15 Cara mengusir kecoa secara alami dan cepat dari rumah anda

Tips
Cara mengusir kecoa
image from freestockphotos.biz

Cara mengusir kecoa secara alami dan cepat sekaligus tips agar kecoa tidak kembali lagi. Bagi kebanyakan orang kecoa merupakan hewan yang sangat menjijikkan. Maka tidak heran jika keberadaannya sangat mengganggu terutama bagi wanita. Kecoa terkadang berada di sekitar rumah kita, termasuk di dapur atau lemari. Karena keberadaannya yang sangat mengganggu tersebut tentu anda ingin jika kecoa segera pergi dari rumah anda.

Kenapa kecoa sangat menganggu?

Berikut beberapa alasan kenapa anda harus mengusir kecoa dari lingkungan sekitar anda:

  1. Kecoa memiliki bau yang tidak enak. Bau kecoa sangat tidak enak sehingga akan sangat mengganggu sekali. Selain itu, pastinya Anda akan merasa jijik jika hewan yang satu ini berada di tempat-tempat yang biasa kita gunakan untuk makan seperti piring dan sejenisnya.
  2. Meninggalkan telur. Saat kecoa bersembunyi mereka biasanya akan meninggalkan telur. Selain kecoa itu sendiri, telur kecoa juga akan membuat kita merasa jijik karena membuat tempat yang dijadikan sarang menjadi terlihat kotor dan tidak higienis.
  3. Meninggalkan kotoran. Di mana ada kecoa tentunya akan ada kotoran yang ditinggalkannya. Biasanya kotoran kecoa bisa ditemukan di tempat-tempat seperti belakang lemari atau dapur Anda yang biasa digunakannya sebagai sarang.
  4. Meninggalkan bangkai. Jika populasi kecoa di rumah Anda sudah banyak maka pasti akan ada kecoa yang mati. Bangkai kecoa selain menjijikan juga akan menambah kesan kotor pada tempat-tempat yang menjadi sarangnya. Bayangkan, kecoa hidup saja menjanjikan apalagi kalau sudah jadi bangkai. 😀
  5. Menyebarkan penyakit. Jika Anda atau anak-anak Anda mengalami sakit perut atau diare yang terus-menerus, ini juga bisa menjadi tanda infeksi kecoa. Kecoa biasanya membawa koktail bakteri berbahaya yang akan mereka tinggalkan di tempat-tempat yang biasa digunakan untuk berdiam.

 

Cara mengusir kecoa dengan cepat

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengusir kecoa dari rumah atau lingkungan Anda, cara yang cukup praktis yaitu menelpon jasa pengusir kecoa. Akan tetapi sebelum anda melakukannya, tidak ada salahnya untuk mengusir kecoa menggunakan cara alami yang bisa anda buat sendiri di rumah. Tentunya dengan harga yang murah dibandingkan menggunakan jasa pengusir kecoa.

Berikut cara mengusir kecoa secara alami dengan obat rumahan yang dibuat sendiri:

1. Minyak Cedar

Minyak cedar memiliki sifat insektisida yang dapat digunakan untuk mengusir kecoa dari rumah anda. Minyak ini merupakan salah satu pengusir kecoa yang cukup ampuh. Selain kecoa minyak cedar juga cukup berguna untuk membunuh beberapa jenis serangga lainnya. Saat bersentuhan dengan kecoa minyak cedar akan membuat hewan tersebut mengalami dehidrasi osmotik sehingga membuatnya mati lemas.

Caranya: celupkan bola kapas ke dalam minyak cedar kemudian letakkan di tempat-tempat yang biasanya banyak terdapat kecoa. Penggunaan minyak ini secara rutin akan mengusir kecoa dari rumah anda.

2. Minyak daun mint

Selain bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk secara alami, minyak daun mint ternyata bisa dimanfaatkan juga untuk menghilangkan kecoa dari dalam rumah kita. Caranya cukup mudah, pertama campukran minyak daun mint dengan cuka, kemudian aduk hingga merata. Masukkan ke dalam botol semprot, setelah itu anda bisa menggunakannya untuk mengusir kecoa dari rumah anda.

3. Minyak jeruk purut

Minyak jeruk purut juga dikenal sebagai minyak atsiri jeruk purut di mana minyak ini telah terbukti memiliki kemampuan untuk mengusir kecoa dengan cepat dibandingkan dengan minyak esensial lainnya. Bukan hanya itu, minyak jenis ini juga memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi untuk melawan berbagai macam jenis kecoa. Caranya: Encerkan minyak tersebut dengan menambahkan sedikit air. Kocok hingga menyatu dengan air, setelah itu semprotkan pada area yang banyak terdapat kecoa seperti di bawah tempat tidur atau tempat-tempat lainnya yang menjadi sarang kecoa.

4. Minyak nimba

Minyak nimba terkenal karena kemampuannya dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Selain kemampuannya tersebut, minyak nimba ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kecoa dari dalam rumah anda. Minyak ini mengandung senyawa aktif yang disebut azadirachtin yang mampu mematikan hampir semua serangga termasuk kecoa. Zat tersebut berguna mendes stabilisasi sistem hormon serangga sehingga akan menghambat kemampuan kecoa dalam bereproduksi.

Caranya: campurkan minyak nimba dengan air dengan perbandingan yang sama. Semprotkan larutan ini pada tempat berkembangnya kecoa. Melakukannya secara rutin akan membantu mengusir kecoa secara efektif dan tentunya aman untuk kesehatan.

 

Bahan alami untuk mengusir kecoa

5. Daun salam

Daun salam merupakan salah satu bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengusir kecoa secara alami. Selain itu, metode mengusir kecoa menggunakan daun salam juga relatif lebih halus karena tidak membunuhnya secara langsung melainkan hanya membuatnya pergi. Caranya: tempatkan daun salam di beberapa bagian rumah Anda yang banyak terdapat kecoa, terutama di dapur dan di bawah kolong tempat tidur. Daun salam akan memberikan perlindungan tambahan pada rumah Anda dari serangan kecoa.

6. Lemon

Lemon merupakan buah yang sangat mengagumkan. Buah ini bekerja sangat baik saat digunakan secara internal maupun eksternal untuk meningkatkan kesehatan dan mempromosikan kecantikan. Belum lagi kemampuannya dalam mengusir kecoa juga menjadikan lemon sebagai buah serbaguna. Cara mengusir kecoa menggunakan lemon secara alami adalah: tambahkan lemon dengan beberapa air kemudian gunakan sebagai obat semprot. Atau Anda juga bisa membersihkan peralatan di dapur anda dengan air lemon agar tidak dijadikan sarang kecoa.

7. Merica, bawang putih dan bawang merah

Ketiga bahan tersebut merupakan tanaman pengusir kecoa yang cukup efektif. Dengan baunya yang menyengat, kecoa tidak akan menyukainya dan akan segera pergi dari sarangnya. Caranya: giling bawang merah dan bawang putih sampai halus. Campur kedua bahan tersebut kemudian tambahkan bubuk merica. Campur dengan air setelah itu panaskan hingga mendidih. Masukkan ke dalam botol semprot setelah itu gunakan untuk mengusir kecoa dari rumah anda.

8. Perangkap kopi

Selain mengusir kecoa secara langsung, anda juga bisa menggunakan perangkap untuk menghilangkan kecoa dari rumah Anda. Salah satu bahan yang bisa anda gunakan adalah kopi. Hal ini dikarenakan kecoa sangat menyukai kopi. Aroma kopi yang menggoda akan membuat kecoa mendatangi tempat yang terdapat kopi tersebut.
Caranya: Caranya Isi sebuah botol dengan bubuk kopi, setelah itu tempatkan lem pada sekitar botol tersebut untuk menjebak kecoa. Aroma kopi akan membuat kecoa tertarik dan masuk ke dalam botol yang akhirnya terjebak di dalamnya. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi populasi kecoa di rumah anda.

9. Daun pandan

Daun pandan merupakan bahan memasak yang banyak digunakan di negara-negara asia termasuk di Indonesia sendiri. Selain dapat menambah aroma pada makanan, daun pandan ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengusir kecoa. Penggunaan daun pandan juga relatif sangat ramah karena tidak menimbulkan bau yang menyengat, di sisi lain juga cukup ampuh untuk mengusir kecoa. Anda hanya perlu meletakkan daun pandan di tempat-tempat yang banyak ditemukan kecoa. Maka kecoa tidak akan menyukai tempat tersebut dan akan segera pergi.

10. Mentimun

Cara mengusir kecoa secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan mentimun. Penggunaan mentimun juga relatif aman dan cukup baik dalam membuat kecoa pergi. Kecoa pada umumnya tidak menyukai bau mentimun sehingga kita bisa memanfaatkannya untuk mengusir kecoa. Caranya: iris mentimun kemudian tempatkan pada daerah-daerah yang banyak terdapat kecoa.

11. Catnip

Catnip merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di daerah Eropa dan Timur Tengah di mana tanaman ini masih dalam keluarga Lamiaceae. Tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk mengusir kecoa dari dapur anda dengan cara yang sangat praktis. Anda hanya perlu meletakkan Catnip ke tempat yang biasa menjadi sarang kecoa, maka kecoa akan pergi dengan sendirinya.

 

Bahan non alami untuk mengusir kecoa

12. Menggunakan boraks

Selama ini kita menganggap boraks memiliki efek buruk untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang salah dalam menggunakan bahan kimia yang satu ini. Padahal saat digunakan secara tepat boraks juga memiliki manfaat, diantaranya adalah mengusir kecoa dari lingkungan kita. Caranya: Anda bisa membeli boraks di toko kimia, kemudian menaburkannya di area yang banyak terdapat kecoa, termasuk di bawah lemari atau tempat-tempat lainnya.

13. Listerine

Selain dapat membersihkan mulut, ternyata anda juga bisa memanfaatkan listerine sebagai obat pengusir kecoa yang cukup efekti. Menggunakan listerine bukan hanya mengsuir kecoa tetapi juga akan membunuh kecoa sehingga akan mengurangi populasinya. Cara mengusir kecoa dengan listerine: Campur listerine dengan sedikit air kemudian gunakan sebagai obat semprot untuk mengusir kecoa di tempat anda.

14. Sabun pencuci piring

Metode lain yang cukup murah yaitu menggunakan sabun pencuci piring. Meskipun kecoa sering berada di dapur akan tetapi ternyata kecoa sangat membenci sabun pencuci piring. Nah,,dari sini kita bisa memanfaatkan sabun piring untuk mengusir kecoa dari rumah kita. Caranya larutkan sabun pencuci piring dengan air setelah itu semprotkan pada kecoa atau di tempat-tempat yang menjadi sarang kecoa.

15. Semprotan rambut

Cara mengusir kecoa yang selanjutnya adalah menggunakan semprotan rambut. Produk ini dapat membuat kecoa mati lemas dan membunuhnya secara langsung. Akan tetapi cara ini memiliki kekurangan karena anda harus mengenai kecoa secara langsung untuk membuatnya mati.

 

Tips mencegah kecoa di rumah anda

Seperti pepatah lama mengatakan bahwa pencegahan lebih baik daripada mengobati. Seperti hewan lainnya kecoa akan berkembang biak di lingkungan yang sesuai dengan habitatnya. Jika anda ingin tahu cara mencegah kecoa di rumah, maka anda perlu memikirkan apa yang menarik kecoa untuk datang ke rumah Anda seperti air, makanan, atau tempat berlindung lainnya. Secara umum kecoa suka dengan tempat yang lembab dan juga ruangan yang sempit.

Langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda mencegah kecoa berada di tempat tinggal Anda.
Untuk mencegah kecoa masuk ke rumah, pertama-tama anda perlu memastikan bahwa rumah Anda terbebas dari lembab dan jamur. Jika ada suatu hal yang menarik kecoa maka anda harus segera menyingkirkannya. Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa kecoa suka dengan tempat yang lembab jadi pastikan anda menjaga agar bagian tempat tertentu terbebas dari kelembaban.

Pada umumnya kecoa akan makan semua bahan organik, jadi menyingkirkan sisa-sisa makanan sangatlah penting sekali untuk mencegah kecoa masuk ke rumah dan besarang. Noda minyak, pakaian kotor, dan serangga mati bisa dijadikan sebagai makanan bagi kecoa. Selain itu, anda perlu menutup semua makanan karena jika tidak, maka kecoa bisa masuk dan akan memakan makanan anda.

Selain berada di tempat lembab, kecoa ternyata juga menyukai tempat yang hangat. Hal inilah yang membuat kecoa suka bersembunyi di tempat-tempat yang sempit dibandingkan tinggal di tempat yang terbuka. Selain itu, mereka juga menyukai tempat seperti kertas atau kayu dibandingkan permukaan logam, karena permukaan seperti kertas akan memberikan kehangatan kepada kecoa.

Demikian tadi cara mengusir kecoa secara alami sekaligus beberapa tips untuk mencegah kecoa kembali lagi. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk para pembaca. Terima kasih sudah mampir di caraprofesor.com.