Jenis Jenis Kentang

Posted on

Hai teman-teman, kali ini kita bakal bahas tentang kentang. Siapa sih yang nggak kenal sama kentang? Bahan makanan yang satu ini memang sudah sangat populer dan seringkali menjadi menu andalan bagi banyak orang saat makan siang atau malam.

Kentang Putih

Kentang Putih

Kentang putih menjadi jenis kentang yang paling banyak ditemui di pasaran. Rasa kentang putih ini lembut, empuk dan tidak terlalu manis. Kentang putih ini biasa digunakan sebagai bahan masakan seperti kroket, nasi goreng ataupun olahan lainnya.

Kentang Merah

Kentang Merah

Selanjutnya ada kentang merah. Kalian pasti sering melihat kan kentang merah di supermarket atau di pasar. Kentang merah ini memiliki kulit yang berwarna merah tua dan daging kentang yang lebih empuk, manis dan lebih moist. Biasanya kentang merah ini digunakan untuk menu-menu penutup seperti kue, donat atau pai.

Kentang Kuning

Kentang Kuning

Kentang kuning memiliki daging yang lebih empuk dan lembut dibandingkan kentang putih. Rasanya yang lebih manis membuat kentang kuning ini cocok digunakan sebagai bahan tambahan di dalam sup atau soto. Selain itu, kentang kuning juga dapat diolah menjadi keripik kentang.

Kentang Ungu

Kentang Ungu

Kentang ungu memiliki kulit yang berwarna keunguan sekaligus daging kentang berwarna ungu muda. Meskipun rasanya tidak terlalu berbeda dari kentang putih, namun kentang ungu memiliki kandungan antioksidan dan serat yang lebih tinggi. Kentang ungu biasa digunakan untuk membuat keripik kentang dan cireng.

Kentang Hitam

Kentang Hitam

Kentang hitam merupakan jenis kentang langka yang memiliki kulit hitam dan daging putih yang sedikit unik. Bentuknya yang lebih lonjong dan lebih besar dibandingkan kentang biasanya membuat kentang hitam terkesan eksotik. Kentang hitam ini biasa digunakan sebagai bahan masakan khas Indonesia seperti sayur lodeh ataupun untuk membuat olahan kentang goreng berbumbu rempah.

Baca juga  Potongan Timun

Nah, itulah dia lima jenis kentang yang wajib kalian ketahui. Selain memiliki rasa yang berbeda, masing-masing jenis kentang ini memiliki karakteristik kulit dan daging yang unik. Yuk, kita coba masak menu-menu dengan beragam jenis kentang ini dan nikmati sensasi rasanya.

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *