Resep Keripik Bayam Tidak Berminyak

Posted on

Bayam merupakan sayur yang cukup populer di Indonesia. Peluang bisnis dari sayuran yang diolah menjadi camilan juga sudah cukup menjanjikan, seperti kripik bayam ini. Camilan yang renyah, gurih, dan tahan lama ini menjadi alternatif camilan yang sehat dan lezat.

Cara Membuat Kripik Bayam Gurih Renyah & Tahan Lama

Untuk membuat kripik bayam, ada beberapa bahan dan langkah-langkah yang perlu diikuti. Berikut penjelasannya:

Bahan-bahan:

  1. 250 gr bayam segar
  2. 1 sdt garam
  3. 1 sdt kaldu bubuk (rasa ayam)
  4. 1/2 sdt gula pasir
  5. 1/4 sdt lada bubuk
  6. 100 gr tepung tapioka
  7. 200 ml air
  8. Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Cuci bersih bayam. Potong batangnya dan buang bagian akarnya.
  2. Rebus air dalam panci hingga mendidih lalu masukkan bayam. Tunggu hingga bayam terlihat layu, keluarkan dari panci dan tiriskan.
  3. Campurkan 1 sdt garam, 1 sdt kaldu bubuk (rasa ayam), 1/2 sdt gula pasir, dan 1/4 sdt lada bubuk dalam sebuah wadah.
  4. Masukkan tepung tapioka dan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur rata.
  5. Siapkan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang-kecil.
  6. Setelah minyak panas, celupkan bayam ke dalam adonan tepung tapioka lalu goreng di dalam minyak panas hingga kering dan renyah.
  7. Ambil kripik bayam dan tiriskan minyak berlebihan
  8. Sajikan kripik bayam gurih dan renyah dalam porsi yang disukai.

Demikianlah cara membuat kripik bayam gurih dan renyah. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai tips agar kripik bayam tahan lama dan tetap renyah.

Baca juga  Resep Brokoli Putih

Tips Membuat Kripik Bayam Tahan Lama

Setelah membuat kripik bayam, menjaga kripik agar tahan lama tetap menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan mengikuti tips-tips berikut, Anda dapat menjaga kripik bayam tetap tahan lama dan renyah selama mungkin:

1. Pastikan bayam benar-benar layu

Sebelum bayam dia masukkan ke dalam adonan, pastikan bayam sudah layu secara merata. Bayam yang masih segar akan membuat kripik kelembutan dan tidak renyah, sehingga kripik mudah hancur dan tak tahan lama.

2. Goreng kripik dalam minyak panas

Sebelum menggoreng kripik, panaskan minyak dalam pokok hingga benar-benar panas. Kripik yang digoreng dalam minyak panas akan membuat kripik lebih renyah dan tahan lama.

3. Tiriskan minyak berlebihan

Setelah selesai menggoreng, pastikan kripik ditiriskan dari minyak berlebihan. Minyak dalam kripik yang terlalu banyak akan membuat kripik mudah lembab dan tidak tahan lama.

4. Simpan kripik dalam wadah yang bersih dan kering

Jangan lupa untuk menyimpan kripik dalam wadah yang bersih dan kering. Kripik yang terkena udara yang lembab bisa membuat kripik menjadi lunak dan keriput, sangat tidak renyah dan tidak tahan lama.

Dengan mengikuti tips di atas, kami harap kripik bayam buatan Anda dapat tahan lama dan tetap renyah sehingga Anda bisa menikmatinya kapan saja tanpa kekhawatiran.

Kripik bayam

Kesimpulan

Membuat kripik bayam gurih renyah dan tahan lama tidaklah sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah ditemukan di pasar. Ketika Anda berhasil membuat kripik bayam renyah dan tahan lama, Anda dapat menjadikan camilan ini sebagai pilihan camilan yang sehat dan lezat. Selamat mencoba!

Simak tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Baca juga  Bawang Merah Birma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *