Jamur Berperan Sebagai

Posted on

Jamur tiram memang sering dikonsumsi karena kandungan gizinya yang tinggi. Namun, tahukah kamu bahwa jamur tiram juga memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini:

1. Menunjang Pertumbuhan Tulang

Jamur Tiram

Manfaat pertama yang bisa kamu peroleh dari jamur tiram adalah menunjang pertumbuhan tulang pada anak. Kandungan vitamin D pada jamur tiram bisa membantu penyerapan kalsium yang lebih baik oleh tubuh, sehingga tulang bisa berkembang dengan optimal.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jamur Tiram

Anak-anak yang sering sakit tentu mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, dengan mengonsumsi jamur tiram, daya tahan tubuh anak bisa meningkat karena kandungan beta-glukan yang terdapat pada jamur tiram. Beta-glukan ini bisa meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh, sehingga akan meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap berbagai penyakit.

3. Mencegah Anemia

Jamur Tiram

Anemia atau kekurangan zat besi sering terjadi pada anak-anak, terutama yang picky eater atau sulit makan sayuran hijau sebagai sumber zat besi. Namun, kamu bisa memberikan jamur tiram sebagai alternatif karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi. Selain itu, jamur tiram juga mengandung asam folat yang penting untuk membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

4. Mencegah Stres

Jamur Tiram

Aktifitas yang padat di sekolah dan rumah seringkali membuat anak menjadi stres. Namun, kamu bisa memberikan jamur tiram untuk membantu meredakan stres pada anak. Kandungan ergothioneine pada jamur tiram diyakini bisa membantu melindungi sel saraf otak dari kerusakan akibat stres.

Baca juga  Contoh Jamur Ascomycota Yang Menguntungkan

5. Menjaga Kesehatan Mata

Jamur Tiram

Mata yang sehat sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Nah, kamu bisa memberikan jamur tiram yang mengandung lutein dan zeaxanthin yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat ini bisa membantu melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya dan juga membantu mengurangi risiko katarak pada anak.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Jamur Tiram

Jantung yang sehat juga sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Nah, jamur tiram bisa kamu jadikan alternatif karena mengandung zat polisakarida yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan demikian, risiko penyakit jantung pada anak bisa diminimalkan sejak dini.

Nah, itu dia beberapa manfaat jamur tiram untuk tumbuh kembang anak. Kamu bisa mengkombinasikan jamur tiram dengan sayuran hijau dan lauk lainnya agar asupan gizi untuk anak lebih terpenuhi. Selamat mencoba!

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *