Cara Mengetahui Ayam Pernah Kalah

Posted on

Ternyata, banyak sekali cara untuk mengetahui ciri-ciri ayam cemani asli yang sebenarnya. Bagi para penggemar ayam cemani, alangkah baiknya untuk mempelajari ciri-ciri ini agar tidak tertipu ketika hendak membeli ayam cemani. Berikut ini adalah 7 cara mudah mengetahui ciri ayam cemani asli yang bisa kamu coba.

1. Warna Hitam Pejal

ayam cemani with solid black color

Ayam cemani asli memiliki warna hitam pejal yang menutupi seluruh tubuhnya dari bulu hingga internal organ. Bahkan, telur ayam cemani asli juga memiliki warna yang sangat hitam. Jika ada bagian yang terlihat kurang hitam, maka kemungkinan itu bukan ayam cemani asli.

2. Bulu yang Mengilap

ayam cemani with shiny feathers

Ayam cemani asli memiliki bulu yang mengilap. Penyebab bulu ayam cemani mengilap adalah karena terdapat zat melanin yang sangat kuat pada tubuhnya. Melanin ini juga yang menyebabkan warna hitam pejal pada tubuh ayam cemani. Jika kamu melihat bulu ayam cemani yang tampak kusam, maka kemungkinan besar itu bukan ayam cemani asli.

3. Kombinasi Warna Hitam dan Putih pada Kuku dan Jari Kaki

ayam cemani with black and white feet

Perhatikan kuku dan jari kaki ayam cemani asli. Biasanya, kombinasi warna hitam dan putih akan muncul pada bagian ini. Warna hitam pada kuku dan jari kaki ayam cemani asli juga membuktikan bahwa mereka memang memiliki gen ayam cemani yang sebenarnya.

4. Warna Kulit Hitam dan Bebas dari Warnawan

ayam cemani with black skin

Ayam cemani asli memiliki kulit yang hitam dan bebas dari wawan, yaitu cairan berwarna kuning yang terdapat pada kulit ayam biasa. Warna kuning pada kulit ayam disebabkan oleh pigmen karoten, yang hanya muncul pada ayam-ayam biasa. Kulit ayam cemani asli selalu berwarna hitam pejal, jadi perhatikan jika ada bagian kulit ayam cemani yang mirip dengan kulit ayam biasa.

Baca juga  Ayam Pendek

5. Bentuk yang Ideal

ayam cemani with ideal shape

Ayam cemani asli memiliki bentuk yang ideal, yaitu memanjang dan tegap. Bulu-bulu pada bagian kepala ayam cemani asli terlihat rapi dan tidak berantakan. Tubuh ayam cemani asli juga nampak sehat dan bertenaga. Jika kamu melihat ayam cemani yang terlihat lemah atau kurus, kemungkinan besar itu bukan ayam cemani asli.

6. Bukan Hasil Pewarnaan

not-dyed ayam cemani

Beberapa kasus ada orang yang memalsukan Ayam Cemani yang asli dengan cara melakukan pewarnaan tubuh ayam. Akan tetapi, ayam cemani yang diwarnai akan mudah lepas warnanya ketika dipijat atau digosok. Jadi, pastikanlah Ayam Cemani yang kamu beli tidak termasuk dalam hasil pewarnaan.

7. Harga yang Masuk Akal

reasonable price for ayam cemani

Harga ayam cemani asli memang tergolong mahal, akan tetapi harus tetap masuk akal. Jangan percaya dengan harga yang terlalu murah atau terlalu mahal. Ingatlah bahwa ayam cemani asli memiliki harga yang seimbang dengan kemampuannya. Jika kamu mendapatkan ayam cemani asli dengan harga yang masuk akal, maka bisa dipastikan itu adalah ayam cemani asli.

Demikianlah merupakan 7 cara mudah mengetahui ciri ayam cemani asli yang bisa kamu coba. Tetap berhati-hati dalam membeli ayam cemani agar tidak tertipu dengan ayam cemani palsu. Bersemangat untuk memelihara ayam cemani asli ya!

Temukan tulisan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *