Khasiat Surat Al Isra Ayat 80

Posted on

Wah, wah, wah! Ini dia dia dia, video tajwid surat Al Isra ayat 23-24. Mantul banget nih, bikin hati jadi tenang dan gampang fokus. Udah siap-siap buka guitarmu dan siap-siap mengalami detik-detik menyenangkan selama 999 kata ini. Siap. Set. Go!

Ayat 23

Gambar ilustrasi tajwid Al İsra ayat 23-24

Ayat pertama yang bakal kita kupas adalah Alif-laam-miim. Mungkin kamu bakal kepo, kenapa Alif laam miim jadi pembuka ayat? Sebenarnya, kita nggak tahu persis kenapa surah-surah dalam Al-Qur’an dibuka dengan huruf tertentu. Ada yang mengatakan bahwa huruf-huruf itu merupakan simbol bagi Allah SWT dan Al-Qur’an itu sendiri. Namun, inti dari huruf-huruf itu menurut sebagian ulama adalah bahwa huruf-huruf tersebut demikian pentingnya sehingga bila dibaca maka orang tersebut akan terhindar dari berbagai banyak masalah dan bencana.

Nah, kembali ke ayat 23. Ada kata musyahadah nih, yang artinya adalah pemandangan. Jangan salah loh! Ini bukan bentuk kata kerja atau kata benda. Justru, kata ini adalah bentuk davat khusus yang diciptakan untuk Al-Qur’an. Hal ini nggak lain untuk memberikan makna mendalam dari apa yang dikatakan oleh Allah SWT.

Lebih dari itu, kalimat Alloh yahdii bihi menunjukkan bahwa ada petunjuk dari Allah tentang cara membaca dan memahami Al-Qur’an. Ayat yang satu ini menunjukkan bahwa kita perlu mempelajari dan mengamalkan tajwid jika ingin memperoleh petunjuk dari Allah SWT.

Ayat 24

Gambar ilustrasi tajwid Al İsra ayat 23-24

Nah, kalau kamu baca ayat 24, terdapat kata “badawwaun”. Kata ini merupakan bentuk fushiyyah, yaitu bahasa Arab yang dikhususkan oleh orang-orang arab zaman dahulu. Seperti halnya dialek Inggris atau Jawa, bahasa Arab juga memiliki dialek khusus yang berbeda-beda di tiap daerah.

Baca juga  Khasiat Waidza Bathostum Bathostum Jabbarin

Kalau kamu baca ayat ini dengan benar, kamu pasti tahu bahwa tajwid sangat penting dalam membaca Al-Qur’an dan memahami maknanya. Jangan sampai ada tahsin yang salah atau tajwid yang salah. Nanti, mungkin kamu nggak akan mengalami detik-detik menyenangkan seperti saat membaca artikel ini.

Intinya, tajwid itu bukan hanya sekedar aturan dalam membaca Al-Qur’an, melainkan juga ikhtiar untuk mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Maka, mari kita terus belajar dan berlatih tajwid agar bisa lebih menghargai dan memahami kandungan Al-Qur’an.

Sudah selesai cerita tentang tajwid surat Al Isra ayat 23-24. Mudah-mudahan cerita ini bisa menginspirasi kamu untuk selalu belajar dan berlatih tajwid. Bagaimana menurut kamu? Ada pengalaman seru maupun pendapat menarik yang ingin kamu share soal tajwid surat Al Isra ayat 23-24? Share di komentar ya!

Temukan postingan lainnya tentang Khasiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *