin pernah kamu lihat ya geng:

  • Bonsai Pine Tree
  • Bonsai Ficus
  • Bonsai Juniper
  • Bonsai Maple

Tentunya masih banyak lagi jenis bonsai yang lainnya dan masing-masing bonsai memiliki tingkatan kualitas yang dibedakan berdasarkan ukuran, umur, keadaan dahan, batang, dan permukaan tanah. Kalau kamu ingin memiliki jenis bonsai tertentu, maka pilihlah tanaman yang paling cara merawatnya. Setelah itu, tentukan warna pot dan media tanam yang terbaik agar sukses memperindah rumah kamu.

Baca juga  Bonsai Hingkip

Tips Merawat Bonsai

Tanaman bonsai membutuhkan perawatan ekstra agar tetap tumbuh subur dan tidak mati. Berikut ini beberapa tips merawat bonsai:

  1. Cukupi kebutuhan sinar matahari
  2. Cukupi kebutuhan air yang dibutuhkan
  3. Perhatikan kualitas tanah yang digunakan
  4. Perhatikan kebutuhan pupuk
  5. Tidak disarankan untuk membelah dahan untuk membentuk bonsai
  6. Perhatikan kesehatan batang yang mulai berbau tidak sedap

Itulah beberapa tips merawat bonsai yang perlu kamu ketahui. Bagi kamu yang hobi berkebun, tanaman bonsai bisa jadi pilihan menarik untuk menghiasi pot tanaman kamu. Keindahannya yang unik dan menarik bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang melihatnya.

Nah, udah tahu kan mengenai bonsai literati yang unik dan menarik ini? Kalau kamu ingin punya bonsai, kamu bisa mencarinya di toko tanaman terdekat atau bahkan kamu bisa membuatnya sendiri dengan cara memotong batang dan merawatnya sesuai dengan tips yang sudah disebutkan. Yuk, jangan tunda-tunda lagi, mulailah berkebun dengan jenis bonsai yang kamu sukai.

Baca postingan lainnya tentang Bonsai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *