Resep Ayam Sisit

Posted on

Halo semua, siapa yang suka masakan Indonesia? Hari ini saya ingin membagikan sebuah resep yang mungkin bisa menjadi alternatif untuk berbuka puasa nanti. Resepnya adalah Ayam Pelalah atau lebih dikenal dengan nama Ayam Sisit.

Apa itu Ayam Pelalah?

Ayam Pelalah atau Ayam Sisit adalah salah satu makanan khas Bali. Ayam Pelalah ini berasal dari daerah Bali Timur yang terkenal dengan rasa pedasnya. Ayam Pelalah ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan lauk-pauk lainnya.

Ayam Pelalah

Untuk membuat Ayam Pelalah ini, bahan-bahannya sangat mudah ditemukan dan tidak sulit untuk dipraktekkan dirumah.

Bahan-bahan untuk Ayam Pelalah

1. 1 ekor ayam kampung
2. 10 cabai rawit (atau sesuai selera)
3. 5 buah cabai merah besar
4. 1 buah tomat
5. 5 buah bawang merah
6. 3 siung bawang putih
7. 2 lembar daun jeruk
8. 2 lembar daun salam
9. 2 ruas lengkuas
10. 1 sdt terasi
11. 3 sdm minyak goreng
12. Gula pasir, garam, dan kaldu ayam secukupnya

Bahan bahan Ayam Pelalah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan ayam. Kemudian potong sesuai dengan selera dan goreng hingga matang. Setelah itu, ambil mangkuk lalu hancurkan cabai rawit, cabai merah, tomat, bawang merah, bawang putih, dan terasi hingga halus menggunakan cobek atau blender. Jangan lupa tambahkan gula pasir, garam, dan kaldu ayam secukupnya.

Ayam goreng

Setelah itu, panaskan minyak goreng dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Tumis hingga bumbu matang dan harum. Kemudian masukkan ayam yang sudah digoreng tadi kedalam tumisan bumbu. Aduk perlahan agar bumbu merata dan masak hingga air bumbu mengering dan terlihat kering. Ayam Pelalah siap disajikan.

Baca juga  Kurung Ayam

Ayam Pelalah siap disajikan

Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk membuat Ayam Pelalah ini? Selamat mencoba dan semoga bisa menjadi alternatif untuk menu berbuka puasa nanti. Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah ya. Selamat mencoba!

Temukan tulisan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *