Contoh Proposal Budidaya Bawang Merah

Posted on

Bawang merah merupakan salah satu bahan masakan yang sangat dibutuhkan di dapur. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu, bawang merah juga dapat dijadikan obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang ingin membudidayakan bawang merah sendiri. Berikut adalah cara budidaya bawang merah yang dapat dilakukan di rumah dengan mudah.

Bahan yang Dibutuhkan

Bawang Merah

Sebelum memulai budidaya bawang merah, ada beberapa bahan yang harus disiapkan, antara lain:

  • Bibit bawang merah
  • Tanah subur
  • Pupuk kandang
  • Air

Langkah-Langkah Budidaya Bawang Merah

1. Persiapan Tanah

Persiapan Tanah

Langkah pertama adalah menyiapkan lahan tanam yang akan digunakan, Pastikan tanah yang digunakan subur dan tidak terlalu banyak bebatuan. Kemudian tambahkan pupuk kandang agar tanah semakin subur dan gembur.

2. Tanam Bibit Bawang Merah

Tanam Bibit Bawang Merah

Setelah persiapan tanah selesai, ambil bibit bawang merah dan tanam dalam jarak yang cukup antara satu bibit dan lainnya. Jarak yang disarankan adalah 10-15cm antara satu tanaman dengan tanaman lainnya. Pastikan bibit tertanam dengan benar dan merata.

3. Siram Tanaman Secara Teratur

Siram Tanaman Secara Teratur

Agar bibit bawang merah dapat tumbuh dengan baik, siramlah tanaman tersebut secara teratur. Disarankan untuk menyiram secara rutin dua kali dalam sehari. Pastikan kelembaban tanah selalu terjaga agar bibit tidak kekurangan air.

4. Perawatan Tanaman Selanjutnya

Perawatan Tanaman Selanjutnya

Memberikan pemupukan secara rutin menjadi hal yang penting dalam budidaya bawang merah. Pupuk kandang yang telah disiapkan dapat diberikan pada tanaman bawang merah sebulan sekali. Selain itu, tumbuhan liar juga harus dihapus agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman bawang merah.

Baca juga  Bumbu Pecak Terong Bakar

5. Penyimpanan dan Pemanenan

Penyimpanan dan Pemanenan

Setelah bibit bawang merah tumbuh dengan baik, biasanya setelah 3-4 bulan, maka tanaman sudah bisa dipanen. Setelah dipanen, bawang merah tersebut dapat disimpan dalam tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Cara penyimpanan yang baik akan membuat bawang merah tetap awet.

Itulah cara budidaya bawang merah yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Dengan menanam bawang merah sendiri, bukan hanya menghemat biaya belanja bahan masakan, tapi juga bisa mendapatkan bawang merah yang lebih sehat dan segar.

Temukan postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *