Kencur untuk Obat Batuk August 2022

Kencur untuk Obat Batuk

Kencur untuk obat batuk

Kencur untuk obat batuk –  Pada masa peralihan musim seperti sekarang ini, tubuh menjadi lebih rentan terkena penyakit seperti gangguang pernapasan dan juga batuk. Jika kamu merasa batuk terus menerus, apalagi jika disertai dengan sakit ternggorokan pastinya akan sangat mengganggumu. Pengobatan natural dengan bahan tradisional seperti kencur dapat berkhasiat untuk meredakan batuk.

Lalu apa saja manfaat dari kencur untuk obat batuk dan cara mengolahnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Buah untuk Darah Tinggi

Manfaat Kencur untuk Obat Batuk

kencur untuk obat batuk
Sumber: http://assets.kompas.com/

Kencur merupakan salah satu ragam rempah-rempah yang telah lama digunakan dalam pengobatan herbal. Tanaman ini diandalkan dapat memecahkan berbagai penyakit yang menyebabkan peradangan, seperti rematik, diare, sampai infeksi tenggorokan yang memunculkan batuk.

Kandungan gizi di dalamnya lah yang membuat kencur bermanfaat untuk membantu meredakan batuk yang sedang dialami. Didalam kencur terkandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk membantu melawan peradangan oksidatif yang ada dalam tubuh. Kandungan polifenol inilah yang bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran pernfasan.

Kecuali itu, kencur memiliki sifat antimikroba yang dapat menghambat infeksi berbagai ragam bakteri dan jamur, salah satunya merupakan bakteri Klebsiella pneumoniae yang menyebabkan pneumonia. Kesanggupan kencur dalam menghalau infeksi patogen atau bakteri penyakit ini berasal dari kandungan propolis di dalamnya.

Propolis yang terkandung didalam kencur memiliki manfaat untuk membantu mengatasi batuk dengan cara memperlambat perkembangan patogrn yang akan menginfeksi saluran pernafasan serta meredakan peradangan yang terjadi. Hal itu dikarenakan batuk merupakan salah satu gejala yang muncul akibat dari gangguan saluran pernapasan.

Batuk tersebut dapat terjadi karena ada peradangan pengaruh iritasi tenggorokan maupun infeksi yang menyebabkan pilek, flu, atau penyakit pernafasan lainnya. Jika kencur bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah yang menjadi penyebab batuk, maka gejala tersebut juga bisa teratasi.

Baca juga: Herbal Asam Urat

Resep Herbal Kencur untuk Obat Batuk

kencur untuk obat batuk
Sumber: https://asset.kompas.com/

Dalam pemakaian kencur sebagai salah satu obat alami untuk batuk, kamu bisa mengkonsumsinya langsung atau dengan mengolahnya menjadi berbagai ramuan herbal.

Berikut ini merupakan berbagai cara menerapkan kencur untuk mengobati batuk.

1. Mengunyah Kencur

Kunyahlah sekitar 2 hingga 3 sirung kencur untuk membantu meredakan batukmu. Kamu harus memastikan bahwa kencur sudah sibersihkan dengan air dan juga sudah mengupas semua kulitnya terlebih dahulu.

Kunyah kencur sampai halus tanpa perlu ditelan. Sensasi hangat yang didapat dari mengunyah kencur akan membantumu melegakan tenggorokan dan juga batuk akan mulai mereda.

2. Minum Teh Kencur

Jika kamu merasa tidak betah dengan rasa dari kencur yang cukup menyengat kamu bisa mengkonsumsi air rebusannya saja.

Caranya cukup mudah hanya dengan menumbuk 3 hingga 5 siung kencur hingga halus baru setelah itu tambahkan air hangat. Saring larutan kencur untuk menerima air perasannya. Konsumsilah air perasan ini untuk membantumu meredakan batuk yang sudah berkepanjangan.

Jika masih terasa terlalu menyengat, kamu juga bisa melarutkan teh herbal ke sari dari perasan kencur yang satu ini.

3. Campuran Kencur, Jahe, dan Madu

Kamu juga bisa mencampurkan kencur dengan bahan lainnya yang juga bermanfaat untuk membantu mengatasi batuk, seperti misalnya madu dan juga jahe.

Berikut ini adalah cara lengkapnya untuk mencampurkan kencur, madu, dan juga jahe.

  • Haluskan beberapa siung jahe dan kencur, kemudian larutkan dengan air hangat dan saring untuk mendapatkan sarinya.
  • Untuk bisa mendapatkan sari dari perasan jahe serta kencur, kamu juga bisa merebus jahe dan juga kencur hingga mendidih.
  • Kemudian tambahkan madu ke dalam sari dari perasan kencur. Aduk larutan tersebut sampai merata dan minum.

Baca juga: 5 Cara menghilangkan jerawat dengan lemon secara alami

Campuran kencur dan juga jahe serta madu ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi batuk kering atau bahkan mengurangi batuk berdahak. Hal itu dikarenakan ramuan ini dapat melarutkan lendir yang masih menggumpal di area tenggorokan.

Demikian ulasan lengkap mengenai kencur untuk obat batuk yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah batuk kering atau batuk berdahak. Semoga bermanfaat!