Crd Pada Ayam

Posted on

Hai, semua orang! Kalian tahu gak kalau ternak ayam itu gampang-gampang susah ya, apalagi kalau tiba-tiba ayam kesayangan kamu sakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang ayam itu adalah berak hijau. Nah, ayo kita belajar bareng-bareng gimana cara memeriksa dan mengobati ayam yang terkena penyakit berak hijau.

Berak Hijau Pada Ayam

Penyakit berak hijau pada ayam disebabkan oleh bakteri yang disebut dengan Escherichia Coli (E. Coli). Penyakit ini menyerang usus ayam dan menyebabkan diare, yang ditandai dengan kotoran yang berwarna hijau. Kotoran ayam yang sehat seharusnya berwarna coklat kehijauan dan padat.

Berak Hijau Pada Ayam

Jika kamu melihat ayam kamu mengeluarkan kotoran berwarna hijau, sebaiknya kamu segera memeriksanya. Cek kondisi kesehatan ayam secara keseluruhan, apakah ayam terlihat lesu dan kurang nafsu makan. Jika ya, kemungkinan besar ayam kamu terkena penyakit berak hijau.

Cara Mengobati Ayam Terkena Berak Hijau

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memisahkan ayam yang terkena penyakit dari ayam lainnya. Hal ini penting dilakukan agar penyakit tidak menyebar ke ayam yang sehat. Selanjutnya, periksa kondisi ayam kamu secara keseluruhan. Cek apakah ayam kamu mengalami gejala lain, seperti demam atau infeksi saluran napas.

Mengobati Ayam Terkena Berak Hijau

Jika kamu tidak yakin dengan kondisi ayam kamu, sebaiknya kamu bawa ke dokter hewan untuk diperiksa. Dokter hewan akan memberikan obat yang sesuai dengan kondisi ayam kamu. Namun, jika kamu ingin mencoba mengobati ayam sendiri, kamu bisa memberikan obat antibakteri yang dapat dibeli di toko hewan.

Baca juga  Lagu Daerah Ayam Den Lapeh

Selain memberikan obat antibakteri, kamu juga perlu memberikan makanan yang mudah dicerna untuk ayam kamu. Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi dan rendah protein. Berikan juga suplemen vitamin dan mineral untuk memperkuat imunitas ayam dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Pencegahan Berak Hijau Pada Ayam

Agar ayam kamu tidak terkena penyakit berak hijau, terdapat beberapa langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan. Pertama, pastikan ayam kamu hidup di lingkungan yang bersih dan kering. Jaga kebersihan kandang dan ganti serutan atau jerami secara berkala.

Pencegahan Berak Hijau Pada Ayam

Kedua, pastikan ayam kamu mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi. Sediakan air bersih yang cukup untuk mereka minum. Ketiga, vaksinlah ayam kamu secara rutin untuk melindungi mereka dari penyakit yang mungkin menyerang.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai penyakit berak hijau pada ayam dan cara mengobatinya. Ingatlah bahwa ayam adalah hewan yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Jangan lupa selalu jaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar agar ayam kamu sehat dan tidak mudah sakit. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di artikel berikutnya, ya!

Temukan tulisan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *