Dolanan Jamuran Yaiku

Posted on

Kalian pernah main Jamuran? Ya, permainan tradisional yang belum banyak dikenal tapi sangat menyenangkan untuk dimainkan. Permainan ini umumnya dimainkan di lingkungan perkampungan di Indonesia. Kamu pernah dengar tentang permainan ini sebelumnya?

Apa itu Jamuran?

Jamuran adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak di banyak lingkungan perkampungan di Indonesia. Permainan ini sangat sederhana dan hanya membutuhkan beberapa batang kayu atau bahan yang sejenisnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menangkap “jamur” dan menghindari “angin”.

Jamuran

Permainan ini dimainkan oleh dua tim dan tiap tim beranggotakan sekitar 3 hingga 7 orang. Tiap tim memiliki tugasnya masing-masing, dimana satu tim akan berperan sebagai “jamur” dan tim lainnya akan berperan sebagai “angin”. Permainan ini dilakukan pada saat tengah malam atau ketika lingkungan sudah gelap.

Bagaimana Cara Bermainnya?

Cara bermainnya sangat mudah. Satu grup akan disebut “jamur” dan grup yang lain akan disebut “angin”. Anggota dari kelompok “jamur” harus berdiri di tumpukan kayu dan bergandengan tangan membentuk satu lingkaran sedangkan kelompok “angin” akan berdiri miring dan mengelilingi para pemain jamur.

Jamuran

Anggota dari kelompok “jamur” wajib bergandengan tangan dan menutup mata mereka. Sementara itu, para pemain dari kelompok “angin” akan berusaha untuk mengetuk pemain dari kelompok “jamur” hingga mereka terjatuh dari susunan kayu tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, permainan ini dimainkan saat malam hari sehingga suasana bisa dimatikan lampu sama sekali agar lebih meriah dan menarik. Pemain “jamur” diharapkan mampu melindungi diri dari serangan “angin” dan tetap bertahan di atas kayu.

Baca juga  Cara Menyimpan Tas Agar Tidak Berjamur

Mau Mencoba Bermain Jamuran? Ini Dia Caranya

Bagi kalian yang ingin mencoba bermain jamuran tapi tidak tahu caranya, berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan:

  • Sekitang 6 batang kayu atau bahan sejenisnya
  • Grup pemain dalam jumlah yang dibutuhkan
  • Tempat bermain yang aman dan jauh dari lalu lintas kendaraan
  • Suasana malam yang gelap agar lebih menarik

Jangan lupa untuk memilih kelompok yang terdiri dari teman-teman yang paling dekat agar semakin seru dan menarik. Selain itu, pastikan juga bahwa lingkungan bisa aman dan terhindar dari segala bentuk kejahatan selama permainan berlangsung.

Kesimpulan

Jamuran adalah permainan tradisional unik yang sangat menyenangkan dan menantang. Hal yang paling menyenangkan dari permainan ini adalah bagaimana setiap pemain harus berusaha untuk melindungi diri dan tetap bertahan di atas kayu. Permainan ini benar-benar memberikan pengalaman yang berbeda dan tidak seperti permainan lainnya.

Bagi kalian yang ingin mencoba bermain jamuran, jangan ragu untuk mengumpulkan teman-teman kalian dan mencobanya malam ini. Pastikan kalian mencari tempat yang aman dan jangan lupa bahagia dan menikmati setiap momen indahnya sambil bermain jamuran.

Temukan artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *