Desain Kandang Ayam Broiler Panggung

Posted on

Mungkin sebagian dari kita pernah merasa bingung ketika memilih jenis kandang ayam yang tepat untuk beternak. Di pasaran, terdapat berbagai jenis kandang ayam yang memiliki karakteristik berbeda-beda, seperti kandang postal litter dan kandang postal panggung. Hampir sama, tetapi ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Mari kita pelajari lebih lanjut!

Apa itu Kandang Postal Litter?

Kandang Postal Litter

Kandang postal litter, seperti namanya, dibuat dengan konsep litter atau penyebaran bahan pengisi di lantai kandang. Bahan pengisi yang digunakan bisa berupa serbuk gergaji, jerami, daun kering, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk menyerap kotoran ayam, sehingga lantai kandang tetap kering dan bersih. Kotoran ayam akan tercampur dengan bahan pengisi, lalu diangkut secara berkala untuk dibuang atau dimanfaatkan sebagai pupuk.

Apa itu Kandang Postal Panggung?

Kandang Postal Panggung

Sedangkan kandang postal panggung memiliki lantai yang terbuat dari kayu atau bambu yang diletakkan di atas tiang-tiang pendukung. Jarak antara lantai kandang dengan tanah bisa bervariasi, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan. Di bawah lantai kandang dipasang ayakan atau jeruji untuk menampung kotoran ayam. Sama seperti kandang postal litter, kotoran ayam harus diangkut secara berkala agar kandang tetap bersih dan sehat.

Perbedaan Kandang Postal Litter dan Kandang Postal Panggung

Dari penjelasan di atas, kita sudah bisa menduga perbedaan mendasar antara kandang postal litter dan kandang postal panggung. Namun, mari kita bahas perbedaan secara lebih detail.

Baca juga  Nasi Telur Dadar Sambal

1. Konstruksi

Kandang postal litter dan kandang postal panggung memiliki konstruksi yang berbeda. Kandang postal litter memiliki lantai datar dan tanah menjadi alasnya. Sedangkan kandang postal panggung menggunakan lantai yang diangkat dari tanah, sehingga lebih aman dari serangan hewan liar dan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik.

2. Biaya Pembangunan

Meski tergantung dari bahan dan ukuran kandang yang dibangun, namun secara umum, kandang postal litter lebih murah dibandingkan dengan kandang postal panggung. Meskipun demikian, kandang postal panggung memiliki umur pakai yang lebih lama dan lebih awet.

3. Kemudahan Perawatan

Dalam hal perawatan, kandang postal litter dan kandang postal panggung memerlukan perhatian yang sama. Namun, kandang postal litter lebih mudah dibersihkan karena lantainya datar dan tidak diangkat dari tanah seperti kandang postal panggung.

4. Keamanan

Di lingkungan yang rawan akan serangan hewan liar, kandang postal panggung lebih aman karena letak lantainya yang diangkat dari tanah. Namun, jika areal beternak sudah terlindungi, kandang postal litter dengan lantai datar dan tanah sebagai alasnya juga aman.

Manfaat Beternak Ayam dengan Kandang Postal Litter dan Kandang Postal Panggung

Meskipun memiliki perbedaan, kandang postal litter dan kandang postal panggung sama-sama memberikan manfaat yang besar bagi peternak ayam. Berikut adalah beberapa manfaat beternak ayam menggunakan kedua jenis kandang tersebut:

1. Lingkungan yang Sehat

Beternak ayam dengan kandang postal litter atau kandang postal panggung memberikan lingkungan yang sehat bagi ayam. Dalam kandang tersebut, kotoran ayam tidak bersentuhan langsung dengan tanah, sehingga risiko terkena penyakit akibat bakteri dan virus menjadi lebih kecil.

2. Lebih Mudah dalam Pengelolaan Kotoran

Salah satu keuntungan beternak ayam dengan kandang postal litter atau kandang postal panggung adalah mudahnya pengelolaan kotoran ayam. Kotoran ayam bisa dimanfaatkan sebagai pupuk alami untuk pertanian atau dibuang ke tempat sampah organik.

Baca juga  Adu Ayam Online Master303

3. Dapat Memperoleh Produk Olahan Sampingan

Beternak ayam dengan kandang postal litter atau kandang postal panggung juga memungkinkan peternak memperoleh produk olahan sampingan seperti telur ayam dan daging ayam. Produk olahan tersebut bisa dijual atau dikonsumsi sendiri.

4. Lebih Ramah Lingkungan

Salah satu tujuan dari beternak ayam dengan kandang postal litter atau kandang postal panggung adalah untuk menciptakan lingkungan yang lebih ramah lingkungan. Dengan cara ini, peternak juga turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Jadi, sudah lebih paham kan mengenai perbedaan kandang postal litter dan kandang postal panggung? Pilihlah jenis kandang ayam yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan di sekitar Anda. Happy farming!

Simak postingan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *