Contoh Jamur Makroskopis

Posted on

Jamur merupakan organisme yang sangat menarik untuk dipelajari karena memiliki struktur tubuh yang sangat beragam dan unik. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai 10 struktur tubuh jamur beserta gambar dan penjelasannya secara lengkap.

Jaringan Hifa

Jaringan Hifa

Jaringan Hifa merupakan sekelompok benang halus yang membentuk tubuh jamur. Namun, jaringan hifa biasanya tidak terlihat dengan mata telanjang. Hifa terdiri dari sel-sel jamur yang terhubung satu sama lain dan membentuk rangkaian seperti jaring. Selain itu, saling berdekatan antara hifa membuatnya mudah terlihat seperti jaringan simplex.

Tangkai

Tangkai

Tangkai merupakan seutas batang panjang, ramping, dan menonjol yang menopang bagian atas tubuh jamur seperti cap dan tudung. Tangkai pada jamur bisa sangat beragam ukuran, dari yang sangat panjang hingga yang sangat pendek.

Cap atau Tudung

Cap atau Tudung

Cap atau tudung merupakan bagian tubuh jamur yang menutupi tubuh bagian atas dari tangkai. Biasanya, bentuknya seperti payung atau kerucut, dan memiliki warna yang beragam, tergantung jenis jamur. Cap sangat penting bagi jamur karena dapat melindungi jaringan reproduksi dari cuaca atau lingkungan yang tidak sesuai.

Gill

Gill

Gill adalah struktur berbentuk seperti lembaran atau bilah pada bagian bawah cap atau tudung. Gulungan gill berfungsi sebagai tempat bagi sel-sel jamur yang menghasilkan spora. Spora ini akan terlepas dari jamur dan tersebar di sekitarnya untuk menghasilkan lebih banyak jamur.

Spora

Spora

Spora adalah sel jamur yang menempel pada jaringan reproduksi dan berfungsi sebagai alat reproduksi seksual dari jamur. Spora terbentuk ketika kontak di antara dua sel jamur, yang kemudian akan tumbuh menjadi benang hifa baru dan kemudian membentuk tubuh jamur baru.

Baca juga  Cara Mengatasi Tembok Lembab Dan Berjamur

Rhizomorph

Rhizomorph

Rhizomorph adalah jenis hifa yang lebih panjang dan lebih tebal dibandingkan dengan hifa biasa. Rhizomorph biasanya terlihat seperti akar dan membentuk jaringan yang sangat padat dan rapi. Rhizomorph bertanggung jawab untuk memindahkan nutrisi dari satu tempat ke tempat lain pada tubuh jamur.

Sporangium

Sporangium

Sporangium adalah struktur reproduksi yang terbentuk pada bagian ujung hifa. Sporangium berisi spora yang kemudian menyebar ke lingkungan sekitarnya untuk membentuk jamur baru. Beberapa jenis jamur menggunakan sporangium sebagai alat reproduksi aseksual.

Pseudoparasi

Pseudoparasi

Pseudoparasi adalah jenis jamur yang memanfaatkan organisme hidup lain sebagai inangnya. Pseudoparasi tidak merusak inangnya, namun mengambil nutrisi dari inangnya dan mirip dengan parasit. Karena itu, Pseudoparasi sering disebut “parasit jamur” daripada “jamur parasit”.

Kelompok Sel

Kelompok Sel

Kelompok Sel adalah bentuk struktur tubuh jamur yang kompleks. Struktur ini terbentuk ketika benang hifa yang berbeda-beda bergabung dan memproduksi beberapa sel baru. Kelompok Sel biasanya ditemukan pada jamur tertentu seperti jamur kancing dan jamur merang.

Haustorium

Haustorium

Haustorium adalah struktur khusus yang digunakan oleh jamur untuk menembus atau menekan jaringan tumbuhan untuk mencuri sumber daya. Haustorium berbentuk seperti alat pengisap atau “penyedot” yang dilengkapi dengan cara khusus untuk mengekstrak nutrisi dari tumbuhan yang ditargetkan.

Semua struktur tubuh yang ada pada jamur memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Dalam mempelajari jamur, perlu memahami struktur tubuh yang unik dan beragam tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai jamur dalam bidang biologi.

Temukan postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *