Laporan Praktikum Pembuatan Telur Asin

Posted on

Jurnal pembuatan telur asin merupakan sebuah studi pangan yang membahas mengenai proses pembuatan telur asin secara manual maupun menggunakan mesin. Telur asin merupakan salah satu makanan yang telah dikenal sejak lama dan dianggap sebagai makanan tradisional di Indonesia. Telur asin memiliki cita rasa yang khas dan umumnya lebih tahan lama dibandingkan dengan telur biasa.

Proses Pembuatan Telur Asin

Proses Pembuatan Telur Asin

Proses pembuatan telur asin dimulai dengan mempersiapkan telur ayam yang masih segar. Telur- telur ayam tersebut kemudian dicuci bersih dan direbus dalam air mendidih selama kurang lebih 5-10 menit. Setelah itu, air rebusan telur tersebut dibuang dan telur direndam dalam larutan garam atau larutan kapur sirih selama kurang lebih 10-14 hari.

Sepanjang masa perendaman, air yang digunakan untuk merendam telur harus diganti setiap hari untuk menghindari pembusukan telur. Pada akhir masa perendaman, telur kemudian dicuci bersih kembali dan siap untuk dijual atau dikonsumsi.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Mesin pada Proses Pembuatan Telur Asin

Mesin Pembuat Telur Asin

Proses pembuatan telur asin saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Sangat banyak sekali mesin-mesin industri yang dapat digunakan untuk membantu mempercepat proses pembuatan telur asin. Namun, mesin-mesin tersebut juga memiliki keuntungan dan kerugian yang perlu dipertimbangkan.

Salah satu keuntungan menggunakan mesin pada proses pembuatan telur asin adalah dapat mempercepat proses produksi dan kurang mengandalkan tenaga manusia. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi industri kecil yang memproduksi telur asin dalam jumlah besar. Selain itu, mesin-mesin tersebut dapat menghasilkan telur asin dengan ukuran yang seragam dan standar, sehingga penggunaannya cenderung lebih praktis.

Baca juga  Pengertian Daging Ayam

Namun, mesin yang digunakan pada proses pembuatan telur asin juga memiliki beberapa kerugian. Salah satunya adalah harga mesin yang iritasi di kantong bagi para pelaku usaha kecil. Selain itu, mesin tersebut juga bisa menghasilkan telur asin dengan kualitas yang jauh dari yang diinginkan. Selain itu, mesin ini butuh pelatihan yang cukup lama jika ingin menghasilkan telur asin dengan kualitas yang baik.

Kesimpulan

Pembuatan telur asin merupakan sebuah proses yang memerlukan ketelatenan, kesabaran dan keterampilan. Namun, dengan adanya mesin-mesin industri yang tersedia saat ini, proses pembuatan telur asin juga menjadi lebih mudah dan praktis. Meski demikian, perlu diingat bahwa penggunaan mesin-mesin tersebut harus dilakukan dengan bijak dan mempertimbangkan berbagai keuntungan dan kerugian yang ada.

Baca tulisan lainnya seputar Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *