Gulai Terong Kacang Panjang

Posted on

Hai semua! Hari ini aku ingin berbagi resep yang pasti akan menarik selera kamu yaitu Gulai Kacang Panjang. Rasanya yang gurih dan pedas ini akan membuat siapa saja tergoda untuk mencobanya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Gulai Kacang Panjang ini antara lain:
– 300 gram kacang panjang
– 200 ml santan kelapa
– 3 buah cabai merah besar
– 5 buah cabai rawit merah
– 5 siung bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 1 buah tomat
– 1 buah serai
– 3 lembar daun salam
– 2 cm lengkuas
– 2 cm jahe
– 1/2 sdt kunyit bubuk
– 1 sdt garam
– 1 sdt gula pasir
– Minyak goreng secukupnya
– Air secukupnya

Cara membuatnya juga cukup mudah kok! Pertama, bersihkan kacang panjang dan potong sesuai selera. Lalu, iris cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat.

Tumis bumbu yang sudah diiris tadi dengan minyak goreng sampai harum. Setelah itu, tambahkan lengkuas, jahe, serai, dan daun salam. Aduk-aduk bumbu sampai merata lalu tuangkan santan kelapa dan air secukupnya.

Masukkan potongan kacang panjang ke dalam campuran bumbu tersebut dan masak hingga kacang panjang empuk. Jangan lupa tambahkan garam, gula pasir, dan kunyit bubuk untuk memberikan rasa yang pas.

Setelah semua bahan matang, angkat dan sajikan dalam mangkuk saji. Kamu bisa menambahkan nasi putih hangat di sampingnya untuk membuatnya lebih nikmat.

Selamat mencoba Gulai Kacang Panjang ini di rumah ya!

Gulai Kacang Panjang

Gulai Kacang Panjang yang Gurih dan Pedas

Wah, makanan ini benar-benar menggugah selera ya! Album masakan terbaru kamu pasti harus mencakup resep Gulai Kacang Panjang ini. Berbicara tentang masakan, taukah kamu kalau setiap daerah di Indonesia mempunyai selera makanan yang berbeda-beda?

Baca juga  Keripik Brokoli

Misalnya, di daerah Sumatera, makanan khasnya cenderung lebih pedas dan gurih. Rendang, gulai ayam, dan sayur singkong areh adalah beberapa makanan khas dari Sumatera Barat yang pasti kamu nikmati setiap kali makan bersama keluarga. Sementara itu, di daerah Jawa, masakan cenderung lebih manis dan gurih. Gudeg, sate, dan soto ayam adalah beberapa makanan khas dari Jawa yang pasti akan menggugah selera kamu.

Adapun di luar Jawa, seperti di Bali dan Nusa Tenggara, makanan khasnya didominasi oleh rasa gurih dan pedas. Babi guling, sate lilit, dan ayam betutu adalah beberapa makanan khas dari Bali yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke sana. Sementara itu, di Sulawesi dan Maluku, makanan khasnya memiliki cita rasa yang unik dengan paduan rempah yang khas. Coto Makassar, ikan masak kuning, dan papeda adalah beberapa makanan khas dari Sulawesi dan Maluku.

Dari semua makanan khas daerah di Indonesia, pasti ada yang kamu suka kan? Nah, selain makanan khas daerah, ada juga masakan dari luar negeri yang juga menjadi favorit banyak orang Indonesia. Misalnya, masakan Thailand yang biasanya dikenal dengan rasa pedas dan asam. Tom Yum, Tom Kha Gai, dan Pad Thai adalah beberapa masakan dari Thailand yang banyak disukai orang Indonesia.

Smentara itu, masakan Jepang juga menjadi salah satu favorit banyak orang Indonesia. Takoyaki, okonomiyaki, dan sushi adalah beberapa masakan Jepang yang pasti sudah kamu kenal. Masakan Korea juga menjadi makanan yang banyak disukai orang Indonesia akhir-akhir ini. Kimchi, bulgogi, dan tteokbokki adalah beberapa masakan Korea yang mendapat tempat di hati orang Indonesia.

Nah, selain Gulai Kacang Panjang, kamu pasti punya resep favorit kamu sendiri kan? Yuk, berbagi resep makanan favorit kamu di kolom komentar di bawah ini. Semoga kita bisa memperkaya referensi masakan untuk kita semua!

Baca juga  Resep Cah Brokoli Saus Tiram

Temukan artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *