jelaskan 3 manfaat menaati norma bagi diri sendiri

Cara Profesor akan Jelaskan 3 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri!

Posted on

jelaskan 3 manfaat menaati norma bagi diri sendiri

Jelaskan 3 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri! – Norma merupakan standar perilaku bagi warga kelompok yang bisa diterima dalam masyarakat. Gagasan norma dapat memberikan panduan untuk memahami pengaruh sosial dan kesesuaiannya.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mendefinisikan norma sebagai “aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima”. Lalu KBBI juga mengartikan norma sebagai “aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu”.

Perilaku yang memenuhi norma ini biasanya disebut sebagai konformitas. Bahkan norma ini memiliki peran untuk dapat memahami dan memprediksi apa yang hendak dilakukan orang. Maksudnya yaitu terdapat norma yang mendefinisikan perilaku yang tepat untuk warga kelompok. Lalu norma mengatur individu untuk bergerak.

Semisal ketika seseorang sedang sakit dan dirawat di rumah sakit, tetangga di sekitarnya biasanya menengok dengan membawakan makanan. Lalu contoh lain semisal ketika hendak mengambil uang di ATM, orang menunggu sesuai dengan antriannya.

Apa yang Didapatkan dari Adanya Norma?

Norma memberikan kerukunan dan ketertiban di masyarakat. Entah bagaimana jika masyarakat hidup tanpa norma. Semua orang memerlukannya untuk membimbing dan mengarahkan perilaku, untuk memberikan keteraturan dan kepastian pada hubungan sosial dan juga untuk memahami tindakan satu sama lain.

Baca juga  Agar Bunga Mangga Tidak Rontok

Dengan demikian, keberadaan norma melekat pada kehidupan bermasyarakat. Norma juga diperlukan untuk memanifestasikan dan menjaga tatanan kehidupan bermasyarakat dengan keakraban dan kebersamaan. Jika tidak demikian, yang sangat memungkinkan terjadi adalah ketidakteraturan pada kehidupan bermasyarakat.

Dengan demikian, norma memberi kita gagasan tentang bagaimana berperilaku dalam kelompok masyarakat tertentu. Lalu apa sajakah manfaat yang didapat dengan menaati norma bagi diri sendiri? Berikut ini penjelasannya!

Berikut ini Cara Profesor akan Jelaskan Lebih dari 3 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri

1. Menjadikan Hidup Lebih Tenang

Dengan mengacu pada norma yang berlaku pada masyarakat, kita tidak perlu cemas untuk ditegur dan dibenci orang lain.

2. Memiliki Pergaulan yang Rukun

Dengan menaati norma yang mengikat dalam masyarakat, kecil kemungkinan terjadinya perselisihan dan perkelahian antara diri kita sendiri dengan orang lain.

3. Mengendalikan Tingkah Laku ke Arah yang Positif

Dengan mengupayakan diri sendiri untuk selalu mengikuti norma, kita dapat membiasakan diri untuk mengendalikan tingkah laku. Lalu dapat menghindari perilaku negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

jelaskan 3 manfaat menaati norma bagi diri sendiri

Sumber: https://latihansoal.agughostkey.com

4. Tidak Terjerumus pada Masalah Hukum

Dengan mematuhi norma yang ditentukan, kita bisa menghindari perbuatan dan keadaan berada pada posisi yang salah yang di mana bisa menimbulkan masalah hukum.

5. Melatih Diri Sendiri Menjadi Disiplin

Manfaaat lain dari menaati norma bagi diri sendiri yaitu bisa melatih kedisiplinan. Semisal ketika kita menaati peraturan untuk tidak terlambat datang ke sekolah, maka otomatis kita melatih diri sendiri untuk disiplin dan taat pada peraturan.

6. Disenangi oleh Masyarakat dalam Pergaulan

Tiap masyarakat pastinya menginginkan kerukunan. Oleh sebab itu untuk mencapainya, tiap individu harus memahami norma yang diterima masyarakat. Dengan begitu, dalam pergaulan, individu dapat diterima dan disenangi oleh masyarakat.

Baca juga  Manfaat Petai untuk Wanita yang Rugi Jika Dilewatkan. Check It!

7. Menjadikan Diri Sendiri sebagai Contoh Positif bagi Orang Lain

Melalui pembiasaan diri sendiri untuk selalu menerapkan norma, masyarakat dapat melihat dan menilainya dengan positif, lalu dapat menjadi tauladan bagi yang lainnya.

8. Terhindar dari Celaan Masyarakat

Bagi orang yang tidak mengerti norma yang sesuai dengan masyarakat, bukan tidak mungkin dia mendapat kritikan. Lalu yang namanya orang banyak, maka bisa saja mendapat celaan dari salah satu lainnya.

9. Mendapat Kepercayaan Masyarakat

Kepercayaan bisa didapatkan dengan memberikan loyalitas, namun terlebih dahulu perlu menyesuaikan diri sendiri dengan kaidah yang mengikat dalam masyarakat.

Penjelasan di atas merupakan beberapa contoh manfaat menaati norma bagi diri sendiri. Namun norma ditaati bukan sekadar karena terdapat manfaatnya untuk diri kita sendiri, melainkan juga untuk kepentingan dalam bermasyarakat.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Keragaman Sosial Budaya Indonesia? Simak Berikut ini!