manfaat daun putri malu

Manfaat Daun Putri Malu untuk Penyebuh Luka & Kesehatan. Check It!

Posted on

manfaat daun putri malu

Manfaat Daun Putri Malu – Anda pasti sangat sudah tidak asing lagi dengan tanaman putri malu. Tanaman yang tumbuh secara liar ini sering kali menjadi mainan bagi anak-anak. Ketika terkena sentuhan, daunnya akan bereaksi sehingga disebut sebagai putri malu.

Namun, tahukah Anda bahwa manfaat kesehatan bagi tubuh dimiliki tanaman liar ini. Tanaman dengan nama latin Mimosa pudica ini dinilai memiliki kandungan antibakteri dan antivenom yang dapat berkhasiat untuk menyembuhkan luka.

Termasuk untuk menyembuhkan luka, berikut ini beberapa manfaat putri malu bagi tubuh yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber:

Beberapa Manfaat Daun Putri Malu bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

1. Kaya Antioksidan

Kandungan kaya antioksidan adalah manfaat putri malu yang pertama. Siapa yang mengira apabila tanaman liar ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan tersebut dapat membantu menghentikan pembentukan molekul perusak yang disebut radikal bebas. Sedangkan daunnya mengandung antioksidan paling banyak, sebagian juga dapat ditemukan di batang dan biji tanamannya.

Mimosa pudica memiliki sifat antioksidan yang mengandung fitokimia dan vitamin. Tanaman ini juga mengandung superoksida dismutase. Senyawa tersebut adalah senyawa antioksidan kuat yang juga dapat ditemukan di sel tubuh Anda, namun kadarnya menurun seiring bertambahnya umur.

Meskipun begitu para ilmuwan belum menguji penyerapan antioksidan dari biji Mimosa pudica. Namun, penelitian tentang jenis biji mucilaginous lainnya menunjukkan bahwa sebagian antioksidannya diresapi di usus Anda.

2. Sebagai Penyembuhan Luka

Manfaat putri malu yang kedua ialah untuk membantu menyembuhkan luka. Sudah lama tanaman putri malu dipakai untuk mengatasi masalah kulit dan menghentikan pendarahan.

Baca juga  Tips Menambah Berat Badan Dengan Nutrisi Tepat

Misalnya, orang membuat pasta hangat dari akar tanaman untuk pengobatan tradisional. Kemudian mengoleskannya pada luka untuk menghentikan pendarahan dan membantu penyembuhan.

Sifat penyembuhan kulit ini mulai dikonfirmasi oleh para ilmuwan dalam penelitian. Para peneliti dalam sebuah penelitian menguji luka di kulit hewan pengerat yang dioleskan salep dengan ekstrak akar tanaman putri malu.

Mereka melihat kandungan hidroksiprolin untuk memeriksa seberapa baik itu bekerja dari luka ketika sembuh. Hidroksiprolin ialah bagian kolagen yang membantu menjaga kulit tetap elastis dan terlihat muda, dan juga penting untuk menyembuhkan luka pada kulit.

Putri malu juga mengandung mineral yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Daunnya mengandung zat besi, seng, mangan, dan tembaga. Mineral ini dibutuhkan untuk kesehatan kekebalan dan kesehatan kulit, termasuk melawan infeksi kulit.

3. Membantu Meregenerasi Syaraf Skiatik

Manfaat putri malu yang ketiga ialah untuk membantu proses regenerasi saraf skiatik. Syaraf skiatik ialah saraf terpanjang pada tubuh Anda. Syaraf ini berasal dari sumsum tulang belakang, kemudian berlanjut ke bawah melalui ujung belakang Anda, lalu meluas dan bercabang ke setiap kaki.

Jadi, nyeri saraf skiatik dapat menjalar dari punggung dan melalui bokong ke paha dan betis. Bahkan terkadang, rasa sakit hingga ke jari-jari kaki Anda.

Ekstrak tanaman putri malu setiap empat hari selama tiga bulan diberikan kepada hewan pengerat dengan cidera saraf skiatik dalam sebuah penelitian inovatif.

Dibandingkan dengan mereka yang diberi hidrokortison dan steroid, mereka memiliki regenerasi saraf skiatik 40% lebih baik. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut juga masih dibutuhkan.

manfaat daun putri malu

Sumber: https://beritabeta.com

4. Membunuh Parasit

Manfaat putri malu yang keempat ialah untuk membunuh parasit. Perlu Anda tahu jika biji putri malu dapat menangkap parasit di usus, kemudian membuangnya melalui tinja. Namun, bukan hanya itu saja yang dapat dilakukan tanaman ini.

Baca juga  Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Kering dan Rontok!

Para ilmuwan dalam studi tabung reaksi, mengekspos cacing gelang untuk ekstrak biji putri malu. Ekstrak bijinya menyebabkan kelumpuhan dan kematian pada cacing. Ditunjukkan pada penelitian bahwa putri malu tidak hanya dapat membunuh parasit dewasa, namun juga dapat menonaktifkan larva.

Terlebih lagi, mereka tidak dapat lagi menyebabkan infeksi atau bahaya karena secara permanen makhluk itu dinonaktifkan hanya dalam satu jam.

Sedangkan obat lain yang biasa dipakai untuk mengobati infeksi parasit memerlukan waktu 3 hingga 5 hari untuk menonaktifkan larva dalam penelitian ini.

5. Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat daun putri malu yang kelima ialah dapat menjaga kesehatan usus. Putri malu memiliki biji yang bersifat membengkak ketika bersentuhan dengan cairan dan membentuk gel (mucilaginous).

Pembengkakan serupa terjadi di saluran pencernaan Anda, ketika Anda menelan biji putri malu dalam bentuk bubuk di kapsul. Bijinya menjadi gel lengket yang dapat melekat pada racun kimiawi, logam berat, parasit, dan kuman membahayakan.

Massa biji putri malu, makhluk yang lengket, dan racun ini bergerak melalui usus Anda. Setelah itu akan dikeluarkan melalui tinja. Lendir dalam biji putri malu ini sejenis serat larut, artinya dapat larut dalam air. Sehingga mampu menyerap air dan membentuk gel.

6. Mencegah Kerusakan Hati

Manfaat putri malu yang keenam ialah untuk mencegah kerusakan hati. Organ hati dan kandung empedu mungkin akan meradang jika Anda memiliki penyakit kronis yang kompleks, seperti infeksi parasit dan penyakit Lyme.

Bakteri lyme dapat bersembunyi di hati Anda. Pada saat itu, parasit, seperti cacing hati, Ascaris lumbricoides, dan cacing lainnya, dapat bersembunyi di sistem saluran empedu hati.

Makhluk ini dapat menyebabkan peradangan dan menyumbat sistem serta kerusakan. Ditunjukkan penelitian bahwa putri malu dapat membantu melindungi hati dari kerusakan, termasuk hati yang terlalu banyak mengandung racun.

Baca juga  Buah untuk Sembelit

Ketika hewan pengerat diberi ekstrak dari daun tanaman putri malu dengan racun hati selama sebulan, hampir 90% kerusakan radikal bebas pada lemak hati dapat ditekan. Para peneliti mengaitkan manfaat ini dengan antioksidan dalam ekstraknya.

7. Memiliki Manfaat Diuretik

Manfaat putri malu yang ketujuh ialah sebagai obat diuretik. Diuretik ialah zat yang membantu mengurangi penumpukan cairan di tubuh dengan membuat Anda sering kali membuang air kecil.

Obat diuretik umumnya diresepkan untuk penderita tekanan darah tinggi. Obat ini juga digunakan untuk penyakit ginjal kronis dan gagal jantung kongestif. Ketika penelitian, ekstrak akar putri malu mungkin dapat menjadi opsi yang baik untuk resep diuretik.

Ketika hewan pengerat diberi ekstrak dari akar putri malu, volume kencing mereka hampir dua kali lipat dibandingkan dengan klasifikasi plasebo. Meskipun penelitian pada manusia dibutuhkan, namun ekstrak tumbuhan dapat terbukti menjadi pilihan diuretik natural yang aman, murah, dan dapat ditoleransi dengan baik.

8. Dapat Mengurangi Peradangan

Cara tubuh Anda mencoba melindungi dirinya sendiri adalah peradangan. Misalnya, ketika tubuh terpapar oleh racun atau patogen. Sel-sel yang rusak mengaktifkan peradangan untuk memulai penyembuhan.

Namun, apabila proses ini tidak berhenti, peradangan dapat mengakibatkan masalah kesehatan jangka panjang, seperti diabetes, penyakit jantung, dan radang sendi.

Peneliti mengekstrak 14 fitokimia dan senyawa lain dari tanaman putri malu untuk menguji efek anti-inflamasi yang ada di dalamnya. Sedangkan senyawa dinilai dapat membantu menurunkan molekul inflamasi sebanyak 60% ketika hewan terpapar pemicu peradangan.

Ekstrak tanaman Mimosa pudica juga dapat mengurangi rasa sakit yang berkaitan dengan peradangan. Dalam uji hewan, ekstraknya sama efektifnya dengan obat penghilang rasa sakit standar seperti aspirin. Ekstraknya juga aman pada dosis tinggi.

Sedangkan studi penelitian masih dibutuhkan, namun tanaman tropis ini terlihat menjanjikan untuk melawan rasa sakit dan peradangan.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Intip Ulasannya!