Jenis Batang Kangkung

Posted on

Kangkung adalah tanaman yang cukup populer di Indonesia. Banyak orang menanam kangkung sebagai sayuran di rumah. Namun, bagaimana jika kamu tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk menanam kangkung? Solusinya adalah kamu bisa menanam kangkung darat di polybag.

Langkah-langkah Menanam Kangkung Darat di Polybag

Gambar Kangkung Darat di Polybag

Berikut adalah langkah-langkah menanam kangkung darat di polybag:

  1. Persiapkan bibit kangkung dan polybag yang sudah diisi dengan tanah campuran pupuk dan kompos.
  2. Buatlah lubang di polybag yang sudah diberi campuran tanah, pupuk, dan kompos. Lubang tersebut sebaiknya dibuat setinggi 5-10 cm dari dasar polybag.
  3. Letakkan bibit kangkung di dalam lubang yang sudah dibuat.
  4. Tutup lubang dengan tanah dan tekan-tekan agar bibit kangkung dapat menempel dengan baik pada tanah.
  5. Siram bibit kangkung dengan air secukupnya. Usahakan agar air tersebut tidak mengenai daun kangkung, tetapi hanya mengenai akar.
  6. Taruh polybag yang sudah ditanam bibit kangkung di tempat yang cukup mendapat cahaya matahari. Usahakan agar polybag tersebut tidak terlalu banyak terkena sinar matahari langsung karena dapat mengakibatkan kering pada tanah dan daun kangkung.
  7. Secara rutin siram bibit kangkung dengan air secukupnya dan beri pupuk yang cukup.

Dalam waktu 3-5 minggu, bibit kangkung yang ditanam di polybag akan tumbuh dengan baik. Kamu bisa memanen daun kangkung yang sudah cukup untuk dimakan dan menunggu daun kangkung lainnya tumbuh kembali. Jika ingin menambah jumlah kangkung yang ingin ditanam, kamu bisa menyiapkan polybag baru dan menanamnya dengan cara yang sama seperti di atas.

Baca juga  Orak Arik Kembang Kol

Keuntungan Menanam Kangkung Darat di Polybag

Gambar Kangkung Darat di Polybag

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menanam kangkung darat di polybag:

  • Tanaman kangkung darat yang ditanam di polybag lebih mudah untuk dirawat dan dilindungi dari hama. Kamu tidak perlu khawatir tanaman kangkungmu dimakan oleh hewan pengganggu.
  • Bila kamu memiliki lahan yang terbatas, menanam kangkung darat di polybag bisa menjadi solusinya. Kamu bisa menempatkan polybag tersebut di teras, balkon, atau halaman rumahmu yang memiliki cukup sinar matahari.
  • Menanam kangkung di polybag bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan juga bisa menjadi alternatif penghasilan karena bisa dijual ke tetangga atau ke pasar.

Kesimpulan

Menanam kangkung darat di polybag tidaklah sulit dan bisa dipraktikkan di rumahmu. Dengan menanam kangkung di polybag, kamu bisa menghemat banyak lahan dan bisa memanen kangkung kapanpun yang kamu inginkan. Selain itu, menanam kangkung di polybag juga bisa menjadi alternatif penghasilan kamu karena bisa dijual ke pasar atau tetangga. Jadi, mulailah menanam kangkung di polybag hari ini dan nikmati keuntungannya!

Temukan artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *