Suhu Untuk Menetaskan Telur Ayam

Posted on

Kalian tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menetaskan telur Ayam Brahma, bukan? Telur ini memang terkenal dengan ukurannya yang besar dan rasanya yang kaya. Namun, agar telur tersebut menetas dengan baik, kalian harus mengikuti 3 cara berikut ini.

Memilih Telur yang Baik

Mesin Tetas Telur

Pertama-tama, pastikan kalian memilih telur yang baik. Untuk mengetahuinya, lihatlah ukuran, bentuk, dan beratnya. Telur yang baik biasanya memiliki ukuran yang besar, bentuk yang bulat, dan beratnya lebih dari 50 gram. Selain itu, pastikan juga tidak ada retakan atau kerusakan pada kulit telur.

Setelah kalian memilih telur yang baik, tempatkan di dalam wadah dengan suhu 20-25°C dan kelembapan 70-80%. Ingat untuk tidak mengguncang telur saat memindahkannya ke dalam wadah, karena dapat merusak janin di dalamnya.

Menciptakan Lingkungan yang Baik

Lingkungan Menetaskan Telur

Kedua, ciptakan lingkungan yang baik untuk menetaskan telur. Caranya, kalian bisa menggunakan mesin tetas telur atau membuat inkubator sendiri. Jika menggunakan mesin tetas, pastikan suhu dan kelembapan diatur dengan baik sesuai dengan rekomendasi yang tertera pada mesin tersebut. Sedangkan jika membuat inkubator sendiri, pastikan memiliki sumber panas seperti lampu pijar dan pengatur suhu.

Selain itu, lingkungan untuk menetaskan telur harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Kalian bisa membuat lubang pada inkubator atau membuka penutup mesin tetas secara berkala untuk menghindari penumpukan karbondioksida di dalamnya.

Merawat Telur dengan Baik

Merawat Telur Menetaskan

Ketiga, rawat telur dengan baik selama masa inkubasi. Pastikan suhu dan kelembapan dijaga dengan stabil, dan telur tidak terlalu sering diganggu atau dipindahkan. Periksa juga telur secara berkala untuk memastikan masih ada pergerakan janin di dalamnya.

Baca juga  Analisis Usaha Ayam Petelur

Jika ingin mengetahui apakah telur telah siap menetas atau belum, kalian bisa melakukan tes dengan cara merontokkan telur ke dalam air hangat. Telur yang sudah matang akan tenggelam ke dasar, sedangkan telur yang masih mentah akan mengapung.

Dengan mengikuti 3 cara di atas, kalian dapat menyediakan telur Ayam Brahma yang sehat dan enak. Selamat mencoba!

Simak artikel lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *