Kebun Jagung Manis

Posted on

Jagung manis memang menjadi salah satu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Karena kandungan gulanya yang tinggi, jagung manis bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan yang enak dan menggugah selera. Namun, tahukah kamu cara memanen jagung supaya tongkolnya lebih besar dan berkualitas?

Cara Menanam Jagung Manis di Kebun

Jagung Manis

Sebelum kamu memanen jagung, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu saat menanam jagung supaya kulit jagungnya tebal dan menghasilkan tongkol jagung yang besar dan berkualitas. Berikut ini cara menanam jagung manis di kebun:

  1. Pilihlah bibit jagung yang berkualitas dan cocok dengan lingkungan tempat kamu menanam jagung. Pilih bibit jagung yang sehat, cukup besar, dan tidak cacat.
  2. Siapkan lahan pertanian yang cocok untuk menanam jagung. Lahan yang cocok untuk menanam jagung adalah lahan yang cukup gembur, subur, dan terhidrasi dengan baik.
  3. Tanam bibit jagung dengan jarak antar tanam sekitar 60-70 cm. Tanam bibit jagung dalam baris dengan jarak antar baris sekitar 75-90 cm.
  4. Jaga kelembaban tanah dengan penyiraman yang teratur.
  5. Setelah beberapa hari, bibit jagung akan mulai tumbuh. Beri pupuk yang mengandung nitrogen pada saat tanaman jagung mencapai tinggi 45-50 cm.
  6. Jika serangan hama atau penyakit menyerang, lakukan tindakan preventif seperti penyemprotan pestisida atau fungisida.
  7. Tanaman jagung siap dipanen ketika tongkol jagung sudah matang atau cukup mengeras.

Cara Memanen Jagung Manis

Jagung Manis

Setelah menunggu beberapa waktu, saatnya untuk memanen jagung manis. Berikut ini cara memanen jagung manis yang benar:

  1. Panenlah jagung manis pada pagi atau sore hari, karena pada waktu ini tingkat kelembaban udara cenderung lembap dan jagung masih dalam keadaan segar.
  2. Potong tongkol jagung bagian pangkal dengan menggunakan pisau yang tajam.
  3. Bersihkan tongkol jagung dari dedaunan dan rumbai-rumbai jagung yang masih menempel pada tongkol jagung. Jangan melepas kulit jagung pada saat membersihkan tongkol jagung.
  4. Segera simpan jagung manis yang sudah dipanen pada ruangan yang bersuhu dingin, dengan suhu antara 5-7 derajat Celcius. Dalam waktu kurang lebih 1-2 hari jagung akan matang sempurna dan siap untuk diolah menjadi makanan kesukaanmu.
Baca juga  Snack Jagung Indomaret

Demikianlah cara menanam jagung manis di kebun supaya tongkolnya lebih besar dan cara memanen jagung manis yang benar. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang suka bercocok tanam. Selamat mencoba!

Baca postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *