Kenapa Lemari Berjamur

Posted on

Apakah kamu pernah mengalami masalah lemari kayu yang tiba-tiba terdapat jamur? Tenang saja, karena kami akan memberikan cara mudah untuk membersihkannya.

Penyebab Jamur di Lemari Kayu

Jamur pada lemari kayu dapat disebabkan oleh kelembaban yang berlebihan pada ruangan tempat lemari diletakan. Pada kondisi ruangan lembab, jamur bisa tumbuh dengan cepat pada kayu, bahkan bisa membusukkannya. Selain itu, jika lemari kayu dilakukan perawatan yang salah, seperti penggunaan bahan pembersih kimia yang terlalu keras, juga dapat membuat kayu menjadi rusak dan lebih mudah tumbuh jamur.

Cara Membersihkan Lemari Kayu dari Jamur

1. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti sarung tangan, lap kering, air hangat, cuka, dan baking soda.

Lemari berjamur

2. Gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari bahan-bahan pembersih yang digunakan.

3. Bersihkan lemari dengan lap kering dan pastikan permukaannya benar-benar kering.

4. Campurkan 1/2 cangkir cuka dengan 2 cangkir air hangat. Kemudian oleskan campuran tersebut pada bagian lemari yang terdapat jamur. Biarkan campuran tersebut meresap selama beberapa menit.

5. Setelah beberapa menit, bilas bagian lemari dengan air bersih dan lap kering lagi. Pastikan lemari benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

6. Untuk membersihkan jamur yang membandel, campurkan 1 sendok baking soda dengan sedikit air sampai membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada bagian yang terdapat jamur dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan lap kering.

7. Jangan gunakan pembersih kimia yang terlalu keras, seperti pemutih, karena dapat merusak kayu dan memicu tumbuhnya jamur lebih cepat.

Baca juga  Anti Jamur Kaca Mobil

Cara Mencegah Kelembaban pada Lemari Kayu

1. Letakkan lemari kayu pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari dapat membantu menghilangkan kelembaban pada ruangan dan mencegah tumbuhnya jamur pada kayu.

2. Gunakan dehumidifier atau alat pengering udara untuk menjaga kelembaban ruangan tetap stabil. Kelembaban ruangan yang ideal untuk kayu adalah sekitar 40-60%.

3. Hindari meletakkan lemari kayu di dekat sumber kelembaban, seperti kamar mandi atau dapur.

4. Jangan menumpuk benda terlalu banyak di dalam lemari. Udara yang tidak cukup dalam lemari dapat memicu tumbuhnya jamur.

Demikian cara mudah membersihkan lemari kayu dari jamur dan mencegah tumbuhnya jamur pada kayu. Jangan lupa untuk selalu merawat lemari kayu dengan baik agar awet dan tetap indah digunakan.

Temukan tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *