Usaha Keripik Kentang

Posted on

Keripik kentang balado memang menjadi camilan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain enak rasanya, keripik kentang balado juga memiliki aroma yang khas dan membuat lidah kita bergoyang. Tidak heran jika ternyata saat ini bisnis keripik kentang balado sedang booming di Indonesia. Banyak pengusaha yang memanfaatkan peluang ini untuk memulai bisnis keripik kentang balado.

Keuntungan Bisnis Keripik Kentang Balado

keripik kentang balado

Bisnis keripik kentang balado menjanjikan keuntungan yang cukup besar, apalagi jika Anda mampu mengembangkannya dengan baik. Selain harga jual yang cukup mahal, keuntungan melakukan bisnis keripik kentang balado adalah Anda dapat memproduksinya dengan sistem rumahan atau skala rumah tangga. Dengan begitu, modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar dan bisa mengurangi biaya produksi.

Keuntungan lain dari bisnis keripik kentang balado adalah jenis makanan yang satu ini memiliki daya tahan lama yang cukup lama. Artinya, Anda dapat menyimpannya dalam jangka waktu yang cukup panjang namun tidak merusak rasa dari keripik kentang balado tersebut. Hal inilah yang membuat keripik kentang balado memiliki peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Pasar untuk keripik kentang balado pun sangat masif, dari anak-anak hingga orang dewasa, semua gemar memakan keripik kentang balado.

Selain itu, berbisnis keripik kentang balado bukanlah tugas yang sulit. Anda tidak memerlukan keahlian teknis yang tinggi, cukup modal awal dan kemampuan memasarkan produk Anda yang baik. Dengan modal yang minimal Anda bisa memulai berbisnis keripik kentang balado dan mendapatkan untung dari bisnis ini.

Baca juga  Struktur Bawang Merah

Analisa Usaha Bisnis Keripik Kentang Balado

keripik kentang balado

Namun, sebelum Anda memulai bisnis keripik kentang balado, Anda harus melakukan analisa usaha terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu dianalisa antara lain:

  • Pasar yang dituju
  • Produk yang dihasilkan
  • Pemilihan bahan baku yang berkualitas
  • Strategi marketing
  • Target penjualan

Penting untuk mencari tahu terlebih dahulu pasar yang akan Anda tuju. Apakah pasar di daerah Anda cukup besar untuk memasarkan produk Anda? Jika tidak, mungkin terdapat peluang untuk memasarkan produk Anda secara online atau memperluas area pemasaran Anda.

Selain pasar, Anda juga harus memperhatikan jenis produk yang akan Anda hasilkan. Ada banyak sekali variasi keripik kentang balado yang bisa dibuat. Anda bisa mencoba variasi rasa, ukuran atau ketebalan keripik kentang balado agar pembeli dapat memilih variasi yang mereka sukai.

Untuk bahan baku, Anda harus memilih produk kentang dengan kualitas terbaik. Pilih kentang yang empuk dan berair agar keripik yang dihasilkan tidak terlalu keras atau mudah rapuh. Selain itu, bahan baku lain seperti bumbu balado juga harus diperhatikan.

Pemasaran juga menjadi faktor yang sangat penting dalam bisnis keripik kentang balado. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk Anda atau memberikan sample gratis pada pelanggan potensial. Anda juga bisa bekerja sama dengan toko-toko atau warung-warung disekitar pusat kota agar produk Anda lebih dikenal oleh masyarakat.

Target penjualan juga perlu diperhatikan. Hitunglah jumlah target penjualan Anda setiap bulannya atau setiap minggu. Target penjualan dapat membantu Anda mengontrol produksi dan bisa membantu Anda lebih fokus pada tujuan bisnis Anda.

Strategi Promosi

keripik kentang balado

Setelah melakukan analisa usaha dan menetapkan target yang ingin dicapai, Anda harus memikirkan strategi promosi untuk memasarkan produk Anda. Berikut adalah beberapa strategi promosi yang bisa Anda terapkan:

Baca juga  Mina Cabai
  1. Social Media
  2. Media sosial dapat menjadi cara yang efektif untuk memasarkan produk Anda. Buatlah sebuah halaman khusus untuk produk Anda dan mulai promosikan dengan membagikan foto atau video tentang produk Anda.

  3. Pemasangan Poster atau Baliho
  4. Cara ini cukup efektif terutama jika Anda ingin menargetkan daerah tertentu. Pastikan poster atau baliho yang dipasang menunjukkan informasi yang lengkap dan jelas tentang produk Anda serta cara menghubungi.

  5. Pedagang Keliling
  6. Anda bisa menggunakan layanan pedagang keliling untuk menawarkan produk Anda. Sebagian besar pedagang keliling sudah memiliki pasar dagangan yang mapan sehingga kemungkinan besar banyak orang yang melihat produk Anda.

  7. Promosi Gratisan
  8. Berikan sample gratis produk Anda pada calon pelanggan. Strategi ini cukup efektif untuk memberikan pengalaman pada pelanggan tentang produk Anda.

Cara Membuat Keripik Kentang Balado

keripik kentang balado

Berikut adalah resep cara membuat keripik kentang balado dengan bumbu yang pas dan tentunya enak rasanya.

Bahan-bahan

  • 1 kg kentang
  • 50 gram tepung beras
  • 1 sdt air kapur sirih
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu Balado

  • 10 buah cabe rawit
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

  1. Siapkan kentang, cuci dan kupas kulitnya. Kemudian potong tipis-tipis menggunakan alat penggiling manual atau mesin pengiris kentang.
  2. Setelah itu, rendam kentang dalam larutan air kapur sirih kurang lebih 30 menit agar kentang tidak mudah berubah warna dan empuk.
  3. Selanjutnya, tiriskan kentang dan taburi tepung beras dan garam secukupnya. Aduk rata hingga tepung tercampur merata pada kentang.
  4. Panaskan minyak dalam wajan yang cukup banyak. Goreng kentang dalam minyak panas hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  5. Untuk bumbu balado, iris cabe, bawang merah dan bawang putih. Lalu tumis di dalam wajan yang telah dipanaskan dengan minyak goreng.
  6. Setelah itu, masukkan garam dan gula pasir. Aduk rata hingga bumbu matang. Angkat bumbu dan campurkan dengan kentang goreng yang telah di tiriskan.
  7. Aduk rata dan keripik kentang balado siap dihidangkan.

Kesimpulan

keripik kentang balado

Bisnis keripik kentang balado merupakan peluang yang sangat menggiurkan. Keripik kentang balado mempunyai pasar yang sangat besar di Indonesia dan rasanya yang enak membuat banyak orang ketagihan. Peluang ini dapat dimanfaatkan untuk memulai bisnis yang murah dan menguntungkan. Dengan melakukan analisa usaha, memilih bahan baku yang berkualitas, dan strategi promosi yang tepat, Anda bisa membuka peluang usaha keripik kentang balado di daerah Anda dan meraih kesuksesan dalam berbisnis.

Simak tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *