Bonsai Sancang Mame Juara

Posted on

Ini nih contoh bonsai yang membuat kita terpesona banget.
Kalau lihat dari foto di atas, kayaknya gampang bikinnya ya?
Eh tapi, jangan salah dulu! Ini bukan sembarang bonsai, ini adalah Mame Bonsai.

Apa sih Mame Bonsai?

Mame Bonsai adalah Bonsai yang sangat kecil, bahkan lebih kecil dari Bonsai Shohin yang sudah terkenal itu loh. Ukurannya hanya sekitar 5 centimeter sampai 10 centimeter saja, yay! Mame sendiri artinya kacang-kacangan dalam bahasa Jepang.

Mame Bonsai

Meskipun ukurannya kecil, tetapi proses pembuatannya sama seperti bonsai-bonsai pada umumnya. Dalam arti, tetap memerlukan perawatan dan pengetahuan yang cukup untuk menghasilkan bonsai yang indah.

Bagaimana Membuatnya?

Untuk membuat bonsai super mini ini, pintar-pintar memilih jenis tanaman dan menerapkan teknik pruning (memotong daun dan ranting) yang tepat. Semua bagian tumbuhan harus senantiasa dijaga kebersihannya. Selain itu harus dipindahkan ke dalam keranjang khusus yang biasa disebut tokoname pada awal pertumbuhannya.

Mame bonsai selain ditanam di dalam pot atau wadah biasa, juga ditempatkan di dalam toples yang dipotong kecil untuk memfasilitasi perawatan yang optimal. Jangan terlalu banyak memberi air pada tanaman bonsai Anda, khususnya ketika mereka masih dalam tahap pertumbuhan. Selalu hadirkan sinar matahari yang cukup untuk menjamin pertumbuhan yang optimal. Untuk nutrisi dapat diberikan pupuk atau kompos yang cukup, namun tidak berlebihan.

Banyak hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat bonsai super mini alias Mame Bonsai ini, namun semua usaha itu terbayar ketika kita berhasil membuat bonsai yang indah dan unik.

So, jangan takut untuk mencoba membuat jenis Bonsai yang satu ini!
Yuk kita coba bikin mame bonsai yang keren, siapa tahu gak hanya indah dilihat, tapi juga bisa jadi hobi yang bermanfaat.

Baca juga  Asoka Bonsai

Baca artikel lainnya tentang Bonsai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *