Jurnal Bawang Merah

Posted on

Selamat datang pada artikel pertanian kali ini! Kali ini kita akan membahas tentang budidaya bawang merah dalam pot. Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk menghasilkan bawang merah yang sehat dan berkualitas. Nah, salah satu cara untuk memastikan bawang merah yang dihasilkan berkualitas adalah dengan membudidayakan bawang merah dalam pot. Simak selengkapnya di bawah ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

gambar bawang merah dalam pot

Sebelum memulai, pastikan Anda menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan, seperti:

  • Pot atau wadah tanam
  • Tanah
  • Bawang merah biji
  • Pupuk kompos
  • Air

Langkah-langkah cara membudidayakan bawang merah dalam pot:

gambar bawang merah dalam pot

1. Siapkan wadah atau pot yang digunakan sebagai tempat menanam bawang merah. Pastikan wadah atau pot tersebut berdiameter minimal 35 cm dan memiliki lubang drainase di bagian bawahnya.

2. Isi pot dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kompos. Pastikan lapisan pupuk kompos yang digunakan cukup tebal agar bawang merah tumbuh secara optimal.

3. Taburkan biji bawang merah pada wadah atau pot yang telah diisi dengan tanah dan pupuk kompos. Pastikan jarak antar biji minimal 10 cm untuk memastikan bawang merah tumbuh dengan baik.

4. Siram tanah yang telah ditanami biji bawang merah dengan air secukupnya.

5. Letakkan wadah atau pot yang berisi biji dan tanah pada tempat yang terkena sinar matahari. Pastikan posisi wadah atau pot tidak terkena angin kencang.

6. Setelah tanaman bawang merah tumbuh, berikan pupuk yang mengandung nitrogen untuk mempercepat pertumbuhan dan pembentukan umbi. Lakukan pemupukan setiap 2 minggu sekali.

Baca juga  Fungsi Batang Kangkung

7. Selain itu, pastikan tanaman bawang merah selalu terjaga kelembapannya. Siram tanaman secara teratur agar tanah tidak kering.

8. Masa panen bawang merah tergantung pada varietas dan iklim. Namun, bawang merah biasanya dapat dipanen setelah 3-4 bulan masa tanam. Petik bawang merah dengan hati-hati agar umbi tidak rusak atau mengalami kerusakan pada sistem perakarannya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membudidayakan bawang merah dalam pot secara mudah dan praktis. Selain bermanfaat bagi kebutuhan dapur Anda, membudidayakan tanaman secara mandiri adalah cara yang tepat untuk memberikan kontribusi dalam lingkungan hidup dan memperkuat ketahanan pangan.

Demikian informasi tentang cara membudidayakan bawang merah dalam pot. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mencoba membudidayakan tanaman bawang merah secara mandiri.

Baca postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *