Benih Bawang Daun

Posted on

Salam sehat! Buat kamu yang ingin menambah variasi tanaman di kebun atau halaman rumahmu, coba deh tanam bawang daun Tokyo Long Bunching. Tanaman ini juga bisa dijual sebagai hasil panen loh!

Bawang Daun Tokyo Long Bunching

Benih Daun Bawang Tokyo Long Bunching

Bawang daun Tokyo Long Bunching adalah bawang daun yang cocok untuk ditanam di kawasan tropis seperti Indonesia. Ada beberapa keunggulan dari bawang daun ini.

Pertama, daunnya yang panjang dan berkumpul membuat bawang daun ini mudah dibersihkan dan dipotong. Kedua, tekstur daunnya yang renyah dan tidak mudah layu membuat bawang daun ini cocok untuk menghiasi hidangan dan memberikan rasa yang segar pada makanan. Ketiga, bawang daun ini mudah ditanam dan perawatannya pun tergolong mudah.

Cara Menanam

Sebelum menanam bawang daun Tokyo Long Bunching, pastikan kamu telah menyiapkan lahan yang subur dan payah. Bawang daun ini membutuhkan tanah dengan pH 6,0-7,0 dan kelembapan yang cukup.

Perkecambahan biji bawang daun Tokyo Long Bunching membutuhkan waktu sekitar 7-14 hari. Setelah itu, tanaman bawang daun ini memerlukan pemupukan daun secara berkala menggunakan pupuk daun bernitrogen tinggi. Perkiraan masa panen bawang daun ini adalah 45-50 hari setelah disemai.

Untuk mempunyai hasil panen yang maksimal, kamu bisa menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang, pupuk kompos, dan pupuk hijau. Selain itu, bawang daun ini dapat ditanam dengan menggunakan metode hidroponik atau aquaponik.

Baca juga  Bola Kentang Sosis

Manfaat Bawang Daun Tokyo Long Bunching

Bawang daun Tokyo Long Bunching mengandung serat, vitamin C, dan B kompleks yang baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi bawang daun ini secara rutin dapat meningkatkan sistem imun dan membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Selain dimasak sebagai sayuran pelengkap, bawang daun ini juga bisa diolah menjadi beberapa olahan makanan seperti dijadikan kuah atau sup yang lezat. Atau kamu juga bisa menjual bawang daun ini sebagai tanaman hias atau sayuran organik yang sehat dan alami.

Masakan dengan Bawang Daun Tokyo Long Bunching

Bawang daun Tokyo Long Bunching cocok untuk dimasak bersama beberapa jenis bahan makanan seperti ayam, daging, dan seafood. Berikut resep sederhana menggunakan bawang daun ini.

Ayam Geprek Bawang Daun Tokyo Long Bunching

Ayam Geprek Bawang Daun Tokyo Long Bunching

Bahan-bahan:

  • 1 buah ayam fillet
  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • 2 batang bawang daun Tokyo Long Bunching iris tipis
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan ayam fillet, bawang putih, bawang daun Tokyo Long Bunching, tepung terigu, tepung beras, air, minyak, garam, dan merica.
  2. Potong ayam fillet menjadi beberapa bagian, lalu beri garam dan merica. Diamkan selama 5 menit.
  3. Siapkan adonan tepung. Campurkan tepung terigu, tepung beras, sedikit garam, dan air secukupnya. Aduk hingga adonan kalis dan lembut.
  4. Panaskan minyak dalam wajan yang cukup besar. Setelah minyak panas, masukkan ayam fillet. Goreng hingga matang dan kecoklatan.
  5. Angkat ayam fillet dan tiriskan. Geprek ayam dengan cara memukul-mukulnya dengan ulekan atau palu daging.
  6. Untuk saus, tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan bawang daun Tokyo Long Bunching. Tumis hingga layu. Angkat dan simpan dalam wadah terpisah.
  7. Sajikan ayam geprek dengan saus bawang daun Tokyo Long Bunching.
Baca juga  Bawang Putih Untuk Asam Urat

Sup Bawang Daun Tokyo Long Bunching

Sup Bawang Daun Tokyo Long Bunching

Bahan-bahan:

  • 400 ml kaldu ayam atau kaldu sayuran
  • 2 batang bawang daun Tokyo Long Bunching iris kasar
  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • 2 butir telur ayam
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan kaldu yang telah disiapkan sebelumnya.
  2. Tambahkan bawang putih cincang ke dalam kaldu dan didihkan. Masukkan bawang daun Tokyo Long Bunching, garam, dan merica secukupnya. Aduk rata dan biarkan sebentar hingga beruap harum.
  3. Kocok telur dalam mangkuk kecil, lalu tambahkan dalam kaldu. Aduk perlahan lagi hingga matang.
  4. Sajikan sup bawang daun Tokyo Long Bunching dengan taburan bawang daun dan taburan merica.

Selamat mencoba resep-resep menggunakan bawang daun Tokyo Long Bunching ya! Oh ya, jangan lupa juga bagi hasil panenmu dengan tetangga atau rekan sesama petani yuk.

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *